Sunday, July 1, 2018

Pengertian Flowchart Dan Rujukan Penerapannya

Bagi anda yang mengenal dunia pemrograman, sebelum melaksanakan pemrograman terlebih dahulu menciptakan algoritma atau langkah apa saja yang akan dilakukan pada kegiatan tersebut, pada dasarnya ialah bagaimana memecahkan permasalahan/kasus yang ada dengan menciptakan algoritma yang benar semoga kasus tersebut selesai. Terkadang tidak semua orang paham dengan algoritma sehingga perlu cara lain untuk menjelaskan cara anda dalam menuntaskan persoalan tersebut, salah satunya ialah dengan memakai flowchart atau diagram alir.


Pengertian Flowchart


Pengertian flowchart ialah sebuah diagram atau sketsa yang terdiri atas simbol – simbol yang menggambarkan urutan proses/algoritma secara runtut dan detail beserta hubungan antara satu proses dengan proses lainnnya. Selain itu flowchart juga menggambarkan proses yang ada dalam satu kegiatan secara terperinci dari awal sampai proses selesai. Dalam flowchart terdapat beberapa macam simbol dan jenis flowchart itu sendiri serta pola penerapannya pada beberapa kasus yang ada.


Beberapa Simbol Flowchart


Sesuai dengan pengertian flowchart sebelumnya dan alasannya flowchart menggambarkan proses yang berjalan, maka dalam flowchart terdapat simbol yang mewakili proses tersebut, dalam flowchart dikenal beberapa simbol berikut :


Bagi anda yang mengenal dunia pemrograman Pengertian Flowchart dan Contoh Penerapannya


Simbol – simbol di atas ialah simbol utama yang biasanya dipakai untuk menciptakan kegiatan biasa, ada beberapa simbol lain yang terdapat dalam flowchart namun memakai simbol di atas sudah sanggup menggambarkan alur proses dalam sebuah kegiatan yang dibuat.


 Baca juga artikel menarik lainnya



Jenis Flowchart


Selain flowchart mempunyai beberapa simbol, terdapat pula jenis – jenis flowchart yang tergantung dari beberapa kasus dan penerapan yang berlaku. Flowchart mempunyai beberapa jenis sebagai berikut :




  1. Flowchart System




Merupakan jenis flowchart yang menggambarkan pemikiran / alur kerja dari suatu sistem yang berlaku dan menjelaskan apa saja urutan mekanisme yang terdapat dalam sistem tersebut.




  1. Flowchart Dokumen




Flowchart jenis ini menggambarkan alur laporan, formulir, dan dokumen yang ada.




  1. Flowchart Skematik




Flowchart jenis skematik hampir sama dengan flowchart sistem, namun terdapat sedikit perbedaan pada simbol yang digunakan. Flowchart skematik menambahkan simbol komputer dan perangkat lainnya. Untuk memudahkan membaca sketsa alir yang agak sulit dimengerti hanya dengan simbol flowchart umum.




  1. Flowchart Program




Flowchart kegiatan menggambarkan pemikiran proses dalam sebuah program. Flowohart ini berada di bawah / bab dari flowchart sistem


Contoh Penerapan Flowchart


Kami memberi pola penerapan flowchart kegiatan berikut yang secara sederhana berfungsi untuk memilih keliling suatu berdiri datar biasa, menyerupai pada gambar berikut :


Bagi anda yang mengenal dunia pemrograman Pengertian Flowchart dan Contoh Penerapannya


Penjelasan :



  1. Mula – mula flowchart diawali dengan simbol terminator mulai

  2. Kemudian pada flowchart terdapat simbol input untuk menginputkan panjang dan lebar (disimbolkan dengan p dan l)

  3. Proses utama perhitungan keliling dilanjutkan dengan rumus K : 2 x (p+l) / 2 kali jumlah panjang dan lebar, nilai keliling dimasukkan kedalam satu variabel abjad K

  4. Setelah proses selesai hasil simpulan keliling akan ditampilkan (output) pada program

  5. Proses perhitungan keliling sukses


Masih banyak pola lainnya mengenai flowchart yang anda sanggup mencari rujukan sendiri di buku atau internet. Dari klarifikasi di atas bahwa pengertian flowchart ialah diagram yang menggambarkan alur proses dari kegiatan yang ada semoga persoalan yang dihadapi sanggup terselesaikan. Semoga goresan pena kami mengenai pengertian flowchart dan pola penerapannya bermanfaat bagi anda.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com