Evaluasi
Halaman 178-179
B. Esai / Essay / Soal Uraian
PAI (Pendidikan Agama Islam)
Toleransi Sebagai Alat Pemersatu Bangsa
Kelas 11 / XI SMA/SMK
Semester 2 Kurikulum 2013
Jawaban Evaluasi Bab 10 PAI kelas 11 Halaman 178 (Permbaru Islam)
Jawaban Evaluasi Bab 10 PAI Halaman 178 Kelas 11 (Permbaru Islam)
Esai Evaluasi BAB 10 PAI Kelas 11 Halaman 179
Esai Evaluasi Bab 10 PAI Halaman 179 Kelas 11
![]() |
Jawaban Esai Evaluasi Bab 10 PAI Halaman 179 Kelas 11 (Pembaru Islam) |
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini dengan singkat dan tepat!
1. Apa alasan bangsa Eropa menjajah negara-negara Islam atau negara berpenduduk lebih banyak didominasi Islam?
Penyelesaian:
Salah satu alasan bangsa Eropa menjajjah negara-negara islam atau negara yang lebih banyak didominasi berpenduduk islam yaitu untuk berbagi MISI SUCI (Gospel) dengan cara menyiarkan agama kristen bagi masyarakat setempat yang dijajah.
Pembahasan
Tujuan penjajahan yang dilakukan bangsa eropa baik itu di negara (bangsa) lebih banyak didominasi beragama islam atau pun tidak yaitu sebagai berikut:
GOLD, GLORY, GOSPEL
GOLD berkaitan dengan tujuan bangsa eropa untuk mendapat kekayaan dari komoditas perdagangan yang berharga menyerupai rempah-rempah dan materi tambang.
GLORY berkaitan dengan tujuan bangsa eropa untuk mendapat kejayaan. Sebab semakin banyak wilayah jajahan yang suatu bangsa duduki maka semakin superior kedudukannya di hadapan bangsa-bangsa eropa lainnya.
GOSPEL yaitu tujuan bangsa eropa untuk berbagi agama Katolik di wilayah manapun yang mereka duduki. Gospel ini disebut sebagai misi suci yang oleh sejarawan dipercayai sebagai KELANJUTAN DARI PERANG SALIB.
2. Bagaimanakah pemikiran pembaruan yang digagas oleh Jamaluddin AlAfghani?
Penyelesaian:
1. kejayaan kembali umat islam terwujud bila kembali kepada aliran islam yang murni dengan meneladani pola hidup sobat khususnya Khulafa' Al-Rasyidun.
2. perlawanan terhadap kolonialisme dan nominasi berat secara politik, ekonomi dan kebudayaan.
3. ratifikasi terhadap keunggulan barat dalam ilmu dan teknologi, dimana umat islam harus berguru tetangnya, yang pada hakekatnya hanya mengambil kembali apa yang dulu disumbangkan islam kepada barat dan kemudian secara selektif di kritisi menggunakannya untuk kejayaan islam.
3. Apa saja usaha-usaha yang dilakukan oleh Sayyid Ahmad Khan untuk memajukan umat Islam India di bidang iptek?
Penyelesaian:
1.) tahun 1876 ia mendirikan sekolah Inggris di Muradabad
2.) tahun 1879 ia mendirikan sekolah muhammedan anglo oriental College ( MAOC) di Aligarh yang merupakan karyanya yang bersejarah dan kuat dalam cita citanya untuk memajukan umat islam di India
4. Apa pesan yang tersirat mempelajari perkembangan Islam pada masa modern?
Penyelesaian:
1. Dapat menawarkan citra bahwa islam merupakan agama fitrah dan berkembang ke pelosok dunia tidak melalui kekerasan atau peperangan.
2. Dengan melihat perkembangan Islam yang menyebar ke pelosok dunia, umat Islam akan terdorong untuk meningkatkan kualitas, baik secara langsung maupun umum, biar bisa berperan dalam percaturan dunia yang semakin global.
3.Dapat menimba ilmu pengetahuan ihwal perkembangan peradaban umat Islam di banyak sekali belajan dunia.
4.Memiliki saudara seiman dengan jumlah mencapai 1 milyar.Merasa besar hati dengan torehan prestasi dan kemajuan saudaranya sekaligus merasa sedih dan menderita terhadap penderitaan saudaranya yang seiman.
5.Semakin yakin keimanan muslim akan kebenaran agamanya meskipun telah dihambat, dinodai, dan dihalangi dengan banyak sekali cara oleh mereka yang tidak menyukai Islam.
5. Seperti apakah teladan insiden perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan pada masa modern?
Penyelesaian:
1. adanya al-qur'an eletronik yang membantu lebih gampang mempelajari al-qur'an ataupun mendengarkan al-qur'an
2. Pola pembaharuan pendidikan Islam yang berorientasi pada pendidikan modern di Barat.
3. Golongan yang berorientasi pada sumber Islam yang murni.Mereka beropini bahwa bahwasanya Islam itu sendiri merupakan sumber dari kemajuan dan perkembangan peradaban Ilmu Pengetahuan modern. Dalam hal ini Islam telah membuktikannya. Sebab-sebab kelemahan umat Islam meurut mereka yaitu lantaran tidak lagi melakukan aliran Agama Islam sebagaimana mestinya. Ajaran Islam yang sudah tidak murni lagi dipakai untuk sumber kemajuan dan kekuatan. Pola ini dilakukan oleh Muhammad bin Abdul Wahab, Jamaluddin Al-Afghani, dan Muhammad Abduh.
4. Usaha yang berorientasi kepada Nasionalisme.Golongan ini melihat di Barat rasa Nasionalisme ini timbul bersamaan dengan berkembangnya pola kehidupan modern sehingga mengalami kemajuan yang menjadikan kekuatan politik yang bangun sendiri. Keadaan ini pada umumnya mendorong Bangsa timur dan bangsa terjajah lainnya untuk mengembangkan nasionalisme mereka masing-masing.
Sumber http://www.bastechinfo.com