Wednesday, July 18, 2018

√ Selusin Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan

Manfaat buah plum bagi kesehatan sangatlah bermacam-macam mulai dari mengobati diabetes, sebagai antioksidan, mencegah osteoporosis, melancarkan pencernaan, meningkatkan kognisi, merawat kesehatan sistem saraf, mengatur kadar kolesterol hingga baik bagi ibu hamil.


Go DokPlum yaitu buah lembap dan sangat enak yang tergolong pada genus Prunus dari keluarga Rosaceae. Mereka ada dalam banyak sekali warna dan bentuk dengan lebih dari 2000 varietas yang berbeda. Secara luas, plum dibagi menjadi tiga kelompok: Eropa-Asia (Prunus domestica), Jepang (Prunus salicina), dan Damson (Prunus insistitia).


Buah yang pohonnya mempunyai tinggi sekitar 10-15 meter ini mengandung banyak sekali komponen kesehatan menyerupai vitamin dan mineral. Mereka yaitu sumber terbaik dari  vitamin A, vitamin C (ascorbic acid), folat, vitamin K (phylloquinone), vitamin B1 (thiamine), B2 (riboflavin), B3 (niacin), vitamin B6, dan vitamin E (alpha-tocopherol).


Mineral yang ada di dalamnya termasuk potasium, fluoride, fosfor, magnesium, besi, kalsium, dan seng. Buah yang disebut prune apabila dikeringkan ini juga mengandung serat dan memperlihatkan kalori yang sangat rendah tanpa lemak berbahaya. Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh plum tentu saja sangat bermanfaat bagi kesehatan.


Berikut ini beberapa manfaat buah plum bagi  kesehatan Anda:


1. Sebagai antioksidan


Buah ini mengandung vitamin C dan fitonutrien menyerupai lutein, cryptoxanthin, zeaxanthin, neochlorogenic, dan asam klorogenik.


Komponen tersebut mempunyai kualitas antioksidan efektif yang bantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh oksigen radikal berjulukan superoxide anion radicals.


Fenol yang terdapat pada plum juga melebarkan imbas protektif mereka pada lemak esensial di dalam neuron dan membran sel dalam melawan cedera apa pun yang disebabkan oleh stres.


 2. Mengobati obesitas


Manfaat buah plum bagi kesehatan selanjutnya baik untuk mengobati obesitas. Ekstrak plum sangat berharga untuk mengobati obesitas dan komplikasi lain yang diasosiasikan dengan obesitas.


Penelitian memperlihatkan konsumsi buah plum bantu melawan sindrom metabolik lantaran keberadaan senyawa bioaktif. Komponen flavonoid dan fenolik menyerupai antosianin, asam klorogenik, kuersetin, dan katekin yang ada di dalamnya mendesak imbas anti obesitas dan anti peradangan pada sel, termasuk sel lemak.


3. Mencegah osteoporosis


Flavonoid yang terdapat pada plum mengandung asam kafeik dan rutin yang hadir untuk bantu menghambat kerusakan jaringan tulang dan mencegah penyakit menyerupai osteoporosis pada wanita pasca menopause.


Polifenol mendorong gugusan tulang, memperbaiki kepadatannya, dan mencegah tulang keropos yang disebabkan oleh kurangnya hormon yang diproduksi ovarium. Penelitian telah memperlihatkan kalau konsumsi rutin plum kering membantu restorasi kepadatan tulang yang telah hilang lantaran penuaan.


4. Melancarkan pencernaan


Plum yaitu sumber serat yang baik. Ia juga mengandung komponen sorbitol dan isatin yang bantu mengatur sistem pencernaan. Sorbitol dan isatin mempunyai imbas laksatif dan mendorong pengeluaran cairan dalam perut dan meningkatkan efisiensi pembuangan kotoran melalui usus.


5. Meningkatkan kognisi


Penelitian memperlihatkan kalau flavonoid yang terdapat pada sari buah plum efektif dalam menyediakan sumbangan melawan gangguan kognitif terkait usia. Manfaat fitonutrien yang terdapat di buah plum bantu kurangi peradangan pada area neurologis hingga meningkatkan fungsi mencar ilmu dan ingatan.


Manfaat buah plum bagi kesehatan kalau dikonsumsi secara rutin juga dapat bantu mencegah penyakit neurodegeneratif terkait usia menyerupai penyakit Alzheimer dan Parkinson.


6. Merawat kesehatan sistem saraf


Plum mengandung vitamin B6 yang membantu dalam transmisi sinyal saraf dan memastikan kelancaran fungsi sistem saraf. Mereka juga membantu pertumbuhan normal otak dan pembentukan hormon yang memengaruhi suasana hati.


Tryptophan, asam amino yang terdapat di dalamnya, membantu produksi serotonin bagi neurotransmitter yang memainkan tugas penting dalam memperbaiki tidur, nafsu makan, dan konsentrasi.


7. Meningkatkan kekebalan tubuh


Plum bermanfaat dalam memperkuat pertahanan kekebalan badan lantaran kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin ini meningkatkan ketahanan badan pada abuh dan peradangan.


Penelitian pada 2007 memperlihatkan kalau plum mempunyai unsur imunostimulan yang mendorong produksi oksida nitrat dalam tubuh. Sehingga plum menghambat metastasis sel tumor dan sangat berkhasiat dalam mencegah banyak sekali penyakit.


8. Mengatur kadar kolesterol


Plum yang dikeringkan atau prune bantu mencegah hiperkolesterolemia dan hiperlipidemia. Sebuah studi komparatif telah menandakan kemanjuran prune dibanding sari buah anggur dalam memelihara kadar sehat dari plasma dan kolesterol hati.


Kandungan serat di dalamnya juga menambah imbas sumbangan jantung dengan mengurangi LDL atau kolesterol jahat dan bantu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik.


9. Meningkatkan kesehatan sel


Buah berwarna ungu renta ini mengandung mineral esensial menyerupai besi dan tembaga yang membantu pembentukan sel darah merah dan memfasilitasi pencucian darah dan sirkulasi yang sehat.


Kandungan tembaga di dalam plum bertindak sebagai antioksidan dan penting untuk kesehatan syaraf dan pembentukan kolagen. Konsumsi tembaga juga bantu perembesan besi dan mencegah banyak sekali penyakit menyerupai anemia dan osteoartritis.


10. Baik untuk kehamilan


Ahli gizi merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya 2-3 porsi plum organik sekali dalam seminggu selama kehamilan. Ia yaitu salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi dan manfaat kesehatan sehingga inilah sebabnya para calon ibu harus memasukkan plum ke diet mereka.


Manfaat buah plum bagi kesehatan ibu hamil kalau dikonsumsi secara rutin akan meningkatkan perkembangan yang sehat bagi janin serta mengurangi risiko yang terkait dengan penyakit bawaan.


Plum juga akan menguatkan badan dengan memperbaiki penglihatan, tulang, kesehatan sel, dan lain-lain. Diperkaya dengan antioksidan, plum sanggup mengusir banyak sekali abuh dengan meningkatkan kekebalan tubuh selama kehamilan.


11. Melawan sel kanker


Anda sanggup mencegah kemunculan banyak sekali jenis kanker termasuk kanker payudara dan hati dengan mengonsumsi plum organik secara rutin. Plum yaitu gudangnya antioksidan yang penting untuk mengurangi radikal bebas dan stres oksidatif.


12. Meningkatkan metabolisme


Manfaat buah plum bagi kesehatan terakhir bisa meningkatkan metabolisme. Ia mengatakan kadar serat yang cukup untuk bantu membuang racun dari dalam badan Anda. Prosedurnya sendiri akan meningkatkan metabolisme secara natural. Ketika metabolisme berfungsi dengan baik, ia akan berdampak faktual secara keseluruhan pada kesehatan Anda.


Plum yaitu buah yang sangat bernutrisi. Ia yaitu sumber yang tepat untuk vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Tidak berlebihan rasanya kalau plum disebut sebagai buah absurd lantaran mengandung manfaat kesehatan yang banyak.


Untuk mencicipi manfaat buah plum bagi kesehatan badan Anda, Mulailah mengonsuminya, ya!


 


Baca juga:



Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.


 



Sumber https://www.go-dok.comm