Thursday, April 12, 2018

Jawaban Pg Uji Kompetensi 8 Halaman 289 Matematika Kelas 7 (Segiempat Dan Segitiga)

Uji Kompetensi 8 Matematika Kelas 7 Halaman 289
A. Pilihan Ganda Uji Kompetensi 8 Matematika Kelas 7 Halaman 289
Bab 8 (Segiempat dan Segitiga)
Uji Kompetensi 8 MTK Halaman 289 Kelas 7
Matematika (MTK) Kelas 7 SMP/MTS
Semester 2 K13

 Aisyah mempunyai sebuah kain yang berbentuk persegipanjang Jawaban PG Uji Kompetensi 8 Halaman 289 Matematika Kelas 7 (Segiempat dan Segitiga)

A. Soal Pilihan Ganda
1. Jika suatu persegi mempunyai luas 144 cm2, maka panjang sisinya sama dengan ... mm
a. 1,2 mm c. 120 mm
b. 12 mm d. 1.200 mm
Penyelesaian:

Luas = sisi x sisi
Sisi = √144 cm²
      = 12 cm
      = 120 mm

Jadi Jawabannya yakni C. 120 mm
2. Aisyah mempunyai sebuah kain yang berbentuk persegipanjang. Ia berencana menghias sekeliling kain tersebut dengan renda. Jika ternyata renda yang diharapkan Aisyah paling sedikit 450 cm, salah satu ukuran kain yang dimiliki Aisyah yakni ...
a. 125 × 100 c. 125 × 150
b. 125 × 150 d. 125 × 200
Penyelesaian:

Keliling kain = 2 x (p + l)
450 = 2 x (p+l)
450 : 2 = p + l
225 = p +l

kemungkinan ukuran kain
= 125 x 100
3. Ukuran diagonal-diagonal suatu layang-layang yang mempunyai luas 640 cm2 adalah ....
a. 22 × 30 c. 30 × 36
b. 32 × 40 d. 32 × 46
Penyelesaian:

Luas Layang - Layang =  Aisyah mempunyai sebuah kain yang berbentuk persegipanjang Jawaban PG Uji Kompetensi 8 Halaman 289 Matematika Kelas 7 (Segiempat dan Segitiga)
 Aisyah mempunyai sebuah kain yang berbentuk persegipanjang Jawaban PG Uji Kompetensi 8 Halaman 289 Matematika Kelas 7 (Segiempat dan Segitiga)
 Aisyah mempunyai sebuah kain yang berbentuk persegipanjang Jawaban PG Uji Kompetensi 8 Halaman 289 Matematika Kelas 7 (Segiempat dan Segitiga)

dengan demikian ukuran  dan  yang mungkin yakni :
1. 1280 cm dan 1 cm
2. 640 cm dan 2 cm
3. 320 cm dan 4 cm
4. 160 cm dan 8 cm
5. 80 cm dan 16 cm
6. 40 cm dan 32 cm7. 20 cm dan 64 cm
8. 10 cm dan 128 cm
9. 5 cm dan 256 cm
4. Perhatikan gambar persegi panjang dan persegi berikut. 8,5cm 8,5cm 8,5cm
Jika luas persegi panjang = 1/2 kali luas persegi, lebar persegi panjang tersebut yakni ....
a. 4 cm c. 4,5 cm
b. 4,25 cm d. 4,75 cm
Penyelesaian:

Diketahui :
panjang sisi persegi = 8,5 cm
panjang persegi panjang = 8,5 cm
Luas persegi panjang = 1/2 luas persegi

Ditanya :
lebar persegi panjang ?

Jawab :
Luas persegi = s × s
                   = 8,5 cm × 8,5 cm
                   = 72,25 cm²

Luas persegi panjang = 1/2 × luas persegi
                                = 1/2 × 72,25 cm²
                                = 36,125 cm²

L ersegi panjang = p × l
   36,125 cm²     = 8,5 cm × l
                     l   = 36,125 cm² : 8,5 cm
                     l   = 4,25 cm
6. Banyak persegi pada Gambar berikut yakni ….(OSP Sekolah Menengah Pertama 2009)
a. 30 c. 45
b. 40 d. 55
Penyelesaian:

Banyak persegi yang terdiri dari satu buah persegi kecil = 1 + 4 + 9 + 16 = 30 buah
Banyak persegi yang terdiri dari 4 buah persegi = 8 + 6 + 3 = 17 buah
Banyak persegi yang terdiri dari 9 buah persegi = 5 + 2 = 7 buah
Banyak persegi yang terdiri dari 16 buah persegi = 1 buah

Jumlah total persegi yakni = 30 + 17 + 7 + 1 = 55 buah
7. Perhatikan gambar berikut. Bangun yang mempunyai luas terbesar adalah ....
a. Gambar (a) c. Gambar (c)
b. Gambar (b) d. Gambar (a) dan (c)
Penyelesaian:

Bangun 1 = jajar genjang
L = a x t = 9 x 8 = 72 satuan luas

Bagun 2 = segitiga
L = ½ a x t = ½ 16 x 5 = 40 satuan luas

Bagun 3 = Persegi
L = s x s = 9 x 9 = 81 satuan luas

Maka bangkit dengan luas terbesar yakni bagun c.

Jawaban: C
8. Perhatikan gambar berikut. Keliling bangkit pada gambar di atas adalah .... (UN Sekolah Menengah Pertama 2014)
a. 40 cm c. 20 cm
b. 26 cm d. 16 cm
Penyelesaian:

Perhatikan baik-baik garis berwarna pada gambar di bawah ini!
Sumber Gambar : 

Cara memilih keliling bangkit datar

Jika panjang garis merah dijumlahkan, kesannya akan sama dengan jumlah panjang garis hijau. Demikian juga dengan garis biru, bila dijumlahkan kesannya akan sama dengan jumlah garis ungu. Oleh alasannya yakni itu, keliling bangkit tersebut yakni 2 kali garis merah dan 2 kali garis biru.

sisi biru = sisi ungu    : 2 × (4 + 6) = 20
sisi merah = sisi hijau : 2 × (4 + 6) = 20
                                 ——————— +
                                                 K = 40

Jadi, keliling bangkit datar tersebut yakni 40 cm (A).
8. Luas kawasan pada gambar di bawah yakni …..
a. 16 cm2 c. 34 cm2
b. 24 cm2 d. 48 cm2
Penyelesaian:

Kita bagi bangkit tersebut menjadi 3 bab menyerupai gambar diatas. Semua bangkit berbentuk persegi panjang dan bagun 2 luasnya akan sama dengan bagun 3.

Luas 1 = p x l = (8 cm + 2 cm) x 2 cm = 10 cm x 2 cm = 20 cm^2
Luas 2 = p x l = 6 cm x 2 cm = 12 cm^2
Luas 3 = Luas 2 = 12 cm^2

Maka luas bagun diatas adalah:
= Luas 1 + Luas 2 + Luas 3
= 20 + 12 + 12
= 48 cm^2
9. Perhatikan gambar persegi ABCD dan persegi KLMN. Jika B yakni titik sentra simetri putar persegi KLMN, maka luas daerah yang diarsir yakni ... (UN Sekolah Menengah Pertama 2014)
a. 16 cm2 c. 32 cm2
b. 25 cm2 d. 50 cm2
Penyelesaian:

Karena B merupakan titik putar KLMN, maka luas kawasan yang diarsir yakni ¼ dari luas persegi KLMN.

Luas kawasan diarsir = ¼ x L persegi KLMN = ¼ x s x s = ¼ x 8 cm x 8 cm = 16 cm^2

Jawaban : A
10. Perhatikan gambar berikut. Jika luas kawasan yang diarsir 20 cm2, luas kawasan yang tidak diarsir yakni ....(UN Sekolah Menengah Pertama 2013)
a. 40 m2 c. 140 m2
b. 120 m2 d. 160 m2
Penyelesaian:

Untuk mencari luas kawasan yang tidak diarsir dipakai rumus berikut:

L kawasan tidak diarsir
= L persegi PQRS – L kawasan diarsir + L persegi panjang ABCD – L kawasan diarsir
= L PQRS + L ABCD – 2 L kawasan diarsir
= (s x s) + (p x l) – 2 . 20 cm^2
= (10 x 10) + (12 x 5) – 40 cm^2
= 100 cm^2 + 60 cm^2 – 40 cm^2
= 120 cm^2

Jawaban : B
11. Nilai panjang FB dari jajargenjang berikut yakni …
a. 5,4 cm c. 8 cm
b. 7,2 cm d. 9 cm
Penyelesaian:

Perhatikan jajar genjang ABCD diatas. Ada dua cara untuk menghitung luas dari jajar genjang tersebut yaitu:
1. Menggunakan AB sebagai ganjal dan CE sebagai tinggi
2. Menggunakan AD sebagai alat dan FB sebagai tinggi

Luas trapesium diatas memakai cara diatas yakni sama, sehingga dapat kita tulis:
L trapesium ABCD cara 1 = L trapesium ABCD cara 2
Alas x tinggi cara 1 = ganjal x tinggi cara 2
AB x CE = AD x FB

Panjang CE belum diketahui. Kita dapat mencarinya memakai teorema phytagoras dengan memperhatikan BEC.
EC^2 = BC^2 – BE^2
EC^2 = 10^2 – 8^2
EC^2 = 36
EC = 6 cm

Panjang AC = BC = 10 cm.

Kita kembali ke persamaan sebelumnya yaitu:
AB x CE = AD x FB
FB = (AB x CE) : AD = (9 x 8) : 10 = 72 : 10 = 7,2 cm

Jawaban : B
12. Perhatikan gambar berikut Luas jajargenjang ABCD pada gambar di atas yakni ...
a. 120 cm2 c. 80 cm2
b. 96 cm2 d. 40 cm2
Penyelesaian:

Karena tinggi jajar genjang diatas yakni 10 cm yang tegak lurus terhadap BC, maka BC yakni alasnya.

Panjang BC = AD = 8 cm

Maka luas jajar genjang ABCD diatas adalah:
= ganjal x tinggi
= BC x tinggi
= 8 cm x 10 cm
= 80 cm^2

Jawaban : C
13. Berdasarkan gambar berikut, nilai x yakni ....
a. 70°
b. 67°
c. 80°
d. 100°
Penyelesaian:

Jumlah sudut penyusun segitiga yakni 180°, maka:
x= 180° - 50° - 50° = 80°
14. Perhatikan gambar belahketupat ABCD. ∠A : ∠B = 2 : 3. Besar ∠C yakni ......
a. 60°
b. 90
c. 120
d. 150
Penyelesaian: [TIDAK ADA JAWABAN]
Sumber Gambar: https://brainly.co.id/tugas/10618236

15. Perhatikan gambar di samping Panjang AC adalah......
a. 3 cm
b. 6 cm
c. 9 cm
d. 10 cm
Penyelesaian:

AC = √15^2 - 12^2
= √225 - 144
= √81
= 9
16. Perhatikan lukisan berikut. Urutan cara melukis garis bagi pada gambar ∆KLM yang benar yakni .... (UN Sekolah Menengah Pertama 2014)
a. 4, 1, 2, 3 c. 3, 1, 4, 2
b. l, 3, 2, 4 d. 3, 2, 1, 4
Penyelesaian:

Cara melukis garis bagai yakni sebagai berikut:

1. Lukis busur bulat dari titik M sehingga memotong garis MK dan ML
2. Dari titik potong dengan garis MK dan ML, buat busur dengan jari-jari yang sama dengan busur sebelumnya sehingga keduanya berpotongan di satu titik.
3.Buat garis dari klimaks M melewati titik potong dua busur sebelumnya hingga ke garis KL. haris inilah yang disebut dengan agris bagi.

Jawaban: D
17. Gambar di bawah ini, ΔABE, ΔBCF, ΔCDG, dan ΔADH memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Luas persegi ABCD sama dengan jumlah luas kawasan yang diarsir. Jika luas ABCD = 2M, maka luas EFGH yakni ....
a. 2 M
b. 4 M
c. 6 M
d. 8 M
Penyelesaian:

ABE = BCF = CDG = ADH
ABE + BCF + CDG + ADH = ABCD = 2 M

Luas : ABE = BCF = CDG = ADH = 2/4 = 0,5

misal :
CF = x
BQ = QF = y
CP = PG = y

BCF = 0,5
(CF . BQ)/2 = 0,5
(x . y)/2 = 0,5
x . y = 1

# Luas persegi ABCD = AB² = BC² = CD² = AD²
BC² = 2

BC² = CQ² + BQ²
BC² = (CF - QF)² + BQ²
2 = (x - y)² + y²
2 = x² + y² - 2xy + y²
2 = x² + 2y² - 2. 1
2 = x² + 2y² - 2
4 = x² + 2y²

Luas EFGH = EF² = FG² = GH² = EH²
FG² = FP² + PG²
FG² = (CF + CP)² + PG²
FG² = (x + y)² + y²
FG² = x² + y² + 2xy + y²
FG² = x² + 2y² + 2. 1
FG² = (x² + 2y²) + 2
FG² = 4 + 2
FG² = 6

Jadi luas EFGH = FG² = 6 M
18. Jika luas satu persegi kecil yakni 4 m2, maka luas bangkit datar pada gambar di bawah yakni ... (OSK Sekolah Menengah Pertama 2014)
a. 36 m2
b. 96 m2
c. 144 m2
d. 162 m2
Penyelesaian: [TIDAK ADA JAWABAN]

Perhatikan gambar diatas. bagun diatas aku bagi emnjadi 4 bagian. Dapat kalian lihat bahwa luas masing-masing bab yakni sama. Untuk menghitung luasnya, perhatikan bidang kecil yang aku warnai merah. Jika kita pindahkan ke sisi kiri, maka akan terbentuk jajar genjang dengan ukuran:
Alas = 4 satuan
Tinggi = 2 satuan

Maka luas satu buah jajar genjang yakni = a x t = 4 x 2 = 8 satuan luas

Luas keseluruhan bangkit diatas yakni = 4 x L jajar genjang = 4 x 8 = 32 satuan luas
19. Perhatikan gambar berikut. Luas yang di arsir yakni ....
a. 24 cm2
b. 44 cm2
c. 48 cm2
d. 72 cm2
Penyelesaian:

Luas persegi panjang dikurang luas segitiga.
p×l - a×t÷2
(16×6) - (6×8÷2)
96 - 24 = 72cm²

Baca Selanjutnya: Jawaban Esai Uji Kompetensi 8 Halaman 295 Matematika Kelas 7 (Segiempat dan Segitiga)

20. Suatu kardus polos dari kertas berbentuk kubus. Volume kardus adalah 64.000 cm3. Fitri memotong sempurna pada rusuk kubus dan mengambil dua sisi bab samping kardus tersebut. Fitri menciptakan garis pada satu potong sisi kardus dan diperolah satu segitiga siku-siku yang perbandingan dua sisi siku-siku yakni 1 : 2. Pada satu potongan sisi kardus yang lain dilukis satu segitiga sama kaki (lihat gambar). Jika ternyata dua segitiga ini sama luasnya, maka panjang sisi yang sama pada segitiga sama kaki yakni .... cm (OSK Sekolah Menengah Pertama 2015)
a. 10
b. 10 akar 2
c. 20
d. 20 akar 2
Penyelesaian:
Sumber Gambar:  https://brainly.co.id/tugas/10618380
Sumber Gambar:  https://brainly.co.id/tugas/10618380

Sumber http://www.bastechinfo.com