Wednesday, August 15, 2018

√ Ketahui Ciri-Ciri Hamil Anak Kembar

Hamil anak kembar mungkin jadi salah satu yang diidamkan oleh sebagian pasangan suami istri. Kehamilan kembar biasanya terjadi dikala ada lebih dari satu telur yang dibuahi dan melekat di uterus. Lalu, bagaimana ciri-ciri kehamilan anak kembar?


Go Dok Bukanlah sesuatu yang asing kalau seorang ibu hamil menginginkan anak kembar atau bahkan ketakutan dengan wangsit mempunyai anak kembar. Perempuan memang biasanya akan mengira-ngira apakah nantinya ia akan melahirkan lebih dari satu bayi.


Informasi seputar kehamilan kembar


Kehamilan kembar biasanya terjadi dikala ada lebih dari satu telur yang dibuahi dan melekat di uterus. Nantinya ini disebut sebagai kembar fraternal dan sanggup menghasilkan bayi laki-laki, perempuan, atau kombinasi keduanya. Sederhananya, kembar fraternal yakni saudara yang dikandung dalam waktu bersamaan.


Namun, ibarat saudara kandung yang biasanya memang mirip, kembar fraternal ini juga kemungkinan terlihat mirip. Di dalam kandungan, kembar fraternal masing-masing mempunyai kantung amniotik dan plasenta yang terpisah.


Terkadang, satu telur sanggup dibuahi dan terbagi menjadi dua embrio atau lebih. Hal ini disebut sebagai kembar identik yang akan menghasilkan sepasang bayi pria atau sepasang bayi perempuan. Kembar identik mempunyai gen yang juga identik dan mereka biasanya sangatlah ibarat sehingga bahkan orangtua mereka pun kerap kesulitan untuk membedakan mereka.


Namun begitu, bawah umur ini tetap mempunyai kepribadian yang berbeda. Kembar identik kemungkinan mempunyai kantung amniotik dan plasenta masing-masing. Tapi kebanyakan dari mereka yang membuatkan plasenta dengan kantung terpisah. Sangat jarang kembar identik membuatkan satu plasenta dan kantung amniotik.


Kebanyakan wanita biasanya mengandung hanya satu bayi. Namun belakangan, semakin banyak wanita yang mengandung anak kembar kalau dibandingkan dengan di masa lalu. Ini kemungkinan besar dikarenakan wanita tetapkan untuk tidak hamil muda lantaran kesempatan mengandung anak kembar kebanyakan terjadi kalau ia tetapkan untuk hamil di atas usia 30 tahun. Bisa juga lantaran seorang wanita menjalani pengobatan kesuburan untuk sanggup hamil.


Sebenarnya, apa saja gejala yang perlu diperhatikan kalau ternyata seorang wanita akan mengandung anak kembar?


Berikut ini ciri-ciri hamil anak kembar yang terlihat atau sanggup dirasakan di trimester pertama:


1. Kadar HCG yang meningkat pesat


Jika kadar HCG anda terlihat lebih tinggi dari jumlah normal, dokter akan menyuruh untuk dilakukan USG yang nantinya memastikan apakah nantinya akan ada lebih dari satu bayi.


2. Mual dan morning sickness berlebih


Kebanyakan wanita mengalami beberapa tipe morning sickness selama kehamilan mereka. Ini dipercaya disebabkan oleh peningkatan kadar HCG. Versi ekstrem dari morning sickness dikenal dengan sebutan hyperemesis gravidarum.


Ini terjadi kalau frekuensi mual dan muntah lebih sering dari yang seharusnya. Menurut Dr. Christine Greves, seorang dokter kandungan dari Rumah Sakit Winnie Palmer, kondisi ini sanggup juga menjadi ciri hamil anak kembar.


3. Kelelahan ekstrem


Kelelahan yakni ciri umum kehamilan. Namun hamil dengan lebih dari satu bayi sanggup mengakibatkan tenaga jadi lebih terkuras. Ciri hamil anak kembar ini kemungkinan tidak terlihat bagi wanita yang gres pertama kali menjadi calon ibu atau mereka yang menghubungkan kelelahan dengan usia.


4. Peningkatan berat tubuh yang cepat dan kandungan yang berukuran lebih besar


Menurut American Pregnancy Association, wanita yang mengandung anak kembar berat badannya akan bertambah sekitar delapan sampai duabelas kilogram selama trimester pertama.


5. Merasakan pergerakan janin lebih awal


Ibu yang mengandung anak kembar sanggup mencicipi pergerakan janin dengan persis lebih dulu dibanding kandungan tunggal. Pergerakan janin ini akan terasa pada final trimester kedua apabila bayi dalam kandungan yakni kembar.


Sementara kandungan tunggal biasanya mencicipi ini di awal trimester ketiga. Bisa juga diketahui apabila seorang ibu sanggup mencicipi pergerakan di penggalan perut yang berbeda pada waktu yang sama.


Meskipun kelima ciri hamil anak kembar di atas yakni indikator berpengaruh seorang wanita mengadung anak kembar, mereka tetap tidak menjamin kalau bayi yang sedang dikandung benar-benar kembar.


Pada akhirnya, satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda sedang mengandung lebih dari satu bayi yakni dengan melaksanakan USG.


 


Baca juga:



Konsultasi kesehatan sekarang sanggup eksklusif lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.


ZF/JJ/MA



Referensi




Sumber https://www.go-dok.comm