Sunday, April 29, 2018

√ 11 Perbedaan Komputer Kurun Kemudian Dengan Kurun Kini, Komputer Dulu Dan Sekarang

Perbedaan Komputer Jaman Dulu Dengan Sekarang √ 11 Perbedaan Komputer Masa Lalu Dengan Masa Kini, Komputer Dulu Dan Sekarang


Perbedaan Komputer Jaman Dulu Dengan Sekarang – Perkembangan komputer dari jaman ke jaman memang selalu ada perubahan ataupun kemajuan yang terbilang sangat pesat.  Pada jaman dulu komputer sendiri diciptakan hanya sebagai alat untuk mempermudah dalam perhitungan atau mesin penghitung. Akan tetapi seiring dengan perkembangan jaman komputer menjadi mesin yang sangat serba guna. Lalu apa saja perbedaan komputer jaman dulu dan sekarang? Berikut ini penjelasannya.



Baca Juga : 3 Trik Komputer Lucu Dan Unik Yang Mungkin Bisa Untuk Jahili Komputer Teman



Berikut 11 Perbedaan Komputer Dulu Dan Sekarang


1. Dilihat dari Penyusun/Bahan


Perbedaan komputer jaman dulu dan kini pertama ialah dari penyusun ataupun bahan. Komputer jaman dulu masih menggunakan komponen elektronik dengan sebuah tabung hampa (vacum tube). Sedangkan komputer jaman kini menggunakan entegratedcircuit  yang bentuknya menyerupai lempengan ataupun chip.


2. Dilihat dari Kegunaan


Perbedaan komputer jaman dulu dan kini juga dapat dilihat dari kegunaan. Pada jaman dulu komputer diciptakan untuk alat pemecah arahan diam-diam dan sebagai alat untuk mendesain pesawat terbang. Sedangkan komputer pada jaman kini dipakai sebagai alat bantu bekerja, media pembelajaran, media bisnis online, bahkan sebagai alat komunikasi.


3. Dilihat dari Daya


Pada jaman dulu ketika ingin mengoperasikan komputer harus membutuhkan tegangan ataupun daya yang sangat besar. Sebab, komputer jaman dulu komponen-komponennya tidak mendukung dan ukurannya juga sangat besar. Selain itu, pada jaman dulu komputer juga mengeluarkan suhu yang begitu panas, akibatnya juga memerlukan banyak pendingin. Sedangkan komputer jaman kini daya yang dipakai tidak begitu besar, alasannya menggunakan komponen yang relatif kecil.


4. Dilihat dari harga


Bisa dibilang perbedaan komputer jaman dulu dan kini yang paling mencolok ialah dari harganya. Pada jaman dulu ketika ingin mempunyai komputer harus mempunyai uang banyak, alasannya selain harganya mahal, tegangan listriknya juga sangat tinggi. Sedangkan untuk jaman kini ketika ingin mempunyai sebuah komputer tidak perlu lagi harus mempunyai uang yang begitu banyak. Sebab, harga komputer jaman kini relatif murah dan tegangan listriknya juga lebih rendah dibandingkan dengan komputer jaman sekarang.


5. Dilihat dari Ketahanan


Jika dilihat dari sisi ketahanan, komputer jaman dulu lebih unggul dibandingkan dengan komputer jaman sekarang. Sebab, komputer jaman dulu mempunyai ketahanan yang sangat berpengaruh alasannya dipakai untuk kemiliteran. Sedangkan komputer jaman kini ketahanannya lebih lemah ataupun dapat dikatakan rentan rusak.


6. Dilihat dari Kecepatan


Untuk segi kecepatan, komputer jaman dulu membutuhkan waktu yang begitu usang alasannya mempunyai ukuran yang sangat besar dan belum menggunakan microchip. Berbeda dengan komputer jaman kini yang mempunyai kecepatan relatif cepat. Selain itu, ketika ingin mengakses data ataupun mengakses info menggunakan komputer jaman kini lebih muda dibandingkan dengan komputer jaman dulu.


7. Dilihat dari Sistem Operasi


Selain dapat dilihat dari kecepatan, perbedaan komputer jaman dulu dan kini juga dapat dilihat dari sistem operasinya. Di kala jaman dulu komputer menggunakan sistem operasi yang dinamakan dengan MS-Dos atau sering disebut Microsoft DiskOperatingSysem. Seiring berkembangnya jaman, kini komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi, contohnya Mac Os, Linux, Windows dan lain sebagainya.


8. Dilihat Dari Jenis Data Yang Di Olah


Pada kala jaman dulu komputer masih menggunakan bahasa mesin (machinelanguage) dalam mengolah data, alasannya belum di temukan bahasa pemrograman. Selain itu bahasa mesin dalam komputer jaman dulu menggunakan arahan 0 dan 1 dalam urutan tertentu. Sedangkan komputer jaman kini jenis data yang diolah menggunakan bahasa pemrograman dan menggunakan bahasa tingkat tinggi.


9. Dilihat Dari Sistem Pengoperasian


Sedangkan dari sistem pengoperasiannya, komputer jaman dulu lebih sulit dibandingkan dengan komputer jaman sekarang. Bahkan komputer jaman dulu ketika mengopersikannya harus membutuhkan orang lebih dari satu.


10. Dilihat Dari Segi Keamanan


Jika dilihat dari segi keamanan, komputer jaman kini mungkin lebih unggul dibandingkan dengan komputer jaman dulu. Sebab, komputer jaman dulu tidak terlalu diperhitungkan untuk segi keamanannya.


11. Dilihat Dari Cara Membuat


Perbedaan komputer jaman dulu dan kini yang terakhir ialah cara membuatnya. Cara pembuatan komputer jaman dulu lebih memakan waktu yang sangat usang dibandingkan dengan komputer jaman sekarang. Bahkan komputer jaman dulu harus membutuhkan 2-5 orang untuk mengoperasikannya.



Baca Juga : 7 Faktor Utama Penyebab Hardisk Komputer Cepat Rusak Yang Harus Anda Hindari



Ok mungkin hanya itu saja artikel Perbedaan Komputer Jaman Dulu Dengan Sekarang. Semoga goresan pena ini ada keuntungannya dan hingga bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses …



Sumber http://info-menarik.nett