Thursday, August 9, 2018

Pengertian Malware Dan Cara Mengatasinya

Pada kesempatan kali ini saya akan share perihal pengertian malware dan cara mengatasinya. Pernah dengar? Mungkin teman ilmuonline sering mendengar istilah itu tapi ketika ditanya pengertiannya tidak dapat menjawab dengan terang apa itu malware. Yuk eksklusif simak klarifikasi pengertian malware dan cara mengatasinya berikut ini.


Sebenarnya apasih pengertian dari malware ?


Malware berasal dari kata Malicious Software yang berarti perangkat lunak jahat. Malware dapat diartikan sebagai kegiatan jahat yang telah dirancang untuk mengganggu atau merusak sebuah sistem. Selain merusak, keberadaan malware juga dapat menjadikan peretasan data secara ilegal. Malware terdiri dari virus, worm, trojan horse, rootkit, spyware, adware yang tidak jujur, serta software lain yang berbahaya dan tidak diinginkan oleh pengguna PC.


Pada kesempatan kali ini saya akan share perihal  Pengertian Malware Dan Cara Mengatasinya


Terjadinya bisul oleh malware bukan tanpa sebab. Malware dapat masuk ke sistem komputer melalui beberapa media, menyerupai email, software yang terinfeksi maupun ketika kau mend0wnl0ad sesuatu dari internet.


Lalu, bagaimana dapat malware ikut masuk ke komputer kita ketika sedang d0wnl0ad sesuatu?


Malware dapat terbawa masuk ketika kau sedang d0wnl0ad software dari secara ilegal atau bukan dari website resmi. Mungkin sebagian besar dari kita lebih menentukan d0wnl0ad software dari blog orang daripada di website resmi. Seperti yang kita tahu bahwa bahwasanya software yang kita gunakan itu berbayar. Dan harga per software biasanya dibandrol dengan harga jutaan rupiah. Tentu sangat memberatkan bila kita harus mengeluarkan uang banyak hanya untuk sebuah software. Namun laba mend0wnl0ad di situs resmi, kita akan terhindar dari ancaman software.


Cara simpan video instastory seseorang di instagram


Lalu bagaimana solusi untuk komputer yang sudah terlanjur terinfeksi malware?


Cara Mengatasi Malware


Berikut ini yakni tips cara mengatasi malware yang dapat kau lakukan sendiri di komputer kamu. Yuk simak tipsnya..



  1. Hapus temporary file


Cara yang pertama ini sangat gampang untuk dilakukan. Biasanya ketika kita memakai suatu software, maka akan terbentuk banyak temporary file di komputer kita. Semakin banyak temporary file akan menjadikan kinerja komputer menjadi lambat dan dapat berpotensi masuknya malware. Untuk menghapus temporary file, kau dapat memakai sofware pemanis yaitu CCleaner yang dapat kau d0wnl0ad di internet.



  1. Reset System Restore


Cara ini dapat kau lakukan ketika kerusakan yang diakibatkan malware sudah cukup parah. Caranya yakni dengan mengembalikan sistem menyerupai gres keluar dari pabrik.



  1. Scan Menyeluruh Menggunakan Antivirus


Cara selanjutnya yakni dengan memakai antivirus terbaik. Yup, komputer kau juga harus mempunyai pertolongan yaitu dengan cara menginstal antivirus. Scan secara terpola untuk mendeteksi adanya malware di komputer kamu.



  1. Update Antivirus


Memiliki antivirus saja ternyata belum cukup gaes, kau juga harus rutin mengupdate antivirus kau ke versi terbaru biar kinerjanya lebih mutakhir. Fungsi update antivirus ini juga biar komputer kau mengenali bila ada virus gres yang masuk.



  1. Uninstal Program Tak Dikenal


Cara yang selanjutnya yakni dengan  menghapus kegiatan yang tidak dikenal. Biasanya kegiatan ini tidak sengaja terinstal ketika kau mend0wnl0ad software lain di internet. Jika kau menemukan software mencurigakan dan merasa tidak pernah menginstalnya, dapat saja itu yakni malware.



  1. Windows Defender


Windows defender yakni kegiatan bawaan windows yang dapat kau gunakan untuk menghapus malware. Cara ini dapat kau lakukan ketika komputer kau sudah terlanjur terinfeksi malware dan tidak dapat instal antivirus.



  1. Scan dengan Save Mode


Cara selanjutnya yakni dengan save mode. Pada keadaan ini kinerja komputer akan menjadi minimal lantaran hanya ada beberapa driver saja yang aktif. Dengan begini status malware juga tidak aktif sehingga akan gampang untuk dihapus.



  1. Scan dengan Live CD


Ketika sudah melaksanakan scan save mode, mungkin masih ada beberapa malware yang masih aktif sehingga tidak terhapus ketika scan save mode. Nah solusinya kau dapat melaksanakan scan live cd.



  1. Instal Ulang Komputer


Cara ini yakni cara terakhir ketika semua cara diatas sudah kau lakukan tapi keadaan komputer kau sangat parah dan kau sama sekali tidak dapat memakai komputer kamu.


Itulah tadi pengertian malware dan cara mengatasinya. Mungkin ada baiknya kau melaksanakan pencegahan sebelum terjangkit dengan rutin mengupdate antivirus dan scan secara berkala.


Demikian artikel perihal pengertian malware dan cara mengatasinya. Jangan lupa share artikel pengertian malware dan cara mengatasinya diatas melalui akun sosial media kamu. Semoga bermanfaat dan terima kasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com