Sunday, April 15, 2018

Tips Menjawab Pertanyaan Interview Yang Baik Dan Benar

Tahap wawancara atau interview merupakan tahap yang menciptakan orang kadang merasa tidak percaya diri, grogi, dan merasa khawatir. Karena itulah pada tahap interview kerja banyak pelamar yang gagal. Terkadang juga orang merasa galau untuk menjawab balasan dari pertanyaan wawancara tersebut, apakah kau kah termasuk?

Ada sekiranya 10 pertanyaan yang paling sering ditanyakan pada tahap interview, pertanyaan-pertanyaan ini sangat umum ditanyakan pewawancara kepadamu jikalau kau ingin melamar suatu pekerjaan.

Tahap wawancara atau interview merupakan tahap yang menciptakan orang kadang merasa tidak perc Tips Menjawab Pertanyaan Interview Yang Baik Dan Benar

Berikut ini daftar 10 pertanyaan yang paling sering ditanyakan pada dikala interview kerja:

1. Ceritakan ihwal diri anda !
2. Apa yang anda ketahui ihwal perusahaan kami ?
3. Mengapa anda melamar di perusahaan kami ?
4. Mengapa anda keluar dari perusahaan sebelumnya ?
5. Coba sebutkan kelebihan anda !
6. Apa yang menjadi kelemahan anda ?
7. Apa yang ingin anda capai dalam 5 tahun kedepan ?
8. Kenapa kami harus mendapatkan anda bekerja diperusahaan ini ?
9. Berapa honor yang anda minta ?
10. apakah ada pertanyaan ?

Sebelum saya membagikan tips menjawab pertanyaan tersebut, bagaimanakah kau akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut? Hal dasar yang perlu kau ketahui, ternyata ada beberapa balasan yang dihentikan kau ucapkan, alasannya akan membuatmu gagal dalam tahap wawancara.

Lalu bagaimana cara kita menjawab pertanyaan interview itu dengan baik dan benar?


Berikut Tips Menjawab Pertanyaan Interview Yang Paling Sering Ditanyakan diatas dengan baik dan benar:
Contoh pada artikel kali ini saya akan menjawab pertanyaan-pertanyaan interview tersebut dalam konteks wawancara untuk Posisi Kondektur PT. KAI.

1. Pertanyaan Pertama: Ceritakan ihwal diri anda !

Tips: untuk menjawab pertanyaan pertama ini, jangan hingga anda menceritakan latar belakang keluarga anda, kecuali jikalau memang ditanyakan, fokuskan balasan pada keahlian yang anda miliki untuk bekerja pada posisi yang diharapkan tersebut.
Contoh untuk menjawab pertanyaan pertama:
Nama saya ialah Berta Andreis Saputra, saya ialah lulusan sekolah Sekolah Menengah kejuruan Negeri 02 muara enim untuk jurusan TIPTL. Saya ialah fresh graduate yang mempunyai semangat kerja tinggi, disiplin, jujur dan bertanggung jawab dalam bekerja.

2. Pertanyaan Ke-dua: Apa yang anda ketahui ihwal perusahaan kami ?
Tips: Untuk menjawab pertanyaan ke-dua ini, kau setidaknya telah mengetahui sedikit ihwal perusahaan tersebut dan bekerja dalam bidang apa.
Contoh untuk menjawab pertanyaan ke-dua:
PT. KAI ialah BUMN Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api. layanan PT.KAI mencakup angkutan penumpang dan barang. sejarah perkereta apian indonesia itu sendiri dimulai ketika pencangkulan pertama untuk jalur Solo-Yogyakarta oleh gubernur jendral hindia belanda pada tanggal 17 juni 1984. pembangunan ini dilaksanakan oleh perusahaan NV.NISM memakai lebar sepur 1435 mm.

3. Pertanyaan Ke-tiga : Mengapa anda melamar di perusahaan kami ?
Tips: Pertanyaan ini bertujuan untuk mencari tau alasan anda ingin bekerja diperusahaan tersebut serta melihat apakah anda bekerja hanya melihat uang atau mempunyai tujuan karir yang jelas. Maka dari pertanyaan ini jangan sekali-kali anda menjawab alasannya uang.
Contoh balasan yang benar untuk pertanyaan ke-tiga ini:
Kereta api indonesia ialah sarana transportasi yang sudah mempunyai pandangan yang sangat baik dimasyarakat sebagai alat tarsportasi yang baik dipakai untuk bepergian. saya ingin melamar di perusahaan ini alasannya saya ingin menambah pengalaman, menambah ilmu, untuk ekerja bersama tim semoga PT. KAI akan semakin  baik lagi kedepannya dalam banyak sekali hal.

 4. Pertanyaan Ke-empat: Mengapa anda keluar dari perusahaan sebelumnya ?
Tips: Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui penyebab dan akar dilema kenapa anda resign dari pekerjaan sebelumnya, dari itu maka hindarilah menjawab dengan menceritakan dilema apapun di perusahaan anda sebelumnya.
 Contoh balasan yang benar untuk pertanyaan ke-empat ini:
Saya menerima pengalaman berharga dengan apa yang telah saya lakukan sebelumnya, tetapi saya tidak akan sanggup menjadi lebih baik lagi jikalau saya terus berada dilingkungan yang sama. kesempatan menerima ilmu dan berkembang dalam karir di PT. KAI yang besar ibarat akan sangat membantu saya untuk terus berkembang dan terus mencari pengalaman

5. Pertanyaan Ke-lima: Coba sebutkan kelebihan anda !
Tips: Pertanyaan ini jangan dianggap sepele, pertanyaan ini bertujuan untuk mencari tau apakah anda mengenal diri anda sendiri, maka dari itu hindarilah menjawab saya tidak tau, biarkan orang yang menilai dan sejenisnya. Jawab dengan benar kelebihan anda terkait dengan posisi yang diharapkan perusahaan tersebut.


Contoh balasan yang benar untuk pertanyaan ke-lima ini:
Saya ialah orang yang gampang bergaul, gampang berkomunikasi dan ramah kepada orang banyak serta saya ialah orang yang disiplin dan sangat bertanggung jawab dalam melaksanakan suatu pekerjaan.

6. Pertanyaan Ke-enam: Apa yang menjadi kelemahan anda ?
Tips: pertanyaan ini juga sama ibarat pertanyaan ke-enam, yaitu untuk mengetahui apakah anda mengenal diri anda sendiri, dan bagaimana anda mengatasi kelemahan tersebut. Namun dalam menjawab pertanyaan ini, hindarilah untuk menjawab kelemahan seputar psikologis dan kelemahan yang berkaitan dengan posisi yang dilamar tersebut.
 Contoh balasan yang benar untuk pertanyaan ke-enam ini:
Saya mempunyai sedikit kelemahan yakni kurang lancarnya saya dalam berkomunikasi memakai bahasa inggris. tetapi ini terus saya pelajari untuk lebih baik kedepannya, untuk membantu saya jikalau ada penumpang abnormal atau turis yang bepergian memakai kereta api

7. Pertanyaan Ke-tujuh: Apa yang ingin anda capai dalam 5 tahun kedepan ?
Tips: pertanyaan ini bertujuan untuk melihat visi misi anda dalam bekerja, dan apakah anda mempunyai potensi bekerja dengan usang diperusahaan tersebut. maka dari itu hindarilah untuk menjawab ingin punya perjuangan sendiri.


Contoh balasan yang benar untuk pertanyaan ke-tujuh ini:
Saya harap dalam 5 tahun kedepan PT.KAI akan menjadi lebih maju dengan kehadiran saya disini dan saya diberikan kepercayaan untuk memegang posisi kondektur ini dengan penuh tanggung jawab.

8. Pertanyaan Ke-delapan: Kenapa kami harus mendapatkan anda bekerja diperusahaan ini ?
Tips: Pertanyaan ini bertujuan untuk melihat keyakinan dan kepercayaan diri anda, maka jawablah pertanyaan tersebut dengan terang dan tanpa terbata-bata.


Contoh balasan yang benar untuk pertanyaan ke-delapan ini:
Karena saya memenuhi kualifikasi yang diharapkan untuk posisi kondektur ini, dengan kelebihan yang saya miliki yakni ramah kepada setiap orang, gampang berkomunikasi, dan gampang bergaul.

9. Pertanyaan Ke-sembilan: Berapa honor yang anda minta ?
Tips: pertanyaan ini bertujuan untuk membandingkan keahlian pelamar dengan honor yang diminta, maka hindarilah menjawab sesuai kebijakan perusahaan.


Contoh balasan yang benar untuk pertanyaan ke-sembilan ini ini:
Sebelumnya saya sudah menghitung biaya hidup dan kisaran honor untuk posisi yang saya lamar dikala ini, untuk itu saya berharap pt.kai sanggup memberi saya honor dikisaran xjt-zjt.

10. Pertanyaan Ke-sepuluh: Apakah ada pertanyaan ?
Tips: Pertanyaan ini bertujuan untuk melihat antusiasme anda dalam interview untuk mendapatkan posisi yang dilamar tersebut, maka hindarilah menjawab "tidak ada pertanyaan, tidak ada yang saya tanyakan, semuanya jelas, dsb"


Contoh balasan yang benar untuk pertanyaan ke-sepuluh ini:
Jika saya diberi kepercayaan untuk memegang posisi sebagai kondektur PT.KAI, apa yang saya lakukan jikalau ada penumpang ternyata tidak mempunyai karcis alasannya hilang dan sebagainya?

Nah teman-teman itulah tadi tips dan balasan yang benar untuk menjawab 10 pertanyaan interview yang paling sering ditanyakan. Jika menurutmu ini masih kurang, maka cobalah berikan saranmu dan berkomentar dengan bijak pada kolom komentar dibawah ini.

Sekian untuk pembahasan artikel Tips Menjawab Pertanyaan Interview Yang Baik Dan Benar.

Sumber http://www.bastechinfo.com