Friday, August 17, 2018

√ Ketahui Penyebab Dan Cara Perawatan Rambut Kering

Perawatan rambut kering yang bisa Anda lakukan mengetahui terlebih dahulu penyebabnya, kemudian  rajin memangkas ujung rambut, mengonsumsi vitamin, omega-3 dan antioksidan, hindari keramas setiap hari dan memakai beberapa masker dari materi alami.


Go DokRambut kering jadi salah satu permasalahan rambut yang harus diatasi secara ekstra. Namun, sebelum Anda melaksanakan perawatan rambut kering yang Anda alami sebaiknya terlebih dahulu mengetahui penyebabnya. Yuk, simak lewat klarifikasi berikut ini!


Penyebab rambut kering


Rambut kering sanggup disebabkan oleh banyak sekali faktor. Dari obat-obatan dan keturunan hingga sesuatu yang sederhana menyerupai cuaca. Tapi yang pasti, problem ini terjadi apabila rambut tidak mendapat kelembapan yang cukup atau tidak sanggup mempertahankan kelembapannya.


Kedua hal tersebut sanggup mengurangi kilau rambut, menciptakan rambut terlihat tak bernyawa, dan kusam. Masalah rambut ini sanggup memengaruhi pria dan wanita di segala usia. Namun lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia.


Penyebab umum dari rambut kering ada dua. Pertama, rambut Anda tidak memproduksi kelembapan yang cukup. Ini disebabkan lantaran rambut tidak mempunyai pelumas alami. Ia bergantung pada minyak yang diproduksi akar rambut untuk menjaga semoga rambut selalu lembap dan terlihat berkilau.


Terkadang, rambut tidak memproduksi minyak yang cukup sehingga berujung pada kondisi kering. Seiring bertambahnya usia, akar rambut Anda secara alami memproduksi minyak lebih sedikit. Karena akar berada di bawah permukaan kulit kepala, kekeringan yang terjadi di sana bisa sebabkan rambut kering.


Kedua, kelembapan yang dimiliki rambut hilang. Setiap helai rambut yang sehat mempunyai lapisan pelindung yang disebut kutikula. Kutikula melindungi rambut dari panas dan kerusakan yang disebabkan oleh matahari.


Pada kutikula yang sehat, lapisan ini akan sangat rapat dan menjaga kelembapan di dalamnya. Namun saat lapisan kutikula ini merenggang atau bahkan terkelupas dari rambut, kemampuannya untuk menahan kelembapan terkompromi.


Pada beberapa kasus, rambut kering yaitu hasil dari problem kesehatan tersembunyi yang sanggup memengaruhi kemampuan rambut untuk mempertahankan kelembapan. Contohnya:



  • Anorexia Nervosa: Gangguan makan ini sanggup berujung pada malnutrisi. Keadaan ini sanggup menjadikan rambut kering dan rapuh, diikuti dengan banyak sekali komplikasi serius.

  • Hypoparathyroidism: Kondisi ini menjadikan kelenjar parathyroid di leher memproduksi hormon parathyroid terlalu sedikit, sehingga menurunkan kadar kalsium dalam darah. Kalsium yaitu nutrisi kunci untuk rambut sehat selain untuk tulang, gigi, dan jaringan lainnya.

  • Hypothyroidism: Jika mengalami kondisi ini, artinya kelenjar thyroid Anda tidak memproduksi hormon thyroid yang cukup. Rambut kering dan ringkih yaitu salah satu tanda-tanda awal dari kondisi ini.

  • Sindrom Menkes: Pada kondisi genetis yang langka ini, sel badan tidak menyerap zat tembaga yang cukup. Rendahnya absorpsi tembaga sanggup memengaruhi kesehatan rambut dan menyebabkannya menjadi kering.


Perawatan rambut kering yang bis Anda lakukan


Rambut kering memerlukan perlakuan khusus. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan dalam perawatan rambut kering:


Rajin memangkas ujung rambut


Perawatan rambut kering yang pertama yaitu dengan rajin memangkas rambut. Jika rambut Anda terlalu kering, kemungkinan ia perlu dipangkas. Bahkan jikalau rambut Anda tidak terlalu panjang, ujung yang bercabang sanggup menciptakan rambut sulit ditata dan berkontribusi pada tekstur yang kering dan kasar.


Mengonsumsi vitamin


Anda niscaya tahu kalau badan membutuhkan vitamin tertentu untuk menunjukkan nutrisi. Namun vitamin tertentu sanggup menunjukkan dampak eksklusif bagi kesehatan rambut dan kuku Anda. Vitamin A, vitamin C, biotin (terkadang disebut vitamin H), dan mineral besi sanggup berkontribusi untuk rambut terlihat lebih sehat.


Mengonsumsi omega-3 dan antioksidan


Protein bahari sanggup menjaga semoga rambut tidak cepat menipis dan membuatnya terlihat lebih berkilau. Untuk mendapat hasil tersebut, Anda bisa meningkatkan jumlah protein bahari yang dikonsumsi. Jadi, dalam perawatan rambut kering mulailah untuk perbanyak konsumsi salmon, tiram, ikan kembung, tuna, dan sarden lantaran kandungannya yang kaya akan peptid dan omega-3 yang sanggup menciptakan rambut lebih berkilau.


Anda juga mungkin sanggup mempertimbangkan untuk mengonsumsi lebih banyak antioksidan dalam rangka melawan oxidative stress yang sanggup menciptakan rambut terlihat menua. Beberapa makanan yang kaya akan antioksidan antara lain kacang walnut, kacang merah, bluberi, brokoli, dan tomat.


Hindari keramas setiap hari


Sampo tidak hanya menghilangkan kotoran dan keringat dari rambut tapi juga mengelupas sebum yang terdapat pada rambut. Sebum yaitu minyak alami yang menciptakan rambut gampang diatur dan berkilau jikalau kadarnya tepat. Namun, terlalu banyak kadar sebum sanggup berujung pada penampilan rambut yang berminyak.


Namun Anda tidak perlu mengelupas sebum di rambut setiap hari. Jika Anda tidak sanggup melewatkan sehari pun tanpa keramas, setidaknya gunakan sampo yang secara spesifik diperuntukkan untuk perawatan rambut kering atau bahkan bisa coba memakai sampo untuk bayi. Keduanya sanggup membersihkan rambut dengan lembut tanpa mengelupas keseluruhan minyak alami rambut.


Keringkan rambut dengan tepat


Jika rambut Anda ringkih dan sulit ditata sesudah keramas, bisa jadi itu disebabkan oleh hilangnya kelembapan selama proses pengeringan. Cobalah membungkus rambut dengan kain atau handuk sesudah mencucinya dan bukan dengan diangin-anginkan.


Selain kelima perawatan rambut kering di atas, Anda juga sanggup meningkatkan kesehatan rambut dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang bisa dibentuk sendiri di rumah. Di bawah ini dipaparkan bahan-bahan alami yang bisa dipakai dalam perawatan rambut kering.


Masker dengan minyak esensial


Minyak zaitun yaitu salah satu materi rumahan yang paling terkenal untuk mengatasi rambut kering. Selain minyak zaitun, terdapat minyak lain yang juga sanggup menunjukkan hasil yang baik. Mereka yaitu minyak kelapa, minyak almond, minyak kastor, minyak jojoba, dan minyak jagung.


Minyak-minyak tersebut kaya akan vitamin E dan antioksidan serta membantu mengunci lapisan luar rambut atau kutikula dengan kelembapan sehingga sanggup memperbaiki kerusakan.


Memanfaatkan gelatin sebagai masker rambut


Gelatin tawar yaitu sumber protein yang baik untuk rambut. Ia sanggup melapisi helaian rambut dan melembapkannya sehingga menciptakan rambut halus dan berkilau.


Masker dengan campuran telur dan mayones


Telur dan mayones mengandung banyak protein yang membantu membentengi dan menguatkan rambut serta mengembalikan kelembapan pada rambut ringkih dan sangat kering.


Mengoleskan pasta alpukat


Alpukat sangat kaya akan vitamin A dan E, lemak jenuh, dan mineral yang sanggup menutrisi rambut kering dan rusak serta membantu melembapkan dan menguatkannya.


Anda bisa menciptakan pasta ini dengan menumbuk alpukat matang yang sudah dikupas dengan sebutir telur kemudian mengoleskannya pada rambut lembap selama 20 menit. Setelah itu, Anda bisa membilasnya hingga bersih.


Menggunakan masker pisang


Pisang tinggi akan potasium dan mempunyai kandungan pelembap yang tinggi sehingga membuatnya cocok dalam perawatan rambut kering. Dikarenakan kaya akan manfaat, pisang mungkin sanggup mencegah ujung rambut bercabang, menghaluskan rambut, dan memperbaiki elastisitasnya.


Untuk mendapat laba dari manfaat tersebut, tumbuk sebuah pisang dan oleskan merata pada rambut, dari akar hingga ujungnya. Diamkan selama satu jam dan bilas dengan air hangat.


Kesimpulannya, rambut kering sanggup diatasi dengan beberapa pembiasaan konsumsi makanan dan gaya hidup. Jika kondisi ini bukan dipengaruhi oleh gangguan kesehatan, perawatan rambut kering rumahan yang murah sanggup mengembalikan kelembutan, kelembapan, dan kilau rambut Anda.


 


Baca juga:



Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera d0wnl0ad aplikasi kesehatan Go Dok di sini.


FY/JJ/MA



Referensi




Sumber https://www.go-dok.comm