Sunday, August 26, 2018

√ Efek Anak Nonton Film Yang Tak Sesuai Usianya

Kadang, alasannya beberapa alasan orang bau tanah terpaksa mengajak anak nonton film di bioskop. Eits, tapi kita juga perlu memperhatikan kategori filmnya untuk usia berapa ya, Bun.


Psikolog anak dan dewasa dari Lembaga Psikologi Terapan UI, Vera Itabiliana menjelaskan ada beberapa efek yang anak alami jika nonton film tidak sesuai dengan usianya. Pertama tentu saja anak nggak sanggup menikmati film tersebut hingga beliau bosan kemudian cranky di bioskop dan malah ganggu kesenangan penonton lain.


“Kedua, anak sanggup berguru hal-hal yang salah. Misal, jika filmnya terlalu banyak kekerasan atau berbau secualitas nanti anak menerima stimulasi yang belum sesuai usianya,” papar Vera dalam suatu program di bilangan Jakarta Utara beberapa waktu lalu.


Nah, jika udah begitu nanti sanggup muncul persepsi yang tidak sempurna dari anak, Bun. Bisa juga timbul rasa takut dan cemas pada anak alasannya beliau lihat adegan-adegan yang terlalu keras apalagi bila usia anak di bawah usia 12 tahun.


“Ya anak kan masih belum sanggup membedakan mana fantasi, mana yang nyata. Nah, itu adakala yang menciptakan mereka jadi takut. Misal, mereka lihat tokoh jahat kemudian di pikiran anak si tokoh jahat ini ngikutin hingga ke ke dunia nyata. Intinya, anak belum paham jika itu bohongan,” tutur Vera.


Ya, sesungguhnya sah-sah saja kok, Bun, mengajak anak ke bioskop. Vera bilang, orang bau tanah juga butuh hiburan dan refreshing. Apalagi dikala menjadi orang bau tanah kan butuh usaha-usaha tertentu biar kekerabatan kita dan pasangan tetap serasi dan hangat sekalipun udah punya si kecil.


“Tapi, jadi orang bau tanah juga harus ada janji dan pengorbanan. Mau nggak mau akan ada momen di mana orang bau tanah mesti milih, dan akhirnya, sepakat deh kita nggak boleh egois dan kita nggak boleh mengutamakan kesenangan kita sendiri tapi anak nggak happy,” imbuh Vera.


Kalau kita mau bersenang-senang dan refreshing ke manapun bareng anak, pastikan juga si kecil kondusif dan nyaman ya. Walau kadang memang harus ada momen di mana jadinya orang bau tanah batal nonton bioskop karena anak nggak ada yang jaga. Ya, berdasarkan Vera tiap orang bau tanah harus siap dengan hal-hal menyerupai itu.


Sumber : haibunda.com


Content partner alasannya beberapa alasan orang bau tanah terpaksa mengajak  √ Dampak Anak Nonton Film yang Tak Sesuai Usianya


Sumber https://www.go-dok.comm