Sunday, August 5, 2018

Jangan Panik Kalau Kartu Npwp Hilang, Cara Mengurusnya

Pernahkah Anda mencicipi kartu NPWP Hilang, kemudian bagaimana cara mengurusnya ? Manusia ialah sumbernya lupa, mungkin itu sanggup benar sanggup pula salah. Akan tetapi kita tidak sanggup memprediksi kapan tragedi alam sanggup terjadi. Mungkin secara tidak sengaja kita pernah meninggalkan dompet kita di suatu tempat. Entah alasannya ialah alasan apa namun hal tersebut sanggup berakibat fatal apabila hilang. Bukan hanya kerugian uang tapi aneka macam kartu yang disimpan juga sanggup hilang. Padahal kartu-kartu yang ada di dompet merupakan kartu-kartu penting. Salah satunya kartu NPWP.


Kartu NPWP biasanya kita dapatkan kalau kita sudah terdaftar di KPP terdekat dengan lokasi alamat kita sesuai KTP. Kartu tersebut banyak sekali manfaatnya. Banyak instansi-instansi masa sekarang mensyaratkan kartu NPWP sebagai salah satu syarat melamar pekerjaan. Selain itu kalau kita mau membuka rekening baru, pihak bank juga seringkali meminta nomor dan mengatakan kartu NPWP dan masih banyak fungsinya lagi. Lalu bagaimana kalau kartu sakti tersebut hilang? Mari kita simak solusi kalau NPWP hilang.


Cara gampang daftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan


NPWP ada dua jenis, yaitu NPWP eksklusif dan NPWP perusahaan. Untuk pengurusannya tidak jauh berbeda kok. ada beberapa hal yang perlu kau lakukan kalau kartu NPWP hilang.


Solusi kalau Kartu NPWP Hilang, Cara Mengurusnya



  1. Hal pertama yang harus dilakukan ialah menyiapkan dokumen penting.


Cara Mengurus Kartu NPWP Hilang Untuk NPWP eksklusif antara lain:



  • Surat keterangan hilang dari kantor kepolisian terdekat.

  • KTP

  • Formulir cetak ulang NPWP


Untuk dokumen komplemen lain, apabila KTP kita hilang sanggup pula diganti dengan surat keterangan hilang KTP dari kantor kepolisian terdekat. Selain itu, kadangkala orang yang bersangkutan sangat sibuk dan tidak sempat mengurusnya, sanggup pula diwakilkan oleh orang lain dengan melampirkan surat kuasa.


Cara mengurus NPWP perusahaan Jika Hilang



  • Surat keterangan hilang dari kantor kepolisian terdekat.

  • Foto copy NPWP dari eksekutif perusahaan.

  • Fotocopy sertifikat perusahaan

  • Formulir cetak ulang NPWP


Dalam hal ini biasanya eksekutif perusahaan yang kehilangan tidak sanggup mengurusnya sendiri. Apakah hal tersebut sanggup diwakilkan? Tentu saja bisa, sama menyerupai mengurus kartu NPWP pribadi, orang yang mengurus hal tersebut harus membawa surat kuasa dari eksekutif yang bersangkutan.



  1. Setelah dokumen lengkap, silakan tiba ke KPP terdekat. Di sana kita sanggup meminta formulir cetak ulang NPWP. KPP yang dituju tidak harus KPP daerah kita mendaftarkan NPWP, boleh di KPP manapun asal membawa dokumen yang dibutuhkan. Hal ini sangat membantu kalau kartu NPWP kita hilang di luar kota.


Selain langkah-langkah di atas masih ada lagi hal penting yang harus diperhatikan. Salah satunya ialah pastikan kalau kita sudah rutin melapor SPT tahunan baik manual ataupun e-filling. Jika tidak tentu saja hal tersebut sanggup menghambat proses pengurusan kartu NPWP yang hilang. Jika ada boleh pula disertakan fotocopy kartu keluarga dan fotocopy kartu NPWP sebagai tambahan persyaratan dokumen. Kaprikornus sebelum insiden yang tidak diinginkan terjadi, surat-surat / kartu-kartu penting sebaiknya difoto copy.


Cara menghitung PPh 21 dan Penjelasan Tarifnya


Itu semua ialah langkah-langkah yang harus dilakukan kalau kartu NPWP hilang. Jangan hingga kemalasan kita mengurus kartu penting NPWP menghambat urusan kita di bidang lain. Penjelasan di atas ini juga berlaku kalau kartu NPWP kita rusak menyerupai terbakar, tergores atau patah. Keterangan lebih lanjut sanggup hubungin call center di 021-500200.  Semoga artikel ini sanggup membantu menjelaskan solusi kalau kartu NPWP hilang.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com