Tuesday, June 26, 2018

√ Pengaruh Cuaca Terhadap Suasana Hati Seseorang

Akan ada efek cuaca terhadap suasana hati seseorang, contohnya ketika cuaca mulai menggelap dan muram, beberapa orang rentan merasa kesepian atau sedih. Rasa percaya diri sanggup menurun, dan suasana hati sanggup bermetamorfosis lebih sendu saat tengah hujan.


Go Dok Musim penghujan sering kali diidentikkan dengan kemuraman dan kesenduan. Cuaca yang cenderung hirau taacuh serta kelabu tidak jarang menciptakan kita ingin menyendiri atau justru menciptakan bersedih. Namun, apakah cuaca benar-benar mempunyai efek terhadap suasana hati seseorang? Bagaimana bisa?


Berikut penjelasan seputar efek cuaca terhadap suasana hati seseorang!


Cuaca dan Suasana hati


Menurut sebuah studi, nyaris 9% populasi membenci hujan dikarenakan mereka merasa lebih murka dan tidak senang di kala ekspresi dominan hujan. Seorang psikolog klinis di San Fransisco, Tecsia Evans, Ph.D., mengungkapkan bahwa saat cuaca mulai menggelap dan muram, beberapa orang rentan merasa kesepian atau sedih. Rasa percaya diri sanggup menurun, dan suasana hati sanggup bermetamorfosis lebih sendu saat tengah hujan.


Pada tahun 1974, sebuah studi yang melibatkan 16.000 pelajar di Kota Basel, Swiss, mengungkapkan bahwa 18% responden pria dan 29% responden wanita mempunyai respon negatif terhadap kondisi cuaca tertentu, menyerupai adanya tanda-tanda pening, suasana hati tidak menyenangkan, kekesalan, dan pusing.


Di samping itu, berdasarkan sebuah penelitian dalam British Journal of Psychology, kelembapan, suhu, dan waktu adanya matahari menunjukkan efek paling besar terhadap suasana hati. Tingkat kelembapan yang tinggi, misalnya, menurunkan tingkat konsentrasi dan meningkatkan kantuk.


Cuaca panas dan hujan lebat bersahabat kaitannya dengan keagresifan manusia. Para peneliti menemukan bahwa saat suhu meningkat, konflik pun menjadi semakin banyak, yaitu naik sampai 14%, begitu pula dengan adanya kekerasan yang meningkat sampai 4%. Hal ini tidak hanya berlaku pada suhu panas saja, tetapi juga saat hujan turun cukup lebat. Semakin lebat hujan, semakin berangasan orang-orang dibuatnya. Namun, fenomena  ini masih belum terang penyebabnya.


Di potongan dunia yang mempunyai empat musim, ekspresi dominan semi dan ekspresi dominan panas yaitu ekspresi dominan yang menciptakan orang-orang depresi semakin kehilangan harapan. Koskinen, dkk., menemukan bahwa para pegawai lapangan lebih berisiko untuk melaksanakan bunuh diri pada ekspresi dominan semi dibandingkan dengan ekspresi dominan dingin. Ternyata, cukup signifikan juga, ya, pengaruhnya?


Jenis personalitas cuaca


Para peneliti menjelaskan beberapa jenis reaktivitas cuaca dengan menghubungkan suasana hati orang-orang selama 30 hari, beserta data objektif cuaca (Emotion, 2011). Hasilnya, terdapat empat jenis personalitas berbeda untuk reaksi terhadap cuaca, yaitu sebagai berikut:


1. Pecinta musim panas


Orang dengan jenis personalitas cuaca ini mempunyai sifat yang lebih bahagia, tidak takut, dan tidak begitu gampang murka pada hari yang lebih cerah dan panas. Pada jam-jam hujan, biasanya mereka akan kurang senang dan lebih cemas serta marah.


2. Pembenci musim panas


Sebaliknya, orang dengan jenis personalitas  ini justru kurang bahagia, lebih ketakutan, dan gampang murka saat suhu dan persentase sinar matahari lebih tinggi. Pada jam-jam hujan, mereka lebih bahagia, tidak takut, dan tidak gampang marah.


3. Unaffected(Netral)


Orang dengan personalitas ini tidak mencicipi efek cuaca terhadap dirinya, atau hanya mencicipi sedikit efek saja.


4. Pembenci hujan


Suasana hati para pembenci hujan biasanya akan jelek saat hujan turun. Mereka akan lebih gampang murka dan kurang bahagia. Di sisi lain, pada hari-hari cerah dengan suhu lebih tinggi, mereka menjadi lebih bahagia, tetapi tidak begitu gampang marah.


Akan tetapi, objek penelitian tersebut yaitu para dewasa di Belanda. Jadi, kita tidak sanggup memastikan bahwa fenomena serupa juga terjadi di negara lain, dengan orang-orang yang berbeda.


Nah, itu ia klarifikasi wacana efek cuaca terhadap suasana hati kita. Semoga bermanfaat!


 


Baca juga:



Konsultasi kesehatan sekarang sanggup eksklusif lewat gadget Anda. Download aplikasinya Go Dok di sini.



Sumber https://www.go-dok.comm