Saturday, August 25, 2018

√ Nutrisi Penting Untuk Tumbuh Kembang Anak

Nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak salah satunya yaitu protein. Makanan yang mengandung protein tidak sulit ditemukan. Protein terkandung dalam aneka macam masakan menyerupai daging sapi, daging ayam, ikan laut, kacang-kacangan, kedelai, dan lainnya.


Go DokSebagai orangtua penting untuk memerhatikan tumbuh kembang anak. Setelah masa balita, anak akan lebih membutuhkan asupan masakan selain ASI. Anak mulai berguru dan berkeinginan untuk memakan masakan lain dengan rasa dan tekstur berbeda. Namun, ada baiknya kita sebagai orangtua menentukan masakan bernutrisi.


Berikut nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak!


Protein


Makanan yang mengandung protein tidak sulit ditemukan. Protein terkandung dalam aneka macam masakan menyerupai daging sapi, daging ayam, ikan laut, kacang-kacangan, kedelai, dan lainnya. Ikan bahari atau masakan bahari lainnya sanggup Anda sajikan paling sedikit dua kali seminggu. Daging ayam dan sapi yang rendah lemak lebih baik untuk disajikan.


Daging merah, menyerupai daging sapi, mengandung zat besi yang baik bagi tumbuh kembang anak. Namun, beberapa anak mungkin tidak menyukai daging lantaran teksturnya yang cenderung keras dan sulit dikunyah. Hal ini bisa diakali dengan memberikannya asupan zat besi dalam masakan lain. Contohnya, kacang-kacangan menyerupai kacang merah, kacang polong, kacang lentil, atau sereal dan roti gandum.


Protein menjadi nutrisi penting untuk tumbuh kembang anak alasannya yaitu  protein menyumbangkan zat besi, zinc, dan vitamin B. Satu ons protein sama dengan satu ons daging sapi, ikan, daging ayam; sebutir telur; 1 sendok makan selai kacang; 1/4 cangkir kacang rebus; 1/8 cangkir tofu; dan setengah ons kacang-kacangan.


Buah dan Sayuran


Mengonsumsi bermacam-macam buah-buahan segar lebih baik daripada mengonsumsi jus. Jikapun anak tetap ingin minum jus, pastikan bahwa jus tersebut tidak mengandung gula, dan batasi konsumsinya. Ingatlah bahwa seperempat cangkir buah kering sama dengan secangkir buah segar. Jika dikonsumsi secara berlebihan, buah kering sanggup menghasilkan kalori berlebih.


Di samping itu, sediakan juga variasi sayuran segar, menyerupai sayur-sayuran hijau, merah dan oranye, kacang-kacangan, serta sayur-sayuran yang mengandung pati, setiap minggunya. Jika Anda hendak menentukan sayuran yang dikemas dalam kaleng atau sayuran beku, perhatikan kadar kalori yang terkandung di dalamnya. Pastikan bahwa kalorinya rendah.


Sayur dan buah-buahan juga banyak mengandung vitamin. Jika si kecil tidak suka memakan sayuran, Anda bisa tetap memperlihatkan si kecil vitamin dengan buah-buahan. Buah-buahan bisa dimakan secara mentah (setelah sebelumnya dicuci dulu), disajikan dengan saus kesukaan sang buah hati, dimasak menjadi sup, dihidangkan dengan manisan, dan sebagainya.


Susu


Susu sapi atau masakan yang mengandung susu sapi menjadi nutrisi penting bagi tumbuh kembang anak lantaran kandungan kalsium didalamnya. Anda bisa memperlihatkan dua gelas susu untuk anak setiap hari.


Asupan embel-embel juga bisa memperlihatkan kalsium yang dibutuhkan, tetapi harus dengan saran dokter. Anak yang tidak sanggup mencerna susu atau masakan yang mengandung susu sapi bisa diberi sumber kalsium lain. Contohnya, susu kedelai, jus, roti, dan sereal yang kaya akan kalsium.


Kalsium dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak alasannya yaitu kalsium sanggup menguatkan gigi serta tulang anak. Jika anak tidak suka memakan daging sapi, kebutuhan proteinnya sanggup dipenuhi dengan mengonsumsi susu sapi. Berikan susu sapi rendah lemak dan rendah kalori untuk dikonsumsi anak. Jadikan hal ini kebiasaan sedari dini.


Gandum


Energi bisa didapatkan dengan mengonsumsi gandum, alasannya yaitu gandum mengandung serat yang melancarkan pencernaan, serta karbohidrat.  Selain itu, gandum juga mengandung banyak vitamin B dan mineral.


Gandum terbagi menjadi dua jenis, yaitu gandum utuh dan gandum olahan. Produk dengan gandum utuh mengandung lebih banyak serat, zat besi, dan vitamin B dibandingkan dengan gandum olahan. Contoh dari gandum utuh yaitu tepung dan roti gandum, oatmeal, beras merah, dan pasta gandum utuh


Mendapatkan nutrisi penting dan terbaik untuk anak tidak sulit, bukan? Jika contoh makan anak kurang baik atau tidak seimbang, jangan ragu untuk menemui dokter anak dan berkonsultasi, ya!


 


Baca juga:




Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.


VD/JJ/MA



Referensi




Sumber https://www.go-dok.comm