Sunday, July 1, 2018

√ Waktu Tidur Yang Sempurna Untuk Mengkremasi Lemak

Waktu tidur yang sempurna dan berkualitas tinggi sanggup dihubungkan dengan berat tubuh yang lebih rendah dan mereka yang tidur serta berdiri di waktu yang sama setiap harinya mempunyai kadar lemak yang lebih rendah di dalam tubuh.


Go Dok Apakah Anda salah satu dari mereka yang sulit mengurangi berat badan, meskipun sudah mengikuti rujukan makan dan sajian diet sehat, serta rajin berolahraga? Jika iya, mungkin masalahnya ada pada waktu tidur Anda setiap hari. Studi mengatakan bahwa penurunan berat tubuh akrab kaitannya dengan acara tidur seseorang.


Semakin pendek waktu tidur malam Anda, maka semakin kecil jumlah lemak yang berkurang dalam tubuh, meskipun Anda sudah menjalani diet dan olahraga ketat. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Yuk, simak klarifikasi lengkapnya berikut ini!


Apa saja fakta medisnya?


Faktanya, berdasarkan suatu hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Annals of Internal Medicine, kurang tidur sanggup mengurangi bahkan membalikkan manfaat diet Anda. Dalam penelitian ini, penerima diminta untuk tidur dalam kadar waktu yang berbeda. Hasilnya mengatakan bahwa mereka yang cukup tidur dan beristirahat akan kehilangan setengah berat tubuh dari hasil pembakaran lemak.


Sebaliknya, ketika mereka kemudian dikurangi waktu tidurnya sampai setengah porsi, maka jumlah lemak yang hilang juga berkurang setengahnya. Artinya, mereka yang tidur dalam waktu cukup lebih cepat kenyang. Namun, mereka yang kurang tidur justru susah merasa kenyang, tidak puas dengan hanya satu porsi makanan, dan kekurangan energi untuk beraktivitas. Secara keseluruhan, mereka yang kurang tidur mengalami pengure\angan sampai 55% dalam hal pembakaran lemak.


Dilansir dari WebMd, tidur berfungsi layaknya nutrisi untuk otak Anda. Setiap orang membutuhkan setidaknya 7 – 9 jam waktu tidur malam dalam sehari. Jika kurang dari itu, maka tubuh Anda akan bereaksi dengan mencari lebih banyak snack dan masakan di waktu terjaga.


Selain itu, kekurangan tidur juga menciptakan metabolisme Anda menjadi serba salah, berdasarkan para peneliti dari University of Chicago. Hanya dalam waktu 4 hari ketika Anda kekurangan tidur secara konstan, kemampuan tubuh Anda dalam memproduksi insulin menjadi serba salah.


Bagi Anda yang belum tahu, insulin merupakan hormon yang diharapkan tubuh untuk mengubah gula, pati, dan masakan lain menjadi energi. Artinya, ketika tubuh Anda tidak merespon insulin secara normal dalam kondisi ini, kemampuannya untuk memproses lemak dari fatwa darah menjadi terganggu. Hasilnya, gula justru disimpan menjadi lebih banyak lemak, yang pada akibatnya menambah berat tubuh Anda.


Terakhir, kurang tidur dan begadang akan menciptakan tubuh Anda terasa lebih cepat lelah, sampai menciptakan Anda lebih malas melaksanakan kegiatan fisik ibarat berolahraga. Hal ini tentunya bisa menghambat diet Anda, bukan?


Lalu, kapan waktu tidur yang sempurna supaya lemak terbakar?


Suatu penelitian pada perempuan berusia antara 19 sampai 26 tahun di Brigham Young, menemukan bahwa tidur berkualitas tinggi sanggup dihubungkan dengan berat tubuh yang lebih rendah dan mereka yang tidur serta berdiri di waktu yang sama setiap harinya mempunyai kadar lemak yang lebih rendah di dalam tubuh. Artinya, hukum pertama dalam menentukan waktu tidur yakni konsistensi Anda dalam menjalankannya. Tak hanya itu, tidur Anda juga harus berkualitas, di malam hari, dengan waktu antara 7 –  9 jam.


Studi mengatakan bahwa perempuan yang tidur antara 8 sampai 8,5 jam dalam semalam mempunyai berat tubuh yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidur kurang dari itu. Efek yang paling cantik terlihat pada perempuan yang berdiri pada jam yang sama setiap paginya, tujuh hari dalam seminggu.


Jadi, akan lebih baik bila Anda tidur pada waktu yang sempurna setiap malam, dan terbangun di waktu yang sempurna pula di pagi harinya. Lakukan hal ini secara rutin, maka berat tubuh Anda akan selalu terkontrol baik. Tentu saja hal ini harus diiringi  dengan rujukan makan sehat dan olahraga rutin, ya!


Nah, itu beliau klarifikasi lengkap mengenai waktu tidur sempurna yang harus Anda penuhi bila ingin memperabukan kalori lebih banyak. Semoga bermanfaat!


 


Baca juga:



Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.


SF/JJ/MA



Referensi




Sumber https://www.go-dok.comm