Wednesday, March 7, 2018

√ Bidang - Bidang Manajemen

 bidang manajemen meliputi manajemen produksi √ Bidang - Bidang Manajemen

Bidang - Bidang Manajemen


   Bidang - bidang manajemen meliputi manajemen produksi, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen personalia, dan manajemen manajemen / akuntansi. Simaklah uraian bidang - bidang manajemen berikut.

  1. Manajemen Produksi

   Manajemen produksi ialah kegiatan untuk mengatur dan mengoordinasikan faktor - faktor produksi ibarat alam, tenaga kerja, modal, dan skill secara efektif dan efisien biar sanggup membuat atau menambah guna suatu barang atau jasa. Tujuan manajemen produksi ialah mengatur produksi barang atau jasa dalam jumlah, kualitas, harga, waktu serta kawasan tertentu sesuai dengan kebutuhan konsumen. Kegiatan manajemen produksi ialah sebagai berikut.

  a. Perencanaan Sistem Produksi

   Perencenaan sistem produksi ialah perencanaan dan pengoordinasian perihal orang, bahan, mesin, metode, dan modal yang diharapkan untuk memproduksi barang atau jasa pada metode di masa yang akan dadtang. Perencanaan produksi mencakup, meliputi : 
   1) Jenis barang yang diproduksi
   2) Jumlah barang yang akan diproduksi
   3) Desain produksi
   4) Bahan baku yang dibutuhkan
   5) Cara Pengolahan.

  b. Pengendalian produksi

   Pengendalian produksi merupakan rangkaian mekanisme yang diarahkan pada semua elemen dalam proses produksi. Pengendalian produksi meliputi pengendalian bahan, harga beli materi baku, proses produksi, standar kualitas produksi, tenaga kerja dan sebagainya biar menawarkan hasil dengan sedikit biaya dalam waktu tercepat.

  c. Pengawasan Produksi

   Pengawasan produksi bertujuan untuk menjamin terlaksananya kegiatan sesuai dengan yang direncanakan, yaitu memproduksi dengan cara yang terbaik dan biaya seminimal mungkin, serta sempurna waktu.

  2. Manajemen Pemasaran

   Manajemen pemasaran merupakan proses perencanaan dan pelaksanaan penetapan harga, promosi, dan pendistribusian gagasan, barang atau jasa yang memungkinkan terjadi pertukaran atau penyampaian barang atau jasa dari produsen ke konsumen sanggup berjalan lancar dan memuaskan. Manajemen pemasaran bertujuan untuk meningkatkan volume penjualan produk yang dihasilkan. Kegiatan manajemen pemasaran antara lain.

  a. Riset Pasar

   Riset pasar merupakan penelitian yang dilakukan perusahaan untuk mengidentifikasi impian atau kebutuhan konsumen, sehingga perusahaan sanggup memilih produk yang sanggup memenuhi kebutuhannya.

  b. Perencanaan Pemasaran

   Perencanaan pemasaran meliputi penentuan sasaran penjualan, penetapan segmen pasar, metode pemasaran, dan penentuan alat pemasaran.

  c. Melakukan Analisis

   Analisis dilakukan untuk mengetahui peluang pasar, tantangan, dan bahaya dari pesaing.

  d. Mempromosikan Produk

   Promosi produk dilakukan melalui media massa, reklame, atau billboard, personal selling (promosi secara verbal oleh perusahaan), promosi penjualan (kegiatan pemasaran yang merangsang pembelian produk oleh konsumen) dan publisitas.

   Di dalam manajemen pemasaran, terdapat istilah bauran pemasaran (marketing mix). Bauran pemasaran (marketing mix) meliputi 4P yaitu product, price, place, dan promotion.
   1) Product (produk), yaitu barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen.
   2) Price (harga), yaitu jumlah uang yang harus dibayar oleh konsumen untuk mendapat produk.
   3) Place (distribusi), yaitu acara perusahaan untuk menyalurkan produk dari produsen kepada konsumen.
   4) Promotion (promosi), yaitu acara yang mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk konsumen biar membelinya.

  3. Manajemen Keuangan

   Manajemen keuangan ialah kegiatan mengatur keseimbangan antara kebutuhan dana dengan tersedianya dana dari aneka macam sumber dana untuk meningkatkan nilai perusahaan. Dalam melaksanakan fungsinya mengelola keuangan, manajemen keuangan melaksanakan tiga langkah berikut.
   a. Menentukan sumber dana yang diperlukan
   b. Mengalokasikan sumber keuangan yang ada pada segala acara perusahaan atau penyusunan anggaran pengeluaran.
   c. Melakukan pengawasan terhadap penggunaan dan pemanfaatan keuangan.

  4. Manajemen Sumber Daya Manusia

   Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) atau manajemen personalia ialah seni ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan terhadap personalia. Manajemen sumber daya insan bertujuan untuk meningkatkan bantuan personalia terhadap organisasi dalam rangka mencapai produktivitas organisasi.

   Ruang lingkup manajemen personalia meliputi kegiatan berikut.
   a. Pengadaan pegawai (recruitment), yaitu kegiatan yang meliputi perencanaan penerimaan pegawai, analisis jabatan, seleksi pegawai, dan penempatan pegawai.
   b. Pengembangan, yaitu kegiatan yang meliputi sistem pengupahan, penilaian karyawan, dan pemindahan.
   c. Pemberian kompensasi, yaitu kegiatan yang meliputi sistem pengupahan, analisis perihal upah yang dibayarkan, penilaian jabatan, penilaian tingkat produktivitas, dan penilaian sistem pengupahan insentif.
   d. Pengintegrasian, ialah kegiatan untuk memudahkan impian perusahaan, tenaga kerja, dan masyarakat.
   e. Pemeliharaan, ialah kegiatan yang meliputi penyusunan acara keselamatan, kesehatan dan pelayanan karyawan, serta pemutusan relasi kerja.

  5. Manajemen Administrasi (Akuntansi)

   Kegiatan manajemen akuntansi ialah mengumpulkan, mencatat, menganalisis, dan melaporkan keuangan perusahaan sebagai materi pengambilan keputusan. Sasaran utama manajemen akuntansi ialah menyajikan laporan perihal insiden finansial atau keuangan
  
   Manajemen manajemen (akuntansi) memiliki tahap - tahap sebagai berikut.
   a. Pengumpulan data yang berbentuk data harian, mingguan, atau bulanan.
   b. Pencatatan data secara sistematis, berurutan, dan terperinci.
   c. Pengelompokan data berdasarkan golongan, rekening, atau penggolongan yang lain berdasarkan kebutuhan.
   d. Pelaporan secara periodik biar terdapat kesinambungan dan untuk mengetahui kemajuan atau kemunduran perusahaan.
   e. Penafsiran data kemudian dibandingkan dengan kondisi perusahaan periode sebelumnya atau kondisi perusahaan lain.



Sumber http://falah-kharisma.blogspot.com