Friday, April 27, 2018

√ Cara Mencari Sinonim Kata Di Microsoft Word Cepat Dan Gampang Tanpa Kamus

Cara Mencari Sinonim Kata Di Microsoft Word √ Cara Mencari Sinonim Kata Di Microsoft Word Cepat Dan Praktis Tanpa Kamus


Cara Mencari Sinonim Kata Di Microsoft Word – Salah satu hambatan menulis-entah itu dalam mengerjakan kiprah atau hanya sekedar menulis untuk konsumsi pribadi yaitu terbatasnya kosakata yang kita miliki. Disamping harus memperhatikan pemilihan dan penempatan kata yang niscaya akan mempengaruhi makna dari kalimat yang kita tulis. Salah satu pola perkara yang sering dialami yaitu mencari sinonim atau persamaan kata. Apalagi jikalau kita menulis dalam bahasa asing menyerupai Bahasa Inggris atau Bahasa Mandarin yang mana penguasaan vocabulary kita masih sangat terbatas.


Baca Juga : 3 Fitur Rahasia Microsoft Office Word Untuk Mempercepat Proses Pekerjaan Anda


Seharusnya bukan hal yang susah saat kita bisa memanfaatkan teknologi di sekitar secara maksimal menyerupai komputer atau laptop. Khususnya penggunaan Microsoft Word yang hampir dipakai oleh semua kalangan mulai dari pelajar sampai karyawan.


Pertanyaannya yaitu seberapa sering kita menggunakan Microsoft Word? Lalu seberapa efektifkan kiprah Microsoft Word dalam menunjang acara dan pekerjaan kita? Pertanyaan ini sesuai dengan problem di atas. Ada beberapa pilihan di Microsoft Word yang sering kita abaikan tetapi justru sangat membantu. Seperti mencari sinonim atau alternatif kata yang mempunyai persamaan makna.


Untuk itu, bagi kau yang sering terkendala dalam mencari sinonim ada baiknya menyimak cara mencari sinonim kata di Microsoft Word berikut ini. Selain simpel, cara ini juga akan menghemat waktumu.


1. Mencari Sinonim dari Menu Shortcut


Pertama, blok kata yang ingin kau ketahui sinonimnya, kemudian klik kanan. Setelah itu akan muncul banyak sekali pilihan yang terdiri dari “cut, copy, paste, dll” seperti pada gambar berikut ini :


Cara Mencari Sinonim Kata Di Microsoft Word √ Cara Mencari Sinonim Kata Di Microsoft Word Cepat Dan Praktis Tanpa Kamus


Selanjutnya arahkan krusor pada pilihan Synonyms, maka secara otomatis akan muncul berberapa alternatif kata pengganti atau sinonim dari kata sebelumnya.


Terakhir, pilih klik salah satu sinonim yang sesuai dengan keinginanmu. Lakukan pada setiap kata yang ingin kau cari sinonimnya.


2. Mencari Sinonim dari Thesaurus


Masalah lain terjadi apabila pada cara yang pertama kita telah mengklik Synonyms tetapi tidak sanggup menemukan daftar alternatif kata/sinonim. Coba perhatikan gambar ini sekali lagi!


Cara Mencari Sinonim Kata Di Microsoft Word √ Cara Mencari Sinonim Kata Di Microsoft Word Cepat Dan Praktis Tanpa Kamus


Di daftar paling bawah kita akan menemukan pilihan Thesaurus. Thesaurus yaitu daftar sinonim atau kata – kata yang mempunyai arti sama yang telah tersedia di Microsoft Word.


Jadi, jikalau cara mencari sinonim di Microsoft Word yang pertama tidak berhasil, maka pilihan lainnya yaitu dengan menggunakan Thesaurus. Caranya hampir sama dengan cara yang pertama. Yaitu dengan cara klik kanan pada kata yang telah diblok, kemudian pilih Synonyms kemudian klik pilih Thesaurus.


Cara Mencari Sinonim Kata Di Microsoft Word √ Cara Mencari Sinonim Kata Di Microsoft Word Cepat Dan Praktis Tanpa Kamus


Masih ihwal Thesaurus, tetapi dengan cara yang sedikit berbeda, kau bisa  langsung mengarah pada tab Review di bab atas. Kemudian pilih Thesaurus dengan icon buku terbuka. Jangan lupa untuk blok kata yang ingin kau ganti terlebih dahulu. Maka, beberapa pilihan sinonim dari Thesaurus akan muncul di sisi kanan dan kau tinggal pilih salah satu.


3. Mengganti Kata dengan Sinonim yang Dipilih


Memang kali ini agak sedikit melenceng dari cara mencari sinonim di Microsoft Word sebelumnya, tetapi cukup membantu jikalau kata yang ingin kau ganti tidak mengecewakan banyak dan kau telah mengetahui sinonimnya (entah itu dengan cara pertama atau kedua). Misalnya ada 20 kata memakai dalam tulisanmu yang ingin kau ganti dengan kata mengenakan. Akan sedikit repot jikalau dilakukan secara manual. Oleh alasannya yaitu itu, kau sanggup menggunakan Replace semoga lebih menghemat waktu. Pilih Replace di pojok kanan bab atas atau dengan menekan tombol Ctrl+F pada keyboard maka akan muncul menyerupai ini :


Cara Mencari Sinonim Kata Di Microsoft Word √ Cara Mencari Sinonim Kata Di Microsoft Word Cepat Dan Praktis Tanpa Kamus


Ketik kata yang ingi kau ganti di kolom Find what, dan ketikkan kata sinonimnya di kolom Replace with kemudian Klik Replace All.


Cek kembali kalimatmu, sekiranya sinonim tersebut telah sesuai dengan konteks tulisanmu atau justru malah terasa aneh. Memang sinonim sudah niscaya mempunyai arti yang sama, tetapi tidak semua kata yang mempunyai persamaan makna sesuai dengan isi tulisanmu. Salah satu misalnya coba pahami kalimat berikut ini :


seorang begal tewas dikeroyok massa


Beberapa pola Sinonim dari kata tewas ada mati dan wafat yang mana penggunaan kata tersebut berbeda- beda.


Baca Juga : Cara Praktis Mengatasi Spasi Berubah Menjadi Titik Di Microsoft Office Word


Yang perlu diperhatikan dalam menggunakan ke dua cara mencari sinonim kata di Microsoft Word di atas yaitu pastikan kau telah memilih language atau bahasa yang terdapat di bawah sebelah kiri. Sesuaikan bahasa dengan kalimat atau kata yang kau ketik semoga tidak rancu.



Sumber http://info-menarik.nett