Thursday, February 8, 2018

Jawaban Uji Kompetensi Belahan 2 Ipa Kelas 7 Halaman 89 (Klasifikasi Makhluk Hidup)

Uji Kompetensi Bab 2
Halaman 89-90
Bab 2 (Klasifikasi Makhluk Hidup)
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas 7 SMP/MTS
Semester 1 K13
Jawaban Uji Kompetensi Bab 2 IPA Kelas 7 Halaman 89 (Klasifikasi Makhluk Hidup)
Jawaban Uji Kompetensi Bab 2 Halaman 89 IPA Kelas 7 (Klasifikasi Makhluk Hidup)


 dan ular diletakkan pada filum yang sama Jawaban Uji Kompetensi Bab 2 IPA Kelas 7 Halaman 89 (Klasifikasi Makhluk Hidup)
Jawaban Uji Kompetensi Bab 2 IPA Kelas 7 Halaman 89 (Klasifikasi Makhluk Hidup)

1. Mengapa ikan, sapi, katak, ayam, dan ular diletakkan pada filum yang sama, tetapi tingkatan spesies tidak sama? Coba jelaskan.
Jawab:
Hewan ikan, sapi, katak, ayam, ular diletakkan pada filum yang sama, alasannya yaitu mempunyai struktur badan yang sama yaitu mempunyai tulang belakang (vertebra). Karena itu semuanya dimasukkan ke dalam filum Vertebrata atau Chordata.

Tetapi tingkatan spesies hewan-hewan di atas tidak sama alasannya yaitu setiap binatang mempunyai ciri fisik yang sangat berbeda, mirip organ gerak, sistem peredaran darah sampai sistem respirasi.


2. Pada sungai yang belum mengalami pencemaran sering ditemukan siput air dan cacing Planaria. Termasuk kelompok apakah kedua binatang tersebut?
Jawab:
Siput air dan planaria sama-sama binatang tak bertulang belakang/ avertebrata. lebih rinci, berikut pembagian terstruktur mengenai siput air dan planaria.

Siput air
Kingdom : Animalia
Phylum : Mollusca
Class : Gastropoda
Ordo : Pulmonata
Familia : Helicidae
Genus : Helix
Spesies : Helix pomatia 
Tubuh siput air terdiri atas kepala, leher, kaki, dan punuk, viceral (jerohan). Pada kepala terdapat sepasang tentakel yaitu : sepasang yang pendek sebagai alat pembau. Sepasang yang panjang sebagai alat pelihat. Dibawah kepala terdapat kelenjar mucosa yang membasahi kaki. Kakinya lebar dan pipih ibarat alat untuk berjalan dan selalu basah. Kaki dan kepala sanggup disimpandalam cangkok bila keadaan tidak mengizinkan.

Planaria
Kingdom : Animalia 
Phylum : Platyhelminthes 
Class : Turbellaria 
Ordo : Tricladida 
Sub Ordo : Paludicola 
Famili : Planariidae 
Genus : Euplanaria 
Species : Euplanaria, sp 
Planaria tubuhnya pipih, lonjong dan lunak dengan panjang badan kira-kira antara 5-25 mm. Bagian anterior (kepala) berbentuk segitiga tumpul, berpigmen gelap kearah belakang, mempunyai 2 titik mata.

Jadi siput air termasuk kelompok Mollusca, dan planaria kelompok  Platyhelminthes.


3. Perhatikan gambar berikut.
Berdasarkan ciri-ciri apakah hewan-hewan tersebut dimasukkan ke dalam kelas serangga? Coba jelaskan. 
Siput air Planaria Belalang Kupu-kupu Capung
Jawab:
Hewan-hewan yang dimasukan ke dalam kelas serangga yaitu: belalang, kupu-kupu, dan capung.  

Ciri yang mendasari penggolongan ini yaitu bentuk badan yang berruas, bertubuh 3 bagian, dengan 3 pasang kaki dan tidak bertulang belakang.

Pembahasan:  
Serangga yaitu binatang dalam kelas Insecta yang  termasuk binatang tidak bertulang (invertebrata) yang bertubuh berruas (Anthropoda).

Serangga mempunyai ciri yaitu bertubuh ruas, yang mempunyai 3 segment badan (kepala, thorax atau dada, abdomen atau perut), mempunyai kaki terdiri dari 3 pasang kaki, bernafas dengan trakea dan sanggup mempunyai sayap.

Dalam soal ini:
Siput air, bukan termasuk serangga melainkan termasuk Mollusca, yang mempunyai badan lunak, tidak bertulang belakang dan berlendir
Planaria, bukan termasuk serangga melainkan termasuk Turbellaria (cacing pita), dengan ciri badan pipih, hidup di air dan tidak bertulang belakang

Belalang, termasuk serangga dari ordo Orthoptera, dengan ciri umum serangga mirip badan berruas, ditambah dengan bentuk sayap yang kecil dan menyamping ke belakang, serta mengalami metamorfosis tak sempurna

Kupu-kupu, termasuk serangga dari ordo Lepidoptera, dengan ciri umum serangga, ditambah dengan bentuk sayap yang besar dan berwarna-warni, serta mengalami metamorfosis sempurna

Capung, termasuk serangga dari ordo Odonata, dengan ciri umum serangga, ditambah dengan 4 buah sayap yang menyamping, dengan pasangan sayap depan lebih besar dari pasangan sayap depan. Capung mengalami metamorfosis sempurna


4. Perhatikan gambar berikut.
Hiu Lumba-lumba Paus Pari
Cari persamaan dan perbedaan dari hewan-hewan tersebut. Kemudian kelompokkan hewan-hewan tersebut.
Jawab:
Hiu, Paus, Lumba-lumba dan Ikan Pari

Persamaan:
- Termasuk Hewan Vertebrata (bertulang belakang)
- Fertilisasi internal atau eksternal
- Alat geraknya berupa sirip
- Hidup di air

Perbedaan:
- Ikan Hiu dan Ikan Pari bersifat poikiloterm (berdarah dingin), sedangkan Paus dan lumba-lumba bersifat homoiterm (berdarah panas)
- Perkembangbiakan Paus dan lumba-lumba dengan cara melahirkan atau beranak (vivipar), sedangkan Perkembangbiakan Ikan Hiu dan Ikan Pari dengan cara bertelur dan beranak (ovovivipar)
- Ikan Hiu dan Ikan Pari bernafas dengan insang, sedangkan Paus dan lumba-lumba bernafas dengan paru-paru
- Ikan Hiu dan Ikan Pari mempunyai jantung yang terbagi dua ruang yaitu atrium dan vertikel, sedangkan Paus dan lumba-lumba mempunyai jantung terbagi atas empat ruangan yang terdiri atas dua serambi dan dua bilik

Pengelompokkan:
Ikan Hiu dan Ikan Pari ⇒ Kelompok Pisces
Paus dan lumba-lumba ⇒ Kelompok Mamalia

5. Ida menemukan tumbuhan yang mempunyai ciri-ciri tulang daunnya sejajar, berbentuk mirip pohon kelapa, batangnya tidak bercabang, terdapat bangun seperti kerucut. Tumbuhan apakah yang ditemukan Ida? Berikan contoh tumbuhan lainnya yang sekelompok dengan tumbuhan yang ditemukan Ida.
Jawab:
Ida menemukan tumbuhan yang mempunyai ciri-ciri tulang daunnya sejajar, berbentuk mirip pohon kelapa, batangnya tidak bercabang, terdapat bangkit mirip kerucut. Tumbuhan apakah yang ditemukan Ida? Berikan pola tumbuhan lainnya yang sekelompok dari tumbuhan yang ditemukan Ida!

Pembahasan : 
Ciri-ciri tumbuhan yg ditemukan Ida adalah  tulang daunnya sejajar, berbentuk mirip pohon kelapa, batangnya tidak bercabang, terdapat bangkit mirip kerucut.

Jadi tumbuhan yg ditemukan Ida yaitu pohon palem.
Dibawah ini sanggup kita lihat ciri-ciri atau pembagian terstruktur mengenai dari tumbuhan palem (Arecaceae)

Klasifikasi suku pinang-pinangan (palem) secara umum : 

Batangnya tumbuh tegak ke atas dan jarang bercabang
Batangnya beruas-ruas dan tidak mempunyai kambium sejati
Akarnya tumbuh dari pangkal batang, berbentuk silinder, kurang bercabang tetapi biasanya tumbuh banyak dan masif (padat)  dan berbentuk akar serabut
Berdaun majemuk  dan mempunyai tulang daunnya sejajar
Tangkai daun mempunyai pelepah daun yang membungkus batang.
Bunga tersusun dalam karangan bunga (mayang)
Buahnya ditutupi lapisan luar yang relatif tebal (biasa disebut sabut)
Biji buah relatif cair pada ketika masih muda dan semakin mengeras ketika tua.
Contoh dari tumbuhan palem lainnya :

Enau atau Aren (Arenga pinata)
Kelapa (Cocos nucifera)
Salak (Salacca zalacca )
Kurma (Phoenix dactylifera)
Kelapa sawit (Elaeis guineensis)
Rotan (Calamus rottan)
Nipah (Nypa fruticans)
Sagu atau Rumbia (Metroxylon sago)
Sumber http://www.bastechinfo.com