Saturday, May 12, 2018

√ 4+ Dataran Rendah Di Pulau Jawa (Gambar Lengkap)

Apa nama dataran rendah di Pulau Jawa? Sebagaimana yang kita ketahui, muka bumi terbagi atas dua dataran, yaitu dataran rendah dan dataran tinggi. Pulau Jawa sebagai salah satu wilayah Indonesia juga mempunyai dua jenis dataran tersebut. Ada beberapa kawasan di Pulau Jawa yang termasuk ke dalam dataran rendah, dan ada pula yang termasuk ke dalam dataran tinggi.

Dataran Rendah di Pulau Jawa

 yaitu dataran rendah dan dataran tinggi √ 4+ Dataran Rendah di Pulau Jawa (Gambar Lengkap)

Variasi topografi tempat di Pulau Jawa tersebut disebabkan oleh kegiatan alami bumi yang membentuk muka dataran Pulau Jawa ketika ini. Aktivitas tersebut sanggup berasal dari tenaga endogen bumi, maupun tenaga eksogen bumi. Pola kehidupan masyarakat yang tinggal di dua dataran tersebut mempunyai perbedaan. Masyarakat yang tinggal di dataran rendah lebih banyak melaksanakan kegiatan pemukiman dan pertanian.

Daerah mana saja yang termasuk dataran rendah di Pulau Jawa? Nah, pada kesempatan ini kami akan menguraikan secara lengkap wilayah-wilayah di Pulau Jawa yang termasuk ke dalam dataran rendah. Semoga sehabis membaca uraian ini, pengetahuan pembaca ihwal dataran rendah yang terdapat di Pulau Jawa semakin bertambah.

Yuk, berikut ini pembahasannya...

Dataran Rendah

Berdasarkan ketinggiannya, muka bumi terbagi atas dua, yaitu dataran rendah dan dataran tinggi. Apa itu dataran rendah? Jadi:
Dataran rendah yaitu dataran yang letaknya tidak terlalu tinggi jikalau diukur dari permukaan laut, biasanya tempat ini mempunyai ketinggian 0-200 meter dari permukaan laut. Misalnya wilayah sekitar pantai yang tidak berupa pegunungan atau perbukitan.
Dataran rendah yaitu wilayah yang paling diminati oleh insan lantaran letaknya yang gampang dijangkau. Pemanfaatannya lebih banyak untuk kegiatan perumahan, pertanian, dan sebagainya. Ciri-ciri tempat yang termasuk dataran rendah adalah:
  • Daerahnya datar
  • Air tersedia cukup
  • Daerah tempat pemukiman penduduk
  • Kegiatan penduduk lebih banyak pada sektor pertanian, perikanan, niaga, dan industri

Dataran Rendah di Pulau Jawa

Di Pulau Jawa terdapat 3 wilayah yang termasuk ke dalam dataran rendah. Wilayah tersebut antara lain:

1. Dataran Rendah Semarang

Semarang yaitu wilayah yang termasuk ke dalam dataran rendah di Pulau Jawa. Tingginya hanya sekitar 340 meter dari permukaan laut. Dataran rendah Semarang merupakan tanah subur yang terbentuk dari endapan lumpur sungai dan pasir bahari selama berabad-abad. Daerah ini sangat sempit, yaitu hanya sekitar 4 kilometer dari garis pantai. Dataran rendah Semarang dikenal dengan sebutan kota bawah.

2. Dataran Rendah Cirebon

Cirebon juga termasuk ke dalam dataran rendah di Pulau Jawa. Daerah ini hanya mempunyai ketinggian sekitar 0-125 meter dari permukaan bahari (mdpl). Sebagian besar kawasan Cirebon yaitu dataran rendah yang membentang dari garis pantai Cirebon hingga kawasan gempol. Topografi kawasan Cirebon ini menunjukkan bahwa kawasan ini terdiri dari pantai dan dataran rendah.

3. Dataran Rendah Madiun

Madiun juga memenuhi syarat sebagai dataran rendah di Pulau Jawa lantaran hanya mempunyai ketinggian sekitar 63-67 meter dari permukaan bahari (mdpl).

4. Dataran Rendah Surakarta

Surakarta yaitu salah satu dataran rendah di Pulau Jawa. Wilayah ini merupakan belahan dari Provinsi Jawa Tengah. Surakarta hanya mempunyai ketinggian dari permukaan bahari sebesar 95-105 meter (mdpl).

Demikianlah klarifikasi ihwal Dataran Rendah di Pulau Jawa. Bagikan bahan ini biar orang lain sanggup membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Sumber http://www.ilmusiana.com