Friday, February 9, 2018

√ Perjanjian Roem Royen | Latar Belakang, Sejarah, Hasil, Isi Dampaknya

Perjanjian Roem Royen adalah adalah sebuah perjanjian antara Indonesia dengan Belanda yang dimulai pada tanggal 14 April 1949 dan karenanya ditandatangani pada tanggal 7 Mei 1949 di Hotel Des Indes, Jakarta. Namanya diambil dari kedua pemimpin delegasi, Mohammad Roem dan Herman van Roijen. Kali ini akan disampaikan fakta dan gosip mengenai latar belakang perjanjian Roem Royen serta sejarah, isi, efek serta hasil negosiasi Roem Royen selengkapnya.


Latar Belakang Perjanjian Roem Royen


Perundingan Roem Royen awalnya dilatarbelakangi oleh terjadinya serangan dari Belanda kepada Indonesia sesudah proklamasi kemerdekaan. Belanda melaksanakan serangan ke Yogyakarta serta serangan Agresi Militer Belanda II. Hal ini ditambah dengan adanya penahanan pemimpin Indonesia mulai mengundang kecaman dari dunia internasional terutama dari Amerika Serikat dan Dewa PBB.


Tekanan dari luar negeri yang lalu menciptakan perlunya dilakukan negosiasi Indonesia dan Belanda. Oleh alasannya itu lalu dilakukan negosiasi Roem Royen yang menjadi jalan menuju Konferensi Meja Bundar (KMB) yang akan diadakan di Den Haag, Belanda. Tanggal perjanjian Roem Royen diadakan mulai dari 14 April hingga 7 Mei 1948 dan bertempat di Jakarta.


 adalah adalah sebuah perjanjian antara Indonesia dengan Belanda yang dimulai pada tanggal √ Perjanjian Roem Royen | Latar Belakang, Sejarah, Hasil, Isi  Dampaknya


Jalannya Perundingan Roem Royen


Perjanjian Roem Royen dimulai tanggal 14 April 1948. Dalam perjanjian Roem Royen, pihak Indonesia diwakili oleh Mohammad Roem beberapa anggota menyerupai Ali Sastro Amijoyo, Dr. Leimena, Ir. Juanda, Prof. Supomo, dan Latuharhary. Sedangkan pihak Belanda diwakili oleh Dr. J. Herman van Royen dengan anggotanya menyerupai Blom, Jacob, dr. Van, dr. Gede, Dr. P. J. Koets, Van Hoogstratendan dan Dr. Gieben.


Sementara pihak penengah ialah UNCI (United Nations Comission for Indonesia) yang diketuai oleh Merle Cochran dari Amerika Serikat. Kemudian negosiasi Indonesia diperkuat dengan hadirnya Drs. Moh Hatta dan Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Perundingan gres selesai pada tanggal 7 Mei 1949 di Hotel Des Indes, Jakarta. Perjanjian ini mulai ditandatangani dan nama perjanjian ini lalu diputuskan untuk diambil dari nama kedua pemimpin delegasi, yaitu Mohammad Roem dari pihak Indonesia dan Herman van Royen dari pihak Belanda.


Hasil Perjanjian Roem Royen


Hasil negosiasi Roem Royen ini antara lain ialah :



  1. Angkatan bersenjata Republik Indonesia harus menghentikan semua acara gerilya

  2. Pemerintah Republik Indonesia akan menghadiri Konferensi Meja Bundar (KMB)

  3. Kembalinya pemerintahan Republik Indonesia ke kota Yogyakarta

  4. Angkatan bersenjata Belanda akan menghentikan semua operasi militer dan membebaskan semua tahanan perang dan politik

  5. Belanda menyetujui Republik Indonesia sebagian dari Negara Indonesia Serikat

  6. Kedaulatan akan diserahkan kepada Indonesia secara utuh dan tanpa syarat

  7. Belanda dan Indonesia akan mendirikan sebuah komplotan dengan dasar sukarela dan persamaan hak

  8. Belanda menawarkan semua hak, kekuasaan dan kewajiban kepada Indonesia


Dampak Perjanjian Roem Royen


Terdapat banyak efek perjanjian Roem Royen pada keadaan di Indonesia. Isi perjanjian Roem Royen termasuk pembebasan tahanan politik sehingga Soekarno dan Hatta kembali ke Yogyakarta sesudah diasingkan. Yogyakarta juga menjadi ibukota sementara dari Indonesia. Terjadi juga penyerahan mandat dari Sjafruddin Prawiranegara sebagai presiden PDRI (Pemerintahan Darurat Republik Indonesia) kembali kepada Ir. Soekarno.


Yang paling mencolok ialah adanya gencatan senjata antara Belanda dan Indonesia. Perundingan Roem Royen pun berujung dengan dilaksanakannya Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag, Belanda yang menuntaskan permasalahan antara Indonesia dan Belanda.


Demikian sedikit pembahasan perihal negosiasi Roem Royen mencakup latar belakang, tujuan, sejarah, hasil dan isi serta efek yang ditimbulkan dengan adanya perjanjian Roem Roijen antara Belanda dan Indonesia secara lengkap. Peristiwa persetujuan Roem Royen ini pun menjadi salah satu kejadian bersejarah dalam kelangsungan Republik Indonesia yang terjadi sesudah masa kemerdekaan.




Sumber https://www.zonareferensi.com