Wednesday, June 27, 2018

√ Ketahui Nama-Nama Ruangan Penting Di Rumah Sakit

Ruangan penting di Rumah Sakit mungkin tidak semua memahami dan mengenalnya dengan baik apalagi ruangan dengan akronim yang membingungkan menyerupai IGD, UGD, ICU, CCU, PACU, CCU, NICU, PICU dan lain sebagainya.


Go Dok Semua orang tahu kalau rumah sakit yaitu tempat untuk berobat ketika mengalami penyakit tertentu atau membutuhkan penanganan cepat pada situasi darurat. Namun, banyak orang tidak tahu perihal nama-nama ruangan atau akronim dari nama ruangan di rumah sakit. Terkadang nama-nama yang berupa akronim ini bisa jadi membingungkan bagi orang awam.


Berikut ini nama-nama ruangan penting di rumah sakit beserta penjelasannya!


 1. UGD atau IGD


Unit Gawat Darurat atau Instalasi Gawat Darurat yaitu bagian ruang penting di Rumah Sakit yang mengkhususkan dalam pengobatan darurat. Ruangan ini menjadi garda perawatan terdepan bagi pasien darurat di rumah sakit. Seseorang biasanya tiba ke UGD memakai ambulans atau kendaraan pribadi.


Dikarenakan penyebab sebuah tragedi yang tidak direncanakan sangat banyak, staf UGD harus bisa mengobati dan merawat bermacam-macam penyakit dan cidera. UGD memang ditunjukkan untuk cidera atau penyakit yang harus segera ditangani atau mengancam nyawa.


Pasien dengan kondisi darurat ini dihentikan dibiarkan menunggu ditangani oleh petugas penyedia layanan kesehatan utama.


2. ICU atau CCU


Intensive Care Unit atau unit perawatan intensif merupakan ruangan penting di rumah sakit untuk pasien dengan penyakit kritis yang dirawat oleh dokter spesialis. ICU juga mungkin disebut sebagai CCU (Critical Care Unit) atau unit perawatan kritis.


Pasien yang dimasukan ke unit ini memerlukan pemantauan ketat dan peralatan khusus. Peralatan ini bisa bermacam-macam tergantung kebutuhan pasien, namun mungkin termasuk ventilator untuk membantu pernapasan pasien sampai mereka cukup stabil untuk bernapas sendiri.


ICU umumnya mempunyai hukum kunjungan yang lebih ketat dari pada ruangan lain di rumah sakit alasannya pasien  membutuhkan istirahat yang lebih usang dan lebih sensitif terhadap keributan dan suara.


3. PACU


Post-Anesthesia Care Unit atau unit pasca bius yaitu unit rumah sakit di mana pasien yang gres menjalani operasi akan dipantau selagi pengaruh obat bius menghilang. Ada pasien yang eksklusif pulang ke rumah sesudah sadar di PACU, ada juga yang dipindahkan dulu ke ICU atau kamar reguler untuk pengamatan lanjutan.


 Ini tergantung pada operasi yang dilakukan dan kondisi pasien sendiri. Kunjungan diperbolehkan di PACU namun hanya sesudah pasien stabil.


4. Ruang Operasi


Ruangan penting di rumah sakit ini terdiri dari ruangan individual dengan peralatan spesifik untuk melaksanakan operasi, termasuk sistem robotik.


Sebuah ruang operasi bisa saja mempunyai peralatan yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan akan kasus tertentu. Hal ini tergantung pada tipe operasi yang akan dilakukan pada pasien.


5. CCU atau CICU


Cardiac/Coronary Care Unit atau Cardiac Intensive Care Unit adalah ICU yang berfokus pada penyakit dan operasi yang bekerjasama dengan jantung.


Jenis pasien yang terlihat di sebuah CCU tergantung pada jadwal bagi penderita penyakit jantung yang disediakan oleh rumah sakit. Pasien yang menderita kardiomiopati akut, penyakit jantung valvular, dan aritmia juga dirawat di unit ini.


6. NICU


Neonatal Intensive Care Unit atau unit perawatan intensif untuk bayi gres lahir berfokus pada bayi dengan informasi kesehatan yang membutuhkan perhatian dan pemantauan khusus tingkat tinggi.


Di NICU, seorang perawat mungkin akan menghadapi bayi prematur dan bayi dengan berat lahir rendah, bayi dengan spina bifida atau cacat lahir lain, dan kondisi lainnya.


7. PICU


Pediatric Intensive Care Unit berfungsi sama menyerupai ICU untuk orang dewasa. Namun PICU mengkhususkan pada pengobatan bagi anak-anak. Unit ini sanggup ditemukan di dalam rumah sakit anak atau rumah sakit daerah. P


erlu diketahui, tidak semua rumah sakit mempunyai kemampuan untuk mengobati pasien anak. Sehingga mereka mungkin perlu dirujuk ke kemudahan kesehatan  yang lebih lengkap.


Dengan mengetahui beberapa ruangan penting di rumah sakit, ke depannya dibutuhkan Anda tidak perlu kebingungan lagi bila perawat atau dokter menyebutkan akronim dari nama-nama ruangan di atas.


Anda juga nantinya bisa terlihat mempunyai wawasan luas bila mengetahui aneka macam nama dan fungsi dari ruangan-ruangan di rumah sakit.


 


Baca juga:



Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.



YS/JJ/MA



Referensi




Sumber https://www.go-dok.comm