Wednesday, August 1, 2018

√ Cara Cepat Mengurutkan Data Di Office Excel Menurut Aksara Dengan Mudah

Cara Mengurutkan Data Di Office Excel (Abjad) – Khusus pengguna komputer tentunya sudah tidak gila lagi dengan aktivitas Microsoft Office. Dengan aktivitas ini pekerjaan kita akan terbantu cepat terselesaikan. Mungkin khusus bagi yang bekerja di perkantoran dan sekolah, aktivitas Microsoft Office yaitu aktivitas andalannya. Tanpa aktivitas Office sanggup jadi kiprah mereka-mereka ini akan sulit terselesaikan bahkan tidak sanggup diselesaikan. Hampir seluruh data perkantoran dan sekolah sanggup diselesaikan dengan aktivitas Microsoft Office. Maka daripada itu aktivitas Microsoft Office yaitu aktivitas wajib harus ada di setiap komputer atau laptop.


Baca Juga : 10 Fitur Terbaru Microsoft Office 2016 Unik Dan Menarik Yang Perlu Anda Ketahui


Kelengkapan aktivitas yang berada dalam satu paket software Microsoft Office sangat membantu dalam pengerjaan kiprah komputer ibarat pembuatan dokumen, data, presentasi, dan sebagainya. Didalam aktivitas Microsoft Office tersedia lengkap software-software untuk menunjang kiprah kantor, sekolah, dan sebagainya. Anda sudah tahu tentunya dengan aktivitas Office Word, Office Excel, Office PowerPoint, Office Access, dan sebagainya. Itulah yang saya maksud dengan aktivitas satu paket Microsoft Office. Dari masing-masing aktivitas tersebut sangat kaya akan fitur dan tergolong gampang dalam mengoperasikannya. Sehingga tidak heran dari dulu hingga kini banyak orang yang memakai software ini. Misal Office Excel, aktivitas ini dirancang khusus untuk memudahkan kita dalam pengolahan data.


 Khusus pengguna komputer tentunya sudah tidak gila lagi dengan aktivitas Microsoft Office √ Cara Cepat Mengurutkan Data Di Office Excel Berdasarkan Abjad Dengan Mudah


Segala hal yang hubungannya dengan pengolahan data ibarat membuat tabelmembuat rumus, dan sebagainya semua sudah tersedia lengkap di aktivitas Office Excel.


Baca Juga : 150+ Download Gratis Kumpulan Rumus Excel Siap Pakai Lengkap Dengan Contoh


Kemudian di Office Excel juga kita sanggup mengurutkan data sesuai dengan karakter A hingga dengan Z atau sebaliknya Z hingga dengan A. Agar lebih gampang dalam mencari data yang kita buat di Office Excel, maka kita sanggup mengurutkan data tersebut yang diadaptasi dengan abjad.


Berikut Cara Mengurutkan Data Di Office Excel Berdasarkan Alfabet (Abjad)


Dalam mengurutkan data sesuai huruf karakter di Office Excel dibagi menjadi dua bagian, A-Z disebut Ascending dan Z-A disebut Descending. Jika kita ingin mengurutkan data sesuai karakter yang dimulai dari huruf A hingga dengan huruf Z maka dinamakan Ascending. Namun kalau sebaliknya yaitu dimulai dari huruf Z hingga dengan huruf A itu namanya Descending.


Sebagai rujukan saya memiliki data Office Excel ibarat berikut :


 Khusus pengguna komputer tentunya sudah tidak gila lagi dengan aktivitas Microsoft Office √ Cara Cepat Mengurutkan Data Di Office Excel Berdasarkan Abjad Dengan Mudah


Data tersebut kita lihat memang tidak berurutan atau tidak sesuai dengan abjad. Jika kedepannya kita ingin mencari data seseorang maka akan kesulitan kecuali kalau data tersebut jumlahnya sedikit. Untuk menghindari hal tersebut maka mari kita ubah data tersebut semoga berurutan sesuai dengan abjad.


Yang akan kita ubah urutannya sesuai dengan karakter yaitu pada Cell B atau pada kolom Nama Siswa. Untuk mengubah urutan data, kita meski tahu dulu nama atau judul data tersebut. Jika dalam rujukan data diatas yaitu data siswa, maka tentunya yang akan kita susun urutannya sesuai karakter yaitu data siswanya.


Kita blok datanya mulai dari Cell A1 hingga dengan Cell E24 (lihat rujukan gambar dibawah).


 Khusus pengguna komputer tentunya sudah tidak gila lagi dengan aktivitas Microsoft Office √ Cara Cepat Mengurutkan Data Di Office Excel Berdasarkan Abjad Dengan Mudah


Setelah mem-blok semua data tabel yang akan kita ubah susunan abjadnya, kemudian kita klik pilih hidangan Data kemudian Sort.


 Khusus pengguna komputer tentunya sudah tidak gila lagi dengan aktivitas Microsoft Office √ Cara Cepat Mengurutkan Data Di Office Excel Berdasarkan Abjad Dengan Mudah


Kini didepan kita yaitu kotak obrolan Sort dimana fungsinya yaitu untuk mengubah urutan data sesuai dengan abjad. Anda centang/checklist pada My data has headers, artinya kita akan mengecualikan data yang berada pada header tabel. Tentunya kita tidak perlu mengubah data yang terdapat pada header ini.


Pada Sort by silakan Anda pilih Cell atau kolom yang akan diubah urutannya. Dalam rujukan kita akan mengubah urutan data pada Cell B atau kolom Nama Siswa. Untuk Sort On biarkan default saja dan untuk Order silakan Anda tentukan apakah urutan data menjadi Ascending (A-Z) atau Descending (Z-A). Jika sudah selesai pengaturannya, kini Anda klik pilih OK.


 Khusus pengguna komputer tentunya sudah tidak gila lagi dengan aktivitas Microsoft Office √ Cara Cepat Mengurutkan Data Di Office Excel Berdasarkan Abjad Dengan Mudah


Apa yang terjadi? Jika benar pengaturan yang Anda lakukan ibarat yang sudah saya jelaskan diatas maka kini data yang berada pada Cell B atau kolom Nama Siswa akan berubah urutannya. Kini urutan Nama Siswa akan sesuai dengan susunan Abjad, A-Z atau Z-A (sesuai pengaturan). Anda tidak perlu khawatir dengan kolom-kolom lainnya atau takut datanya menjadi tidak sesuai. Karena sesudah kita melaksanakan pengurutan data (Sort) maka otomatis kolom-kolom lainnya akan mengikuti atau pindah juga sesuai dengan yang diubah. Anda lihat saja gambar dibawah ini apakah data seorang anak berubah? (Tanggal Lahir dan Nama Ayah), tentu saja tidak bukan? Bandingkan dengan data diatas atau yang belum diubah susunannya!


 Khusus pengguna komputer tentunya sudah tidak gila lagi dengan aktivitas Microsoft Office √ Cara Cepat Mengurutkan Data Di Office Excel Berdasarkan Abjad Dengan Mudah


Setelah mengubah susunan karakter pada kolom Nama Siswa akan muncul persoalan baru. Itupun kalau kita awalnya menciptakan atau terdapat kolom Nomor Urut pada data tersebut. Nomor urut ini akan kacau susunannya, alasannya yaitu mengikuti perubahan susunan pada kolom Nama Siswa. Tidak sulit untuk mengubah atau menyusunkan kembali nomor yang terdapat pada Cell A. Di Office Excel kita sanggup menciptakan susunan angka dalam sekejap.


Caranya silakan Anda ketik manual angka 1 (satu) pada Cell A2 dan angka 2 (dua) pada Cell A3. Setelah itu Anda blok Cell A2 dan A3 (Cell yang terdapat angka 1 dan 2). Arahkan kursor mouse pada sudut kanan bawah Cell A3 hingga menjelma kursor plus/tambah (+) warna hitam. Klik+tahan (drag) kebawah hingga Cell paling akhir, rujukan pada gambar hingga Cell A24 atau hingga membentuk nomor 23.


 Khusus pengguna komputer tentunya sudah tidak gila lagi dengan aktivitas Microsoft Office √ Cara Cepat Mengurutkan Data Di Office Excel Berdasarkan Abjad Dengan Mudah


Lebih jelasnya lagi sanggup melihat screenhsot animasi dibawah ini :


 Khusus pengguna komputer tentunya sudah tidak gila lagi dengan aktivitas Microsoft Office √ Cara Cepat Mengurutkan Data Di Office Excel Berdasarkan Abjad Dengan Mudah


Ok mungkin artikel Cara Cepat Mengurutkan Data Di Office Excel Berdasarkan Abjad dicukupkan sekian saja. Jika ada pertanyaan seputar artikel materi ini sanggup disampaikan pada kolom komentar. Sampai bertemu lagi pada artikel keren lainnya dan salam sukses.



Sumber http://info-menarik.nett