Friday, April 6, 2018

√ Ingin Tau Apa Penyebab Wifi Laptop Tidak Dapat On, Ini Jawabannya

 menjadi salah satu hal penting bagi kehidupan digital √ Penasaran Apa Penyebab WiFi Laptop Tidak Bisa On, Ini Jawabannya


Penyebab Wifi Laptop Tidak Bisa On – Wireless Fidelity, atau lebih populernya Wi-Fi, menjadi salah satu hal penting bagi kehidupan digital. Bagi netizen, keberadaan WiFi menyerupai udara segar. Apalagi di tengah harga kuota internet yang terus melambung. Maka dari itu, banyak orang mengalami kelimpungan dikala laptop mereka tidak sanggup on WiFi.



Baca Juga : 5 Faktor Utama Penyebab Komputer Atau Laptop Tidak Bisa Konek Internet



Penyebab WiFi Laptop tidak sanggup on bukan hanya alasannya tidak adanya network. Faktanya, sering terjadi kondisi WiFi Laptop not connected meski disekitar ada banyak network tersedia. Lalu apa masalahnya? Simak ulasan berikut.


Langkah Awal Mengatasi WiFi Laptop Mendadak Tidak Bisa On


Kita mungkin sering mengalami kondisi ini. WiFi laptop telah kita nyalakan, namun simbol network tetap mengatakan silang merah. Padahal kita tahu, di sekitar kita ada network yang sanggup diakses. Untuk mengatasi duduk masalah ini, kita sanggup melaksanakan hal berikut.



  1. Klik simbol re-search di kafe network yang sudah dibuka. Bentuknya dua panah yang saling bertolak belakang.

  2. Jika masih tidak bisa, klik “Open Network and Sharing Center”. Lihat map network yang tersedia. Jika kau bermaksud memakai network WiFi suatu area, pastikan map-mu berbasis Local Area Network (LAN).

  3. Jika sudah dicek tapi WiFi tidak sanggup connect juga, klik “Troubleshoot Problems” untuk mengetahui penyebab WiFi Laptop tidak sanggup on.


Secara Umum, Ini Penyebab WiFi Laptop Tidak Bisa On


Usai meng-klik “Troubleshoot Problems”, kau akan diminta menunggu sementara aktivitas mendiagnosa masalah. Setelah diagnosis keluar, kau gres sanggup mengetahui penyebab WiFi laptopmu tidak sanggup connect. Biasanya, masalah-masalah yang muncul ialah sebagai berikut.


1. Lupa Menghidupkan Tombol WiFi


Ini mungkin sering kau alami. Jika kau lupa menghidupkan tombol WiFi, maka tidak ada network yang sanggup diakses. Hal tersebut dikarenakan mode search laptopmu tidak terbuka.


Untuk membukanya, kau sanggup mengklik tombol berlambangkan signal tower atau signal saja. Kombinasi kliknya sanggup berbeda-beda tergantung jenis laptop. Untuk menghidupkan WiFi laptop, ada yang cukup menekan tombol WiFi. Ada yang perlu kombinasi klik fn+WiFi, atau ctrl+WiFi. Tapi biasanya, tombol WiFi terletak di sisi keyboard teratas. Makara satu dengan tombol shortcut F2.


2. Access Point Tidak Menyala


Jika kau memakai modem, pastikan semua lampu indikatornya menyala. Lampu indikator ini merupakan tanda untuk access point modem. Jika semua lampu indikatornya menyala, maka access pointnya tidak terkendala. Untuk kau yang memakai WiFi hotspot, pastikan network yang dipakai benar-benar accessible. Seringkali terdapat network hotspot dengan sinyal BPS tinggi tapi tidak sanggup connect internet.


3. Network Connection Salah Setting


Ini sanggup terjadi kalau kau menyetting proxy laptop secara khusus. Akhirnya dikala kau memakai WiFi dengan setting proxy umum, kau jadi tidak sanggup connect. Supaya sanggup connect kembali, kau harus mengembalikan setting proxy menyerupai sedia kala.


4. Driver WiFi Belum Terinstal/Rusak


Ini merupakan penyebab WiFi laptop tidak sanggup on yang paling rumit. Saat tidak sanggup connect WiFi, mungkin kau perlu cek apakah laptopmu sudah punya driver WiFi atau belum.


Untuk mengeceknya, kau sanggup  klik Open Network and Sharing Center -> Change Adapter Settings. Jika kau sudah punya driver WiFi, biasanya akan tercantum 1 atau lebih built-in driver di sana. Jika tidak ada selain LAN, berarti kau harus install driver WiFi.


Apabila kau telah mempunyai built-in driver namun tetap tidak connect, cek status drivermu. Driver WiFi yang sehat mengatakan simbol sinyal hijau di layar. Jika di dalam simbol terdapat tanda silang, berarti drivermu butuh diperbaiki.


5. Salah Akses Network


Saat berkunjung ke WiFi hotspot, pernah menemukan network dengan username WiFi.id atau speedyinstan@WiFi.id? Di manapun, network tersebut tampak menarik hati alasannya sinyalnya selalu full. Tapi jangan terkecoh, network ini tidak sanggup dipakai saluran internet.


6. Mode Airplane On


Untuk pengguna Windows 8 atau generasi di atasnya, telah disediakan fitur mode penerbangan. Seperti di ponsel, mode penerbangan bertujuan menolak sinyal apapun terkoneksi dengan device ketika sedang mengudara. Saat mode penerbangan on, network apapun tidak akan sanggup diakses.


7. Salah Password WiFi


Saat semuanya sudah baiklah namun laptopmu tidak connect WiFi juga, coba cek network yang digunakan. Apakah network dalam status limited access? Jika ya, kau niscaya akan diminta memasukkan password tertentu untuk authoretication. Entah secara pribadi atau via web. Jika kau asal memasukkan password, maka kau tetap tidak sanggup saluran internet. Meski sudah connect WiFi.


Poin-poin di atas merupakan penyebab WiFi laptop tidak sanggup on yang paling umum terjadi. Sekarang kau sanggup melaksanakan penanganan sendiri dikala tidak sanggup connect WiFi. Tidak perlu menghabiskan biaya dengan membawanya ke service centre.



Baca Juga : Coba Praktekkan 5 Tips Berikut Agar Paket Kuota Internet Anda Tidak Cepat Habis



Ok sementara klarifikasi wacana Penyebab Wifi Laptop Tidak Bisa On dicukupkan sekian saja. Semoga dengan adanya artikel sedikitnya sanggup membantu permasalahan Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat …



Sumber http://info-menarik.nett