Thursday, August 2, 2018

√ Gagap Pada Anak Dan Cara Mengatasinya

Gagap pada anak harus diatasi oleh orangtua sedini mungkin untuk meminimalisir perkembangannya yang bisa jadi duduk kasus lebih serius yang berlanjut ke masa sekolah. Faktor penyebab anak mengalami gagap  yaitu genetik, perkembangan anak sampai faktor neurologis.


Go DokBanyak bawah umur di tahap antara usia 2 dan 5 tahun berbicara dengan gagap, mengulang suku kata, kata, atau frasa tertentu, memperpanjangnya, atau tidak bersuara untuk bunyi dan suku kata tertentu. Apakah ini terjadi pada si kecil? Yuk, simak ulasannya berikut ini!


Apa itu gagap pada anak?


Sebelum mengenal lebih jauh seputar gagap pada anak sebaiknya Anda mengenal lebih dulu seputar gagap itu sendiri. Gagap yaitu bentuk ketidaklancaran atau gangguan dalam berbicara. Pada banyak kasus, gagap akan hilang sesudah usia 5 tahun. Di kasus lain akan hilang dalam waktu yang lebih lama.


Gagap terjadi ketika pembicaraan normal terganggu oleh pengulangan atau perpanjangan dari bunyi atau kata tertentu. Kondisi ini sanggup berkisar pada frekuensi dan intensitas ringan sampai parah.


Kadang, berbicara di depan sebuah kelompok atau bicara lewat telepon sanggup memperparah gagap. Sementara menyanyi atau membaca sanggup menguranginya. Stres juga kadang sanggup membuatnya lebih parah. Usaha untuk berbicara kemungkinan diikuti dengan gestur atau gerakan tubuh.


Untuk mengetahui apakah gagap pada anak akan menjelma duduk kasus lebih serius yang berlanjut ke masa sekolah bukanlah hal yang tidak mungkin. Namun terdapat beberapa tanda yang perlu diperhatikan untuk melihat apakah gagap yang dialami anak kemungkinan menjadi sebuah masalah:



  • Anda mungkin memerhatikan ketegangan dan perjuangan yang berlebih pada otot wajah

  • Anda juga mungkin memerhatikan naiknya bunyi dengan pengulangan

  • Dalam kasus gagap yang lebih berat, seorang anak sanggup menunjukkan upaya dan ketegangan yang cukup kentara ketika mencoba berbicara.

  • Pada kasus yang lebih parah sering ditandai upaya menghindari gagap dengan mengubah kata-kata atau memakai bunyi perhiasan untuk mulai berbicara. Terkadang, seorang anak akan coba menghindari situasi di mana ia perlu berbicara.


Apa saja penyebab anak mengalami gagap?


Para andal masih belum mengetahui dengan niscaya apa yang menjadi penyebab gagap pada anak. Namun kebanyakan percaya bila gangguan bicara terjadi sebagai hasil dari bermacam-macam faktor. Di bawah ini mungkin termasuk di dalamnya:


1. Genetik


Kebanyakan andal baiklah bila gagap mempunyai komponen genetik. Enam puluh persen dari semua orang yang gagap mempunyai seorang anggota keluarga erat yang juga gagap.


2. Gagap yang berkaitan dengan perkembangan anak


Banyak anak mengalami gagap selama periode usia 18 bulan sampai 2 tahun sebab mereka masih mengasah kemampuan berbicara dan berbahasa. Bentuk kegagapan ini biasanya temporer.


3. Faktor neurologis


Penelitian menemukan bila orang-orang yang gagap memproses bahasa dengan berbeda dari yang tidak mengalami gangguan bicara. Pada beberapa kasus, sepertinya ada duduk kasus dalam cara bahasa ditransmisikan melalui otak. Para ilmuwan tidak tahu persis mengapa ini terjadi.


Bagaimana cara mengatasinya?


Banyak orang renta yang enggan mendatangi terapi wicara sebab tidak ingin sang anak sadar akan gangguan bicara yang mereka alami. Para andal baiklah bila anak Anda berusia di atas 3 tahun dan masih gagap selam tiga sampai enam bulan, Anda mungkin harus mengevaluasinya.


Temukan terapis wicara yang mempunyai spesialisasi dalam menghadapi gagap pada anak. Terapis tersebut sanggup bantu tetapkan apakah anak Anda perlu intervensi atau tidak.


Kebanyakan bawah umur yang mengalami perpanjangan gagap mendapat manfaat dari terapi wicara. Pada beberapa kasus, duduk kasus tersebut sanggup dieliminasi seluruhnya. Apa pun hasil akhirnya, terapi wicara sanggup mendorong kepercayaan diri anak sebab mereka berguru untuk mengatur gagap yang dialami dan meningkatkan kemampuan bicara.


Orangtua sanggup memberi imbas yang sangat besar pada anak yang gagap dalam melihat gangguan yang mereka alami.  Berikut tips yang bisa diikuti untuk membantu anak Anda yang gagap:



  • Ciptakan kesempatan untuk berbicara yang relaks, menyenangkan, dan santai

  • Temukan waktu untuk melibatkan anak dalam percakapan tanpa gangguan dari TV ataualat elektronik lainnya. Singkatnya, Anda sanggup menimbulkan kebiasaan melibatkan anak dalam percakapan keluarga ketika makan malam setiap hari

  • Jangan mengkritik cara berbicara anak atau bertahan pada cara bicara yang berdasarkan Anda sempurna dan benar.

  • Jangan memberi tekanan pada anak untuk menghibur atau berinteraksi secara ekspresi dengan orang lain ketika gagap yaitu masalahnya. Dorong mereka pada kegiatan yang tidak melibatkan interaksi verbal.

  • Dengarkan dengan baik pada apa yang anak katakan, jaga kontak mata normal tanpa menunjukkan tanda tidak sabar atau frustrasi.

  • Hindari reaksi negatif ketika anak gagap, membetulkan cara bicara, atau menuntaskan kalimatnya. Ini penting bagi anak untuk mengerti bila orang-orang sanggup berkomunikasi dengan efektif bahkan ketika mereka gagap.

  • Meski frase seperti, “Berhenti dan tarik nafas” atau “Pelan-pelan” mungkin bermaksud untuk membantu anak, hal tersebut bekerjsama sanggup menciptakan sang anak lebih minder dan tidak seharusnya digunakan.

  • Contohkan cara bicara perlahan dan santai untuk membantu anak Anda berbicara dengan perlahan.

  • Jangan takut untuk membicarakan ihwal gagap pada anak. Jika mereka bertanya atau mengekspresikan kekhawatiran, dengarkan dan jawab dengan cara yang sanggup membantu mereka mengerti bila gangguan dalam berbicara yaitu hal yang normal dan semua orang mengalaminya dengan tingkat yang berbeda.


Dukungan orangtua dan keluarga erat sangat besar lengan berkuasa dalam mengatasi gagap pada anak. Jika kondisi ini masih terjadi sesudah usia yang pada umumnya, pastikan untuk segera mencari terapis wicara supaya kondisi ini tidak berlanjut terlalu lama.


 


Baca juga:



Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.


FY/PJ/MA



Referensi




Sumber https://www.go-dok.comm