Friday, June 29, 2018

√ 6 Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus Pada Tumbuhan

Selain pada hewan, virus ternyata juga sanggup melaksanakan bisul pada tumbuhan. Virus Tobacco Mozaik Virus pada tumbuhan tembakau yang menjadi asal permintaan sejarah inovasi virus misalnya, merupakan salah satu pola terjadinya bisul organisme ini pada kingdom plantae. Selain pola tersebut, berikut ini kami telah merangkum beberapa pola lain dari penyakit yang disebabkan oleh virus pada tumbuhan. Silakan disimak!

Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus Pada Tumbuhan

Ada 6 pola penyakit yang disebabkan oleh virus pada tumbuhan yang kami bahas pada kesempatan kali ini. Keenam penyakit tersebut antara lain penyakit mozaik, penyakit yellows, penyakit daun menggulung, penyakit degenerasi jeruk, tungro pada padi, dan penyakit VSD pada kakao.

 virus ternyata juga sanggup melaksanakan bisul pada tumbuhan √ 6 Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus Pada Tumbuhan

1. Penyakit Mosaik

Penyakit mozaik yakni penyakit tumbuhan yang disebabkan oleh virus TMV (Tobacco Mozaic Virus). Penyakit ini merupakan penyakit utama pada tumbuhan tembakau. Kemampuannya dalam melaksanakan mutasi menciptakan dia juga sanggup menyerang tumbuhan lain menyerupai tomat, kacang kedelai, kentang, gandum, tebu, mentimun, buncis, dan beberapa jenis labu.

Virus TMV sanggup menular melalui benih atau pun secara mekanis melalui vektor serangga penular. Gejala tumbuhan yang terjangkit sanggup diidentifikasi dari warna daun, perbedaan ukuran daun, dan kecepatan pertumbuhan. Tanaman dengan inveksi virus mozaik mempunyai warna belang kuning hijau pada daunnya, ukuran daun lebih kecil, dan kerdil dalam pertumbuhan.


2. Penyakit Yellows

Penyakit yang disebabkan oleh virus pada tumbuhan berikutnya yakni penyakit kuning. Penyakit ini menyerang tumbuhan aster. Adapun patogen yang berkontribusi pada adanya penyakit ini yakni geminivirus Tomato Yellow Leaf Curl Virus (TYLCV). Tanaman yang terjangkit umumnya menerangkan tanda-tanda perubahan warna daun menjadi agak kekuning-kuningan.

3. Penyakit Daun Menggulung

Daun menggulung pada tumbuhan kapas, tembakau, dan lobak bukan hanya sanggup terjadi akhir keberadaan serangga yang sedang bermetamorfosis. Daun menggulung pada tanaman-tanaman tersebut juga sanggup terjadi akhir bisul virus, tepatnya Turnip Yellow Mozaic Virus (TYMV). Mengidentifikasi tumbuhan yang terjangkit virus turnip yellow sangat mudah. Warna kuning pada daun disertai dengan adanya gulungan pada sisi daun tertentu merupakan tanda utama adanya bisul virus ini pada tanaman.

 virus ternyata juga sanggup melaksanakan bisul pada tumbuhan √ 6 Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus Pada Tumbuhan

4. Penyakit Tungro

Penyakit tungro merupakan penyakit paling berbahaya pada tumbuhan padi. Kegagalan panen merupakan efek terbesar bila tumbuhan padi di suatu lokasi sudah terjangkit virus ini. Virus yang menjadikan tumbuhan padi mengalami penurunan kecepatan pertumbuhan sehingga menjadi kerdil dan terbatasnya jumlah anakan padi ini sangat gampang menyebar. Penyebaran bisa dilakukan oleh angin, serangga, maupun kontak pribadi dari tumbuhan sehat ke tumbuhan yang sakit.

5. Penyakit Degenerasi Jeruk

Penyakit degenerasi jeruk yakni penyakit yang disebabkan oleh virus CVPD (virus citrus vein phloem degeneration). Penyakit ini menyerang pembuluh tapis (floem) dari tumbuhan jeruk sehingga mengalami malfungsi. Xilem dan floem pada tumbuhan yang terjangkit akan mengalami kegagalan fungsi sehingga tumbuhan yang terjangkit tidak sanggup melaksanakan metabolisme secara normal. Virus ini sanggup menyebar melalui serangga vektor Diaphorina Citri Kuwayana atau kutu loncat.

 virus ternyata juga sanggup melaksanakan bisul pada tumbuhan √ 6 Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus Pada Tumbuhan

6. Penyakit VSD

Penyakit VSD yakni penyakit yang disebabkan oleh virus vascular steak dieback pada tumbuhan kakao. Penyakit ini menyerang belahan dalam cabang dan batang tanaman. Batang atau cabang yang terjangkit umumnya akan mengalami kegagalan dalam menjalankan fungsinya sebagai sarana transportasi hara dan fotosintat. Daun pada cabang yang terjangkit akan berubah warna menjadi kuning, layu dan akibatnya rontok. Identifikasi penyakit ini sanggup dilakukan dengan melihat potongan cabang yang terserang. Jika terdapat 3 titik simetris pada belahan sentra batang, maka sanggup dipastikan dia terjangkit virus ini.

Nah, demikianlah 6 pola penyakit yang disebabkan oleh virus pada tanaman. Sifat patogenesis virus selain sanggup menyerang tanaman, ternyata juga sanggup menyerang hewan. Simak apa saja pola penyakit binatang yang disebabkan virus pada artikel sebelumnya. Semoga bermanfaat.
Sumber http://www.ebiologi.net