Saturday, June 30, 2018

Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Para ibu-ibu yang sedang hamil, sudahkah kalian memperhatikan makanan yang kalian makan? Atau teladan makan kalian masih asal-asalan sama ibarat ketika belum berbadan dua? Menjaga teladan makan dan memperhatikan asupan makanan bagi ibu hamil sangatlah penting lho mom. Pasalnya akan berdampak pada pertumbuhan janin yang ada dalam kandunganmu.


Namun tak bisa dipungkiri kalau kebanyakan ibu-ibu niscaya akan merasa mual dan sering muntah-muntah pada awal-awal kehamilan, sehingga menciptakan kebanyakan ibu-ibu hamil kehilangan nafsu makan mereka. Padahal Ibu hamil harus tetap makan makanan yang nutrisinya tepat, alasannya yaitu akan berdampak pada janin yang dilahirkannya.


Tapi sebagai calon wonder mom untuk anak-anakmu kelak, kau nggak boleh kalah dengan rasa mual tersebut. Jangan pantang mengalah untuk mengatur gizi makanan sehari-hari. Meskipun terdengar sedikit ribet, tapi dalam menentukan makanan untuk ibu hamil dihentikan sembarangan. Hamil bukan berarti bisa mengonsumsi semua jenis makanan dan makan dengan seenaknya.


Jangan percaya mitos bahwa ibu hamil harus makan 2 kali lipat alasannya yaitu sedang berbadan dua. Yang benar adalah, makanlah 2 kali lebih bergizi, bukan 2 kali lebih banyak.


Bila kita makan sembarang dan berlebihan, asupan kalori yang kelebihan akan menciptakan tubuh kegemukan. Ibu hamil yang gemuk belum tentu melahirkan bayi gemuk pula. Akhirnya justru kau akan kesulitan menurunkan berat tubuh sehabis melahirkan nanti.


Untuk itu, penting halnya untuk memperhatikan makanan sehat yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil. Nah, berikut ini Blog Unik akan membagikan info mengenai jenis-jenis makanan sehat yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil. Kira-kira apa saja? Berikut ulasannya!


1. Telur


 sudahkah kalian memperhatikan makanan yang kalian makan Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil


photo via today.com




class="adsbygoogle"
style="background:none;display:inline-block;width:300px;height:600px;max-width:100%;"
data-ad-client="ca-pub-9314037868717527"
data-ad-slot="3133381919"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">



Mungkin tak semua orang menyukai telur, tapi buat para ibu-ibu yang sedang hamil, telur yaitu salah satu makanan yang wajib untuk dikonsumsi. Pasalnya telur kaya akan omega 3. Selain itu merupakan sumber folat, zat besi dan juga kolin. Kolin ini sangat baik untuk perkembangan otak dan membantu mengurangi resiko cacat saraf pada janin.


Telur ini sangat direkomendasikan buat para ibu hamil yang sudah memasuki trimester kedua dan ketiga. Kamupun sanggup mengonsumsinya dengan cara direbus ataupun digoreng, sesuai selera asalkan jangan mentah. Agar semua keuntungannya bisa didapatkan, kau harus memakan semua bagiannya baik potongan putih ataupun potongan kuning atau sari telurnya, tapi ingat jangan berlebihan dalam mengkonsumsi telur.


2. Ubi


 sudahkah kalian memperhatikan makanan yang kalian makan Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil


photo via teen.co.id


Setelah telur, para ibu hamil juga direkomendasikan untuk memakan ubi. Pasalnya ubi merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil. Ubi penuh dengan serat bergisi dan juga mengandung vitamin B6, potasium, vitamin C, zat besi, serta beta-karoten. Kandungan yang terdapat dalam ubi ini baik untuk perkembangan mata, tulang, dan kulit bayi.Bahkan sanggup memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh. kau bisa mengolahnya dengan cara direbus ataupun digoreng dan mengkonsumsinya setiap pagi sebagai sajian sarapan.


3. Kacang-kacangan


 sudahkah kalian memperhatikan makanan yang kalian makan Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil


photo via bobo.grid.id


Selain itu, mengkonsumsi kacang-kacangan juga sangat baik bagi ibu hamil muda. Pasalnya selama masa kehamilan, keseringan beberapa wanita mengalami duduk kasus pencernaan ibarat wasir atau konstipasi (susah BAB). Untuk itu, kau disarankan untuk banyak-banyak mengkonsumsi kacang-kacangan alasannya yaitu banyak mengandung serat.


Selain mengandung serat yang baik untuk pencernaan, makanan sehat untuk ibu hamil ini juga diperkaya dengan zat kalsium, folat, zat besi, dan seng. Jenis kacang-kacangan ibarat kedelai, kacang polong dan kacang tanah mengandung asam folat, protein dan kalsium yang mempunyai kegunaan untuk mengurangi risiko penyakit dan cacat pada bayi ketika dilahirkan.


4. Daging tanpa lemak


 sudahkah kalian memperhatikan makanan yang kalian makan Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil


photo via edesmeats.com


Buat para ibu-ibu muda yang sedang hamil, selain telur, daging tanpa lemak juga merupakan sumber protein yang baik untuk kesehatan janin dan juga buat kesehatan sang ibu. Ibu hamil sangat membutuhkan protein untuk pertumbuhan bayi dan memastikan otot-ototnya berkembang dengan baik. Daging tanpa lemak ini juga membantu menyuplai takaran vitamin B6 yang baik untuk pertumbuhan jaringan dan otak bayi. Terdapat vitamin B12 juga yang fungsinya membantu menjaga kesehatan syaraf dan sel darah merah. Selain itu daging ibarat daging sapi juga mengandung zat besi, kolin,dan vitamin B lainnya yang dibutuhkan dalam jumlah yang tinggi selama masa kehamilan. Wanita hamil membutuhkan lebih banyak zat besi, alasannya yaitu volume darah mereka meningkat, khususnya pada trimester ketiga.


5. Oatmeal


 sudahkah kalian memperhatikan makanan yang kalian makan Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil


photo via frommybowl.com


Buat kau yang terbiasa sarapan dengan sereal, ada baiknya sajian sarapanmu ketika hamil diganti dengan oatmel. Pasalnya, oatmeal kaya akan serat, protein, dan vitamin B6. Mengkonsumsi semangkuk makanan sehat berupa oatmeal untuk sarapan pagi hari akan memperlihatkan energi ekstra. Apalagi ketika kau sedang merasa lelang atau mual-mual alasannya yaitu morning sicknes. Nutrisi yang dikandung oatmeal ini juga baik untuk perkembangan bayi. Selain itu oatmel juga merupakan sumber karbohidrat yang kaya akan serat, vitamin B, zat besi, potasium dan mineral lainnya. Serat yang terdapat pada oatmel sanggup membantu para ibu hamil untuk melancarkan pencernaan.


6. Ikan salmon


 sudahkah kalian memperhatikan makanan yang kalian makan Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil




class="adsbygoogle"
style="background:none;display:inline-block;width:300px;height:250px;max-width:100%;"
data-ad-client="ca-pub-9314037868717527"
data-ad-slot="3892123021"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">



photo via wap.mi.baca.co.id


Buat para pecinta sushi, ikan salmon mungkin sudah nggak abnormal lagi. Ikan yang lembut dan enak ini memang bisa menciptakan siapa saja ketagihan untuk memakannya. Selain enak, ikan salmon juga merupakan sumber asam lemak omega-3 dan protein yang sangat baik untuk makanan sehat bagi ibu hamil.


Asam lemak omega-3 (alias DHA dan EPA) dalam ikan ini, membantu otak bayi untuk berkembang serta meningkatkan keterampilan motorik, dan mengurangi risiko duduk kasus neurologis pada bayi di kemudian hari. Kandungan pada ikan salmon ini juga bisa meningkatkan IQ pada bayi dikemudian hari. Untuk itu, ibu-ibu hamil sangat disarankan untuk makan ikan salmon setiap minggunya. Kamu bisa memasak salmon dengan cara merebus. Hindari penggunaan MSG atau materi kimia lain ketika mengolah salmon. Selain itu hindari mengonsumsi salmon mentah, alasannya yaitu kemungkinan adanya kontaminasi kuman pada makanan mentah.


7. Gandum


 sudahkah kalian memperhatikan makanan yang kalian makan Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil


photo via 1health.id


Lengkapi juga kebutuhan karbohidratmu dengan mengkonsumsi gandum. Gandum merupakan sumber makanan sehat untuk ibu hamil yang mengandung serat, vitamin E, serta selenium yang sangat anggun untuk membantu perkembangan janin di perut. Gandum juga sanggup menguragi risiko obesitas dan diabetes ketika masa kehamilan. Kandungan serat pada gandum juga sanggup membantu proses pencernaan dan mengurangi konstipasi serta diare.


8. Brokoli dan sayuran hijau lainnya


 sudahkah kalian memperhatikan makanan yang kalian makan Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil


photo via yourgrocer.com.au


Ibu hamil juga memerlukan makanan sehat berupa sayur-sayuran. Salah satu sayuran yang direkomendasikan untuk ibu hamil yaitu brokoli. Pasalnya brokoli mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandung. Nutrisi yang terdapat pada brokoli ibarat zat besi, asam folat, dan kasium Kandungan zat besi yang terdapat pada brokoli contohnya bermanfaat dalam mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil. Selain itu, kandungan asam folat pada brokoli juga bermanfaat dalam melindungi bayi dari kelainan tulang belakang dan cacat tabung syaraf.


Selain brokoli, para ibu hamil juga sanggup mengkonsumsi sayuran hijau lainnya sebagai makanan sehat untuk ibu hamil alasannya yaitu banyak mengandung serat, vitamin C, K, A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium. Selain brokoli, sayuran hijau yang bisa ibu hamil konsumsi yaitu bayam, sawi hijau, asparagus, kangkung dan lain-lain.


9. Buah-buahan


 sudahkah kalian memperhatikan makanan yang kalian makan Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil


photo via cookinglight.com


Selain sayur-sayuran hijau, ibu hamil juga diwajibkan untuk rutin mengkonsumsi buah-buahan. Mengkonsumsi buah-buahan ibarat alpukat, delima, majemuk buah berries, jambu, pisang dan apel sangat baik untuk perumbuhan bayi didalam kandungan. Sebab, Buah mengandung banyak sekali vitamin, mineral dan anti oksidan.


Seperti pisang misalnya, mengandung potasium yang tinggi dan sanggup membantu menurunkan tekanan darah. Potasium juga membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam sel-sel tubuh kamu. Pisang juga mengandung vitamin B6 yang diharapkan dalam metabolisme protein, lemak dan karbohidrat.Vitamin B6 yang terkandung pada pisang juga sanggup membantu meredakan mual dan muntah.


Selain itu, menkonsumsi majemuk buah berries secara rutin juga sanggup menciptakan kulit bayi tetap sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh pada anak. Pasalnya buah berries mengandung banyak vitamin C yang baik untuk perkembangan kulit dan daya tahan tubuh bayi.


Nah buah para ibu hamil yang kurang suka dengan buah, kau bisa mengolahnya menjadi jus. Seperti jus jeruk misalnya. Jus jeruk ini mengandung folat, kalium, dan vitamin C. Nutrisi pada jus jeruk ini sanggup mencegah cacat lahir di awal kehamilan, dan memastikan kehamilan yang sehat setelahnya. Kalium yang dikandungnya juga penting untuk menjaga fungsi otot, metabolisme, dan kesehatan selama hamil. Selain itu, sanggup membantu tubuhmenyerap zat besi, serta menjaga gigi dan tulang semoga tetap berpengaruh dan sehat.


10. Produk susu


 sudahkah kalian memperhatikan makanan yang kalian makan Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil


photo via klikdokter.com


Makanan sehat untuk ibu hamil selanjutnya yaitu produk susu. Susu mengandung aneka vitamin ibarat vitamin B, magnesium dan zat besi. Melalui minum susu, tulang bayi dan ibu tetap terjaga dan kuat. Adapula kandungan probiotik sehingga kandungan juga terhindari dari bakteri, zat anti alergi dan infeksi. Kaprikornus nggak heran kenapa banyak ibu-ibu hamil diwajibkan untuk meminum susu khusus ibu hamil.


Selain itu produk olahan susu lainnya ibarat yogurt juga bisa menjadi salah satu makanan sehat yang wajib dikonsumsi untuk ibu hamil. Pasalnya yogurt kaya akan kalsium yang membantu pembentukan tulang pada bayi serta menjaga kesehatan tulang ibu.


Plain yogurt mengandung sedikit lebih banyak kalsium daripada susu. Ditambah lagi, yogurt kaya nutrisi penting ibarat vitamin B dan zat besi. Kalsium sangat penting untuk menjaga tulang dan gigi tetap sehat.


Nah itu beliau beberapa rekomendasi makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Buat para ibu hamil tetaplah semangat untuk memperlihatkan nutrisi yang terbaik untuk bayi dalam perut kalian. Semoga artikel kali ini bermanfaat.



Sumber http://blogunik.com