Sunday, March 25, 2018

√ 11 Tipe Taktik Untuk Mencapai Tujuan Perusahaan

 Tipe Strategi Untuk Mencapai Tujuan Perusahaan √ 11 Tipe Strategi untuk Mencapai Tujuan Perusahaan

Terdapat 11 macam seni administrasi yang sanggup dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Dimana, semua seni administrasi tersebut sanggup dikelompokkan menjadi 4 kelompok yaitu:
  1. Integration Strategy
  2. Intensive Strategy
  3. Diversification Strategy
  4. Defensive Strategy

Integration Strategy

Integration strategy yakni seni administrasi perusahaan untuk memperluas rantai distribusi dari perusahaan tersebut.

Maksudnya, seni administrasi ini berfokus untuk menguasai rantai distribusi dari perusahaan dari hulu hingga hilir.

Integration strategy sendiri terdiri atas 3 jenis seni administrasi yaitu forward integration, backward integration, dan horizontal integration.

Forward integration yakni seni administrasi perusahaan untuk memperoleh kepemilikan atas agen atau retailer.

Backward integration yakni seni administrasi perusahaan untuk memperoleh kepemilikan atas produsen atau supplier.

Horizontal integration yakni seni administrasi perusahaan untuk memperoleh kepemilikan atas perusahaan kompetitornya.

Contohnya, PT. Indofood sebagai penghasil produk indomie.

Strategi forward integration yang dilakukan PT. Indofood yakni dengan mendirikan perusahaan ritel Indomaret.

Dengan dikuasainya indomaret sebagai perusahaan ritel sanggup meningkatkan margin yang diperoleh Indofood sendiri, lantaran produk indomie yang eksklusif dijual ke konsumen tanpa melalui perantara.

Atau, dengan produk indomie yang dijual secara eksklusif ke konsumen, sanggup membuat produk indomie yang lebih meruah dibanding produk kompetitornya.

Strategi backward integration yang dilakukan yakni dengan mengakuisisi (membeli) bogasari yang merupakan perusahaan tepung.

Dengan dikuasainya bogasari yang merupakan perusahaan tepung, sanggup menurunkan biaya materi baku dari pembuatan indomie sendiri.

Serta, seni administrasi horizontal integration yang sanggup dilakukan oleh PT. Indofood contohnya yakni ibarat mengakuisisi (membeli) perusahaan Mie Sedaap.

Sehingga, dengan diakuisisi produk mie sedap, sanggup meningkatkan pangsa pasar dan mengurangi jumlah kompetitor dari produk indomie sendiri.

Intensive Strategy

Intensive strategy yakni seni administrasi perusahaan untuk meningkatkan posisi kompetitif perusahaan atas produknya di pasar.

Jadi, tujuan utama dari seni administrasi ini yakni biar masyarakat lebih mengenal dan mengetahui produk suatu perusahaan dibanding produk kompetitornya.

Intensive strategy dibagi menjadi 3 jenis seni administrasi yaitu market penetration, market development, product development

Market penetration yakni seni administrasi yang berfungsi untuk meningkatkan pangsa pasar dari suatu produk atau jasa dengan cara melaksanakan seni administrasi marketing.

Market development yakni seni administrasi untuk meningkatkan pangsa pasar dengan cara mengenalkan suatu produk atau jasa ke kawasan geografis yang baru.

Perbedaan antara market penetration dan market development yakni pada market penetration, produk atau jasa dari perusahaan tersebut sudah ada di pasar, tetapi masih belum begitu diketahui secara luas.

Sedangkan pada market development, produk atau jasa tersebut belum masuk ke pasar pada kawasan tertentu, sehingga perusahaan berusaha untuk mengenalkan produk tersebut ke kawasan gres tersebut.

Berbeda dengan, Product development merupakan seni administrasi untuk meningkatkan pangsa pasar dengan cara menyebarkan atau membuat produk atau jasa yang baru.

Jadi, tujuan dari seni administrasi ini yakni untuk meningkatkan sales dari perusahaan sendiri.

Contohnya ibarat Samsung yang kini ini sudah mempunyai aneka macam jenis tipe smartphone dari lini galaxy yang ditawarkan, mulai dari seri S, A, J, Note, Tab, hingga Watch.

Selain itu, Samsung juga menyebarkan produknya secara rutin, contohnya seri Samsung galaxy S yang kini ini sudah hingga seri Samsung galaxy S 10.

Diversification Strategies

Diversification strategies yakni seni administrasi perusahaan untuk menyebarkan produk atau jasa gres untuk sanggup meningkatkan pangsa pasar yang sanggup diperoleh perusahaan tersebut

Diversification strategis sanggup dibagi menjadi 2 yaitu related diversification dan unrelated diversification.

Related diversification yakni seni administrasi perusahaan untuk menyebarkan produk atau jasa gres yang masih berkaitan dengan produk atau jasa perusahaan tersebut.

Contohnya yakni ibarat Facebook sebagai perusahaan yang bergerak di bidang social networking membeli whatsapp dan instragram yang juga merupakan aplikasi social media.

Jadi, hal yang dilakukan facebook dengan membeli whatsapp dan instragram merupakan related diversification, lantaran produk barunya masih bergerak di bidang yang sama dengan facebook.

Sedangkan, unrelated diversification yakni seni administrasi perusahaan menyebarkan produk atau gres yang tidak mempunyai kaitan dengan produk atau jasa perusahaan kini ini.

Contohnya yakni xiaomi yang merupakan perusahaan teknologi, dimana kini ini, xiaomi tidak hanya menjual produk teknologi saja.

Melainkan, xiaomi juga menjual produk sehari-hari contohnya dari sling bag, payung, hingga dompet.

Defensive Strategy

Defensive strategy yakni seni administrasi perusahaan untuk seni administrasi perusahaan untuk mempertahankan posisi perusahaan tersebut dikala ini di pasar biar tetap sanggup bertahan.

Alasan utama perusahaan melaksanakan defensive strategy yakni lantaran terjadinya penurunan kinerja perusahaan di pasar yang biasanya ditunjukkan dengan keuntungan yang semakin menurun.

Oleh alasannya yakni itu, perusahaan perlu untuk melaksanakan tindakan biar penurunan tersebut tidak terjadi terus menerus atau terjadi tidak terlalu signifikan biar perusahaan tetap sanggup bertahan.

Terdapat 3 defensive seni administrasi yang sanggup dilakukan perusahaan biar tetap sanggup bertahan hidup meliputi: Retrenchment, Diversiture, dan liquidation.

Retrenchment yakni seni administrasi perusahaan dengan menjual aset atau unit perusahaan yang dianggap tidak menguntungkan.

Aset dianggap tidak menguntungkan lantaran tidak memperlihatkan nilai atau value pada perusahaan atau aset yang tidak digunakan/jarang digunakan.

Dimana, tujuan utama dari seni administrasi ini yakni untuk mengurangi biaya yang ditimbulkan dari aset itu sendiri.

Contohnya ibarat mesin, yang kalau baik digunakan maupun tidak digunakan oleh perusahaan tetap akan menjadikan biaya yaitu biaya depresiasi.

Jadi, kalau terdapat mesin yang tidak digunakan lebih baik untuk dijual, lantaran hanya akan menjadikan beban kepada perusahaan.

Divestiture yakni seni administrasi perusahaan untuk menjual divisi atau pecahan dari suatu perusahaan yang dianggap tidak menguntungkan.

Dengan menjual divisi dari suatu perusahaan, maka secara otomatis perusahaan juga menjual aset perusahaannya.

Oleh alasannya yakni itu, sanggup dikatakan bahwa seni administrasi retrenchment merupakan pecahan dari divestiture.

Contoh dari seni administrasi divestiture yakni contohnya The Coca-Cola Company yang mempunyai 3 jenis produk yaitu coca-cola, sprite, dan fanta dimana setiap produk tersebut mempunyai divisi yang berbeda.

Setelah diamati, ternyata divisi fanta mengalami penurunan penjualan secara terus menerus, oleh alasannya yakni itu, The Coca-Cola Company memutuskan menjual divisi fanta untuk mengurangi biaya yang timbul biar tidak mengalami penurunan laba.

Liquidation yakni seni administrasi perusahaan untuk menjual semua aset perusahaan lantaran sudah tidak menguntungkan lagi.

Karena dianggap, lebih baik perusahaan untuk berhenti beroperasi dibandingkan beroperasi kalau sudah tidak menguntungkan lagi.

Contohnya ibarat PT Sariwangi Agricultural Estate Agency, PT Nyonya Meneer, Batavia Air, dan lain lain.

Tetapi, apakah semua seni administrasi tersebut harus digunakan?

Jawabannya tidak, lantaran tidak ada perusahaan yang bisa untuk menjalankan semua seni administrasi tersebut sekaligus.

Sebab, sumber daya yang dimiliki perusahaan jumlahnya terbatas, dan juga itu hanya akan membuang biaya dan waktu perusahaan.

Oleh lantaran itu, perusahaan harus membuat keputusan mengenai seni administrasi mana yang harus dijalankan.

Perusahaan harus menentukan seni administrasi mana yang paling cocok dan bermanfaat dan sesuai dengan kondisi dikala ini dari perusahaan tersebut.

Serta, dari 11 tipe seni administrasi tersebut, terdapat juga seni administrasi yang sifatnya saling berlawanan dan mustahil untuk dilakukan secara bersamaan.

Sumber http://www.dounkey.com