Friday, August 3, 2018

√ Fungsi Penting Kelopak Bunga

Bunga terdiri dari banyak bagian, mulai dari kelopak sampai batang. Materi kali ini, kau akan mempelajari fungsi kelopak bunga (calyx). Sebelumnya, kau niscaya telah sering melihat bunga, baik itu di taman ataupun di pot bunga. Jika diperhatikan secara secama, kau akan melihat bahwa bunga terdiri dari banyak bagian, bab tersebut yaitu kelopak bunga yang tersusun dari beberapa sepal (helai kelopak)

Apa itu Kelopak Bunga?

 kau akan melihat bahwa bunga terdiri dari banyak bab √ Fungsi Penting Kelopak Bunga
Kelopak Bunga
Kelopak bunga (calyx) terdiri dari beberapa helai kelopak (sepal). Sepal yaitu daun flora yang membentuk bulat di luar bunga. Sepal umumnya berwarna hijau, tetapi ada juga sepal yang berwarna lain. Jumlah helai kelopak pada suatu bunga tergantung kepada jenis spesiesnya. Secara umum, sepal disebut sebagai kelopak bunga. Sepal menempel pribadi di bab atas flora berbunga dengan banyak sekali bentuk dan ukuran. 

Beberapa jenis sepal berukuran panjang dan tipis, tetapi ada juga yang berukuran pendek dan tebal. Beberapa sepal terletak terpisah-pisah, namun ada juga yang menyatu gotong royong membentuk deretan cangkir di sekitar kelopak bunga. 

Fungsi Kelopak Bunga

Fungsi utama kelopak bunga yaitu untuk menutupi dan melindungi bunga yang belum siap, serta untuk menarik perhatian serangga supaya membantu bunga untuk mekar. Ketika flora siap menghasilkan bunga, langkah pertama yaitu pembentukan kelopak bunga. Kelopak tumbuh dari atas batang membentuk area tertutup yang sering disebut tunas. Kelopak bunga akan menutupi dan melindungi bagian-bagian bunga lainnya, ibarat organ reproduksi (benang sari dan putik) di ketika bunga belum mekar (masih kuncup). 
Selama masa pembentukan ini, kelopak bunga membentuk selubung pelindung untuk bunga dan menjaganya supaya tidak mengering. Untuk diketahui, tidak semua bunga memiliki kelopak. Selain itu, ada juga bunga yang mahkota dan kelopak bunganya sukar dibedakan, tampak menyatu, embel-embel bunga jenis ini disebut tepal (tenda bunga). 

Demikianlah klarifikasi wacana Fungsi Penting Kelopak Bunga, semoga bermanfaat.

Sumber http://www.ilmusiana.com