Saturday, February 10, 2018

√ Imbas Letak Geologis Indonesia Beserta Laba Dan Akibatnya

Pengaruh letak geologis Indonesia – Indonesia merupakan negara yang mempunyai banyak gunung api. Selain itu Indonesia juga termasuk negara yang rawan gempa, menyerupai gempa bumi, gunung berapi atau tsunami. Kenapa sanggup demikian? Ternyata hal tersebut merupakan dampak letak geologis Indonesia? Lantas dimanakah letak geologis Indonesia dan apa akhir letak geologis Indonesia tersebut?


Jika dibandingkan dengan letak Indonesia secara geografis atau astronomis, letak Indonesia secara geologis lebih mempertimbangkan struktur batuan di wilayah Indonesia. Selain itu, letak geologis ini mempertimbangkan faktor vulkanik dan tektonik. Tentunya letak Indonesia secara geologis juga banyak menjadikan dampak dan imbas tertentu bagi beberapa aspek.


Selain mengenai jumlah gunung api dan musibah yang sudah dibahas di atas, dampak letak geologis Indonesia lainnya berdampak pada kesuburan tanah, keanekaragaman hayati sampai potensi sumber daya alam tambang yang ada di wilayah Indonesia. Terdapat dampak positif atau dampak negatif yang ditimbulkan akhir letak geologis Indonesia tersebut.


Tentunya sanggup dikatakan bahwa letak suatu negara mempunyai dampak besar bagi sumber daya dan faktor lainnya yang ada di suatu negara, termasuk juga di Indonesia. Di bawah ini yakni klarifikasi letak Indonesia secara geologis lengkap beserta laba dan pengaruhnya.


 Indonesia merupakan negara yang mempunyai banyak gunung api √ Pengaruh Letak Geologis Indonesia Beserta Keuntungan dan Akibatnya


Letak Geologis Indonesia


Dimanakah letak geologis Indonesia? Letak geologis suatu negara merupakan letak suatu wilayah menurut susunan batuan yang menyusun wilayah tersebut. Artinya pengertian letak geologis yakni letak suatu negara dilihat dari keadaan batu-batuan yang terdapat dalam badan bumi wilayah tersebut.


Bagaimana dengan letak Indonesia secara geologis? Secara geologis Indonesia berada di antara rangkaian pegunungan besar, berada di antara beberapa tempat dangkalan serta menjadi titik pertemuan beberapa lempeng litosfer di dunia. Berikut letak geologis Indonesia lebih jelasnya.



  • Indonesia dilalui oleh dua rangkaian pegunungan besar di dunia yaitu rangkaian Sirkum Meditrania dan Sirkum Pasifik.

  • Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng lithosfer yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia dan lempeng Pasifik.

  • Indonesia terletak pada tiga tempat dangkalan yaitu dangkalan Sunda, dangkalan Sahul dan tempat bahari pertengahan Australia Asiatis.


Kondisi geologis Indonesia yang mempunyai banyak gunung api ini mempunyai dampak positif maupun negatif. Selain menimbulkan tanah di Indonesia mempunyai tingkat kesuburan yang tinggi, hal ini juga menimbulkan sering terjadi musibah yang disebakan kejadian vulkanik.


Pengaruh Letak Geologis Indonesia


Wilayah Indonesia yang berada di antara rangkaian pegunungan besar, berada di antara beberapa tempat dangkalan serta menjadi titik pertemuan beberapa lempeng litosfer di dunia ini menimbulkan beberapa pengaruh. Tentu dampak yang ditimbulkan sanggup berupa laba atau kerugian. Apa saja akhir letak geologis Indonesia? Berikut merupakan dampak letak geologis Indonesia selengkapnya.



  1. Wilayah Indonesia mempunyai banyak gunung api yang aktif terutama di wilayah Indonesia kepingan barat dikarenakan wilayah barat dilalui oleh rangkaian sirkum pegunungan mediterania.

  2. Indonesia menjadi negara rawan gempa bumi, tsunami dan gunung berapi alasannya yakni letak tektonik wilayah Indonesia di antara pertemuan tiga lempeng lithosfer.

  3. Indonesia mempunyai kesuburan tanah yang bagus untuk pertanian dan perkebunan alasannya yakni kegiatan gunung merapi yang menghasilkan tanah vulkanik.

  4. Terdapat banyak sumber daya alam berupa tambang dan mineral yang ada di wilayah Indonesia alasannya yakni adanya cekungan sedimen akhir aktifitas tektonik di wilayah Indonesia.

  5. Laut di Indonesia barat mempunyai kedalaman bahari dalam, sedangkan wilayah Indonesia tengah dan timur terdiri dari lautan dengan kedalaman yang dangkal alasannya yakni kondisi geologis Indonesia yang dilalui oleh dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul.

  6. Indonesia mempunyai keanekaragaman hayati (flora dan fauna) yang tinggi alasannya yakni wilayah Indonesia di antara tiga wilayah dangkalan.

  7. Pegunungan yang ada di Indonesia merupakan rangkaian pegunungan muda dari sirkum Mediterania dan rangkaian sirkum Pasifik.

  8. Sering muncul gunung api di tengah-tengah bahari terutama di wilayah Indonesia kepingan barat yang dilalui oleh rangkaian sirkum Mediterania.


Dapat disimpulkan bahwa letak suatu wilayah kuat terhadap sumber daya yang didapat di negara tersebut. Letak geologi Indonesia menimbulkan banyaknya sumber daya alam yang ada di Indonesia mulai dari mineral ragam tanaman fauna. Meski begitu kerugian letak geologis Indonesia yakni negara ini menjadi rawan bencana, baik gempa bumi atau tsunami.




Sumber https://www.zonareferensi.com