Monday, June 25, 2018

Kelebihan Dan Kekurangan Topologi Jaringan Star Dan Mesh

Jaringan komputer yang merupakan komponen penting dalam menghubungkan antara satu komputer dengan yang lainnya, baik itu lokal maupun internet tentu mempunyai banyak sekali macam bentuk dan jenis. Untuk tiap – tiap jenis topologi jaringan juga mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing. Dalam jaringan komputer dikenal banyak topologi jaringan yang digunakan, namun pada pembahasan kali ini  kami akan membahas mengenai salah satu jenis topologi jaringan komputer beserta kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dan kekurangan topologi jaringan star dan mesh ialah topik dari goresan pena kami kali ini.


Kedua topologi ini merupakan salah satu topologi yang cukup terkenal dipakai pada jaringan komputer. Namun masing – masing mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing dalam penggunaanya.


Pengertian Topologi Jaringan Star dan Mesh


Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan topologi jaringan star dan mesh, kami akan membahas sedikit definisi dari kedua topologi jaringan  tersebut.




  • Topologi Jaringan Star




Topologi jaringan ini merupakan topologi jaringan yang berpusat pada satu titik (node tengah) yang disebar ke node pengguna. Bentuk toplogi ini memakai node tengah (berupa switch / hub) yang mengembangkan jaringannya ke komputer pengguna masing – masing. Topologi star merupakan salah satu topologi jaringan dengan biaya menengah sampai tinggi. Komputer dalam jaringan ini terhubung dengan hub atau switch bukan secara pribadi menyerupai topologi peer to peer atau mesh.




  • Topologi Jaringan Mesh




Topologi mesh menghubungkan setiap komputer secara point-to-point atau client  ke client. Artinya semua komputer akan saling terhubung satu-satu antar komputer sehingga tidak sanggup dijumpai jaringan yang putus. Topologi ini  biasanya dijumpai pada instalasi atau lokasi yang penting, contohnya pada instalasi jaringan di pembangkit listrik. Topologi mesh juga disebut dengan topologi jala atau adonan dari topologi ring dan star.


Baca juga artikel menarik lainnya :



Kelebihan dan Kekurangan Topologi  Jaringan Star


Jaringan komputer yang merupakan komponen penting dalam menghubungkan antara satu komputer Kelebihan dan Kekurangan Topologi Jaringan Star dan Mesh


Jaringan star dengan bentuk menyerupai pada poin sebelumnya mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan, antara lain sebagai berikut :


a. Kelebihan Topologi Jaringan Star



  • Mudah mendeteksi kerusakan pada satu komputer dalam jaringan

  • Mudah dalam menambah komputer gres tanpa mengganggu jaringan komputer yang sudah ada

  • Bersifat fleksibel dan mempunyai keamanan jaringan yang cukup tinggi


b. Kekurangan Topologi Jaringan Star



  • Apabila node tengah mengalami dilema maka jaringan akan otomatis lumpuh total / ikut bermasalah

  • Biaya cukup tinggi apabila jaringan cukup besar alasannya ialah memerlukan banyak perangkat dan kabel

  • Kestabilan jaringan tergantung pada terminal tengah / pusat.


Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Mesh


Jaringan komputer yang merupakan komponen penting dalam menghubungkan antara satu komputer Kelebihan dan Kekurangan Topologi Jaringan Star dan Mesh


Seperti pada topologi jaringan star, topologi jaringan mesh juga mempunyai kelebihan dan kekurangan yang ada, antara lain sebagai berikut :


a. Kelebihan Topologi Jaringan Mesh



  • Cepat dalam melaksanakan pengiriman data alasannya ialah bila komputer satu bermasalah maka komputer lain tidak terganggu

  • Bandwidth yang dipakai cukup luas

  • Memiliki keamanan data yang cukup tinggi


b. Kekurangan Topologi Jaringan Mesh



  • Memiliki tingkat instalasi yang cukup rumit dibanding topologi jaringan yang lain

  • Biaya cukup tinggi dikarenakan faktor kerumitan instalasi jaringan

  • Biaya pemasangan cukup besar dan butuh banyak port dan kabel


Topologi jaringan star dan mesh memang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing. Namun bila anda ingin membangun jaringan dengan kondisi yang sesuai dengan topologi di atas tidak ada salahnya membangun jaringan dengan topologi star atau mesh. Demikian goresan pena kami mengenai kelebihan dan kekurangan toplogi jaringan star dan mesh, agar menambah wawasan anda.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com