Tuesday, June 26, 2018

√ Melatih Anak Makan Menggunakan Sendok Dan Garpu Sendiri

Melatih anak makan memakai sendok dan garpu sendiri sangatlah membutuhkanpraktik dan kesabarah ekstra. Hal pertama yang bisa Anda lakukan dengan mengenalkan sendok dan garpu pada si kecil, bagaimana cara memegang dan menggenggamnya.


Go Dok Ketika memasuki usia balita, si kecil sudah siap untuk diajari makan sendiri. Biasanya, mereka sering kali asyik menyantap masakan memakai tangan, bahkan memberantakannya atau mengakibatkan masakan sebagai mainan.


Melatih si kecil untuk makan memang perlu banyak praktik serta kesabaran. Namun, damai saja, seiring waktu berjalan, si kecil akan lebih gampang untuk diajari makan pakai peralatan makan mirip sendok dan garpu.


Berikut cara melatih anak makanmenggunakan sendok dan garpu sendiri yang bisa Bunda praktikkan!


1. Membiarkan si kecil makan dengan tangan terlebih dahulu


Hindari eksklusif melatih anak makan memakai sendok dan garpu. Sebab, si kecil mungkin belum siap menggunakannya. Oleh alasannya itu, sebaiknya Anda membiarkan si kecil makan dengan tangannya. Biarkan beliau memainkan dan mengenal makanannya. Balita seringnya memilih-milih masakan mereka. Jika beliau tidak menyukai masakan tersebut, beliau tidak akan memakannya.


2. Mengenalkan sendok dan garpu


Sebelum si kecil bisa memakai sendok dan garpu, beliau harus bisa memegang dan menggenggamnya terlebih dahulu. Anda sanggup mengenali kemampuan si kecil dengan melihat apakah beliau sudah bisa mengambil mainan kecil dan barang-barang lainnya sendiri dengan memakai jari alih-alih telapak tangannya.


Jika beliau sudah sanggup melakukannya, bersiaplah untuk melatih anak makan memakai sendok dan garpu . Jika belum, ikutilah tips berikut untuk melatih kemampuannya memakai jari:



  • Rebus wortel atau buncis

  • Potong mentimun ibarat batang

  • Potong keju, pisang, atau pir kecil-kecil.


Kemudian, berikan makanan-makanan tersebut kepada si kecil dan biarkan beliau memakannya memakai tangan. Bantu si kecil untuk mengambil masakan memakai jarinya. Jika sudah terbiasa, Anda bisa mulai mencoba untuk melatihnya makan pakai sendok dan garpu.


3. Latih kontrol motorik


Jika anak masih kesulitan untuk makan memakai sendok dan garpu, artinya kontrol motoriknya masih belum terlatih dengan baik. Untuk mengatasinya, Anda bisa membantunya menggenggam sendok atau garpu, kemudian menyuapinya memakai tangannya yang tengah menggenggam alat makan.


Ingatlah bahwa gusi si kecil masih lembut, maka gunakan alat makan yang lembut juga, serta hindari memberi masakan yang terlalu keras untuk dikunyahnya.


Biasanya, dikala si kecil berumur sekitar 15 bulan, beliau akan mulai bisa menyuapkan sendok ke mulutnya dan menjilatnya. Namun, tetap bimbing dan awasi. Tulang pergelangan tangannya akan mengeras dikala umurnya 18 bulan. Oleh alasannya itu, sebaiknya Anda melatihnya terus sehingga kontrol motoriknya semakin kuat. Bantu si kecil kalau beliau kesulitan menyuapkan masakan memakai sendok.


4. Pentingnya mengajari anak makan sendiri


Kekacauan yang ditimbulkan si kecil dikala makan sendiri, serta kesulitan yang dihadapinya, tidak jarang menciptakan orangtua menentukan untuk tetap menyuapinya. Namun, hal ini bekerjsama kurang tepat. Jika kita membiarkan anak disuapi terus-menerus, beliau tidak akan mempunyai kendali untuk dirinya sendiri.


Anak harus mulai bisa menentukan masakan yang ingin dimakannya, dan seberapa banyak beliau akan memakannya. Hal ini yaitu cara mereka untuk mengetahui gejala internal yang memberi tahu dikala mereka lapar dan dikala mereka kenyang. Anak harus mencar ilmu dan berlatih prosedur makan sendiri.


Nah, itu beliau cara melatih anak makan memakai sendok dan garpu. Semoga membantu!


 


Baca juga:



Konsultasikan persoalan kesehatan anak dengan memakai fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab dengan dokter kandungan pilihan Anda! Segera d0wnl0ad aplikasi kesehatan Go Dok di sini.


VD/JJ/MA



Referensi




Sumber https://www.go-dok.comm