Friday, February 9, 2018

√ Macam - Macam Forum Pengendalian Sosial

Dalam pelaksanaan pengendalian sosial kita mengenal pengendalian sosial formal maupun peng √ Macam - Macam Lembaga Pengendalian Sosial

  Macam - Macam Lembaga Pengendalian Sosial

   Dalam pelaksanaan pengendalian sosial kita mengenal pengendalian sosial formal maupun pengendalian sosial nonformal. Berdasarkan sifat pengendalian sosial terdapat pengendalian yang sifatnya preventif yang diusahakan sebelum tindak pelanggaran. Pengendalian sosial represif ialah pengendalian sosial sehabis tindak pelanggaran itu dilakukan. Terdapat beberapa jenis forum pengendalian sosial. Lembaga pengendalian sosial tersebut akan diuraikan sebagai berikut.

   A. Lembaga Kepolisian

   Polisi merupakan pegawapemerintah keamanan dan ketertiban masyarakat bertugas sebagai pelindung terhadap ketertiban masyarakat, menangkap pelaku - pelaku pelanggar aturan serta melaksanakan tindak lanjut terhadap penyelesaian suatu pelanggaran aturan untuk disampaikan ke pihak kejaksaan. 

   Lembaga kepolisian terbagi - bagi menjadi beberapa fungsi, contohnya menyerupai bab bimbingan masyarakat, TKP, reserse, brigadir mobil, bab operasi khusus dan lain - lain yang mengarah pada terciptanya suatu tertib sosial. Hal tersebut dilakukan di setiap sisi kehidupan, menyerupai ketertiban aturan di maritim dengan pegawapemerintah kepolisian laut, ketertiban berlalu lintas oleh satuan polisi kemudian lintas, ketertiban di udara oleh polisi - polisi udara dan ketertiban umum yang menyangkut kepentingan - kepentingan di masyarakat.

   B. Lembaga Kejaksaan

   Lembaga kejaksaan pada hakikatnya merupakan forum formal yang bertugas sebagai penuntut umum, ialah pihak yang melaksanakan penuntutan terhadap mereka yang melaksanakan pelanggaran aturan menurut tertib aturan yang berlaku. Pekerjaan forum kejaksaan intinya merupakan tindak lanjut dari forum kepolisian yang menangkap dan menyidik pelaku - pelaku pelanggaran.

   C. Lembaga Pengadilan

   Lembaga pengadilan pada hakikatnya juga merupakan forum pengendalian sosial formal yang bertugas untuk menyidik kembali hasil penyidikan dan BAP dari kepolisian serta menindaklanjuti tuntutan dari kejaksaan terhadap perkara pelanggaran itu sendiri. Lembaga pengadilan merupakan forum pengayoman sekaligus forum untuk memperoleh rasa keadilan dalam masyarakat. Lembaga pengadilan akan memutuskan seseorang dinyatakan bersalah atau tidak bersalah menurut investigasi di dalam persidangan yang dilaksanakan secara intensif.

   D. Lembaga KPK

   KPK merupakan forum gres di kurun pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri yang dibuat untuk menyempurnakan kiprah polisi, kejaksaan dan pengadilan khusus mengenai pemberantasan korupsi di tanah air. Lembaga ini dibuat oleh presiden dan bertanggung jawab eksklusif kepada presiden.

   E. Lembaga Adat

   Pada masyarakat tradisional, aturan tabiat masih sangat kental berlaku di masyarakat. Penyimpangan sikap diselesaikan menurut aturan aturan tabiat yang berlaku di bawah penyelenggaraan tokoh - tokoh tabiat setempat, contohnya aturan tabiat Kalimantan Tengah yang memperlihatkan eksekusi kepada muda - mudi yang tertangkap tangan pacaran. Sesuai dengan aturan tabiat yang berlaku pihak laki - laki dituntut untuk menikahi wanita sebagaimana ketentuan aturan adat.

   F. Tokoh - Tokoh Masyarakat

   Pengendalian sosial sanggup dilakukan oleh para pemuka masyarakat yang memiliki imbas atau karisma untuk mengatur banyak sekali kegiatan di dalam lingkup masyarakat. Tokoh - tokoh masyarakat ini merupakan panutan sekaligus pengendali yang dipatuhi oleh warga masyarakat yang lain. Semua perjuangan dilakukan warga masyarakat untuk memperlihatkan opini dan pemfokusan terhadap pihak - pihak yang dianggap melanggar ketentuan perundangan yang berlaku, baik yang disampaikan secara eksklusif maupun tidak eksklusif disebut kontrol sosial.


Sumber http://falah-kharisma.blogspot.com