Monday, July 2, 2018

√ Ancaman Tidur Tengkurap Bagi Kesehatan Anda

Bahaya tidur tengkurap yang akan Anda rasakan nyeri di banyak sekali area tubuh, terutama di belahan tulang belakang dan punggung, Selain itu, tidur tengkurap juga biasanya menyebabkan rasa sakit dan kekakuan pada area leher dan ancaman khusus bagi ibu hamil.


Go DokSetiap orang tentunya mempunyai satu posisi tidur terfavorit yang selalu diterapkan setiap malamnya, tidak terkecuali Anda. Ini yaitu hal yang umum. Namun, jikalau posisi tidur favorit Anda yaitu tengkurap, maka Anda harus ekstra berhati-hati.


Sebab, dibandingkan gaya tidur lainnya, posisi tengkurap yaitu yang paling berbahaya bagi kesehatan. Mau tahu apa saja ancaman tidur tengkurap bagi kesehatan Anda? Yuk, simak klarifikasi lengkapnya berikut ini!


Bahaya tidur tengkurap bagi punggung dan tulang belakang


Tahukah Anda, bahwa kebanyakan orang yang tidur tengkurap mengalami rasa nyeri di banyak sekali area tubuh, terutama di belahan tulang belakang dan punggung. Rasa sakit dan nyeri yang dilami ketika tidur dalam posisi ini artinya Anda juga akan lebih gampang terbangun di malam hari. Hasilnya, kualitas tidur Anda juga akan terganggu dan Anda akan merasa lelah serta kurang istirahat ketika berdiri di pagi harinya.


Dilansir dari Mayo Clinic, tidur dengan posisi tengkurap artinya Anda menempatkan ketegangan di belahan tulang belakang dan punggung. Hal ini dikarenakan sebagian besar berat tubuh Anda terletak di belahan tengah tubuh. Hasilnya, akan sulit bagi Anda untuk tetap mempertahankan posisi tulang belakang yang netral ketika tidur tengkurap.


Tekanan pada tulang belakang Anda juga akan meningkatkan tekanan pada belahan struktur tubuh lainnya. Selain itu, alasannya yaitu tulang belakang yang memanjang merupakan semacam ajaran pipa bagi syaraf-syaraf tubuh Anda, maka tekanan di belahan tersebut sanggup menyebabkan rasa sakit di area tubuh belahan manapun.


 Selain itu, Bahaya tidur tengkurap yang akan Anda alami mencicipi sensasi geli, kesemutan, dan kekakuan pada beberapa belahan tubuh ketika terbangun.


Bahaya bagi area leher


Selain berakibat jelek bagi tulang belakang, ancaman tidur tengkurap juga biasanya menyebabkan rasa sakit dan kekakuan pada area leher. Pasalnya, ketika tidur dengan posisi tengkurap, otomatis Anda harus memiringkan kepala Anda ke salah satu sisi (kanan atau kiri) supaya sanggup bernafas dengan lancar. Hal ini kemudian akan menyebabkan leher Anda terpelintir ke salah satu sisi, serta menempatkan tulang belakang dan kepala dalam posisi yang tidak sesuai.


Hasilnya, bagian-bagian tersebut sanggup saja mengalami kerusakan yang lebih parah ketika hal ini Anda alami terus menerus. Selain itu, posisi tidur tengkurap juga sanggup menyebabkan Anda mengalami suatu gangguan kesehatan pada leher, yang disebut herniated disk. Kondisi ini muncul ketika saraf tulang belakang bergeser sampai menyebabkan pecahnya gelatin di dalam, dan mengiritasi saraf Anda. Kondisi ini membutuhkan waktu usang untuk sembuh, dan sanggup menjadi sangat menyakitkan.


Bahaya khusus bagi ibu hamil


Apa ancaman tidur tengkurap untuk ibu hamil? Saat Anda tidur untuk dua orang –Anda dan janin dalam kandungan-, otomatis Anda membutuhkan kualitas tidur yang terbaik. Nah, hal ini tidak akan tercapai ketika Anda tidur dalam posisi tengkurap, di usia berapapun kehamilan Anda berlangsung. Berat tubuh ekstra yang Anda miliki ketika hamil juga akan menambah tekanan pada tulang punggung, yang diperparah dengan tidur tengkurap.


Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012 menunjukkan bahwa posisi tidur terbaik ketika hamil yaitu tidur menyamping. Posisi ini akan memperlancar peredaran darah dan menyediakan level oksigen secara optimal bagi bayi di dalam kandungan. Sebaliknya, ketika tidur tengkurap, peredaran darah tidak berjalan lancar dan asupan oksigen untuk bayi otomatis menjadi berkurang.


Nah, itu beliau beberapa ancaman tidur tengkurap untuk kesehatan Anda. Jadi, apakah sudah saatnya menentukan posisi tidur lain sebagai yang terfavorit? Silakan putuskan!


 


Baca juga:



Konsultasi kesehatan sekarang sanggup eksklusif lewat gadget Anda. Download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.


SF/JJ/MA



Referensi




Sumber https://www.go-dok.comm