Thursday, August 2, 2018

√ Fungsi Bakal Buah Pada Bunga

Apa fungsi bakal buah pada bunga? Dalam bahasa ilmiah, bakal buah disebut dengan ovarium. Mungkin, istilah ini tidak terdengar gila di indera pendengaran kita, sebab istilah ini juga sering dipakai untuk menyebut organ reproduksi wanita. Ternyata, bunga juga mempunyai ovarium yang menjadi organ reproduksi betina pada bunga. Dalam bahan kali ini, kita akan lebih sering memakai istilah bakal buah daripada ovarium. Hal ini hanya untuk meneguhkan pemahaman bahwa yang kita bahas kini ini yaitu cuilan bunga, bukan manusia. 

Bunga yaitu struktur reproduksi yang terdapat pada tanaman. Umumnya, struktur ini mempunyai empat komponen utama, yaitu putik untuk menghasilan sel telur, benang sari sebagai organ reproduksi jantan penghasil sperma, kelopak bunga yang melindungi putik dan benang sari, dan sepal atau helai kelopak yang mengeliling kelopak bunga sebelum mekar. 

Apa itu Bakal Buah?

Pembahasan kita kali ini akan difokuskan pada putik, yang mana salah satu bagiannya yaitu bakal buah. Bakal buah merupakan kawasan calon flora gres terbentuk. Bakal buah terdiri dari satu ruangan penyimpanan yang disebut lokulus (ruang sari). Namun, ada juga bakal buah yang mempunyai banyak lokulus di dalamnya yang berasal dari adonan beberapa putik. Tiap lokulus mempunyai satu atau lebih bakal biji (ovula). Bakal biji ini nantinya akan dibantu oleh plasenta untuk melekat ke dinding bakal buah.

Materi Terkait:
Umumnya, bakal buah terletak di sentra bunga yang terlindungi dengan baik. Bakal buah berfungsi sebagai ruang pelindung di sekitar bakal biji yang rapuh, yang akan menjelma biji, kemudian flora baru. Perhatikan gambar struktur bakal buah berikut ini:
 istilah ini tidak terdengar gila di indera pendengaran kita √ Fungsi Bakal Buah pada Bunga
Bakal Buah

Fungsi Bakal Buah

Fungsi utama bakal buah yaitu untuk menghasilkan sel telur, inti kutub, biji, dan buah-buahan. Di dalam bakal biji (ovula) terjadi proses pembelahan sel untuk menghasilkan sel telur dan dua sel inti kutub. Ketika serbuk sari melekat di kepala putik, ia akan melepaskan dua sel sperma yang akan bergerak menuju bakal buah melalui tangkai putik. Di dalam bakal buah, satu sel sperma bergabung dengan sel telur untuk membentuk zigot yang menjadi cikal bakal flora baru. Proses ini disebut juga dengan fertilisasi. Sel sperma kedua akan bergabung dengan dua inti kutub untuk menghasilkan endosperma, yang berfungsi untuk memperlihatkan nutrisi bagi embrio tanaman.

Demikianlah klarifikasi wacana Fungsi Bakal Buah pada Bunga, biar bermanfaat.

Sumber http://www.ilmusiana.com