Thursday, August 23, 2018

√ Manfaat Mandi Air Dingin Yang Jarang Orang Ketahui

Manfaat mandi air hambar tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh tapi juga untuk kesehatan psikologi Anda ibarat mendongkrak semangat. Hal ini dikarenakan sensasi dari rasa hambar sanggup melancarkan pernafasan, menciptakan fatwa darah lancar dan meningkatkan asupan oksigen yang menciptakan Anda lebih bersemangat.


Go Dok Mulai hari ini, yuk mulai kebiasaan baik yang anggun untuk kesehatan. Selain dengan selalu menyempatkan diri untuk berolahraga dan sarapan dengan sajian sehat. Tak ada salahnya, Anda juga mandi  dengan air dingin, walaupun sebagian orang merasa enggan tapi nyatanya manfaat mandi air hambar baik lho bagi kesehatan tubuh Anda. Nggak percaya?


Yuk, baca gosip berikut dan cari tahu ragam manfaat  mandi air dingin berikut ini!


1. Mendongkrak semangat


Suhu yang terlalu ekstrim ialah salah satu dari banyaknya alasan yang menciptakan seseorang menghindari mandi air hambar di pagi hari. Namun tahukah Anda bahwa sensasi mengigil dari air yang menyentuh kulit pada karenanya akan menghangatkan tubuh?


Hal ini dikarenakan sensasi dari rasa hambar sanggup melancarkan pernafasan, menciptakan fatwa darah lancar dan meningkatkan asupan oksigen ke dalam tubuh. Uniknya lagi, hal tersebut sanggup menciptakan Anda lebih bersemangat menjalani hari, keren kan?


2. Menyehatkan kulit


Berbeda dengan air panas, faktanya manfaat mandi air hambar sanggup mengecilkan pori-pori sehingga kotoran dan debu tidak gampang masuk.


Selain itu, air hambar juga sanggup mengobati jerawat, mengurangi peradangan, melembapkan dan mencerahkan wajah secara alami.


3. Rambut indah


Bersiaplah untuk mendapat rambut yang tampak lebih sehat, berpengaruh dan bersinar dengan rutin membilas rambut dengan air dingin.


Sebab air hambar yang menyentuh kulit kepala akan menciptakan kutikula tertutup sehingga kandungan nutrisi dari sampo atau kondisioner akan meresap tepat sampai ke kulit kepala.


4. Melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan kekebalan tubuh


Tahukah Anda bahwa sensasi rasa hambar pada kulit akan menciptakan tubuh ‘kaget’, dan hal inilah yang secara tidak eksklusif memaksimalkan kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.


Tentu saja hal ini sangat baik untuk sistem imun tubuh, melancarkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah dan membersihkan plak dalam pembuluh darah.


5. Membakar lemak


Manfaat mandi air hambar ternyata sanggup memperabukan lemak,lho. Pada dasarnya tubuh insan memiliki dua jenis lemak, selain lemak putih yang biasanya menumpuk di tempat pinggang, perut, dan leher yang berasal dari terlalu banyak mengonsumsi masakan berkalori tinggi.


Dalam tubuh juga terdapat lemak cokelat atau lemak baik yang berfungsi menjaga suhu tubuh semoga tetap hangat bahkan ketika terkena udara hambar yang ekstrim. Bahkan ada sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 menyimpulkan bahwa rajin mandi air hambar setiap hari akan menciptakan berat tubuh tubuh berkurang sampai 5 kilogram dalam setahun.


6. Meningkatkan kadar hormon testosteron dan kesuburan


Manfaat mandi air hambar sanggup  memaksimalkan produksi sperma, tentu saja hal ini sangat baik bagi kesuburan seseorang. Hal ini diperkuat dengan studi yang dilakukan oleh Thrombosis Research Institute, yang menyampaikan bahwa mandi air hambar sanggup meningkatkan kadar testosteron pada pria.


Hormon yang tidak hanya berfungsi meningkatkan libido, tetapi juga tenaga dan stamina pria.


7. Mengobati depresi


Menurut sebuah studi yang dilakukan Department of Radiation Oncology di Virginia Commonwealth University School of Medicine, mandi dengan air hambar sanggup menekan sel otak yang bertanggung jawab atas munculnya depresi.


Selain itu, menyesuaikan diri dengan paparan air hambar sanggup membantu tubuh untuk menangani aspek psikologis lainnya ibarat kecemasan.


8. Meredakan nyeri otot


Hal ini sangat baik bagi para atlet, terutama bagi mereka yang mengalami cidera. Senada dengan sebuah studi tahun 2009 mengungkapkan bahwa seseorang yang manfaat mandi air hambar selama 24 menit dengan suhu 10 sampai 15 derajat celcius sanggup mengurangi sakit otot lebih cepat dibandingkan beristirahat.


Walaupun mandi air hangat terasa menenangkan, sehabis mengetahui manfaat mandi air hambar yang baik di atas, tidak ada salahnya bukan untuk mencoba mandi dengan air dingin? Selamat mencoba!


 


Baca juga:



Kini Anda sanggup tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.



Sumber https://www.go-dok.comm