Thursday, February 8, 2018

√ Cara Defrag Hard Disk - Windows 7, 8, 10

Apakah kau tahu apa itu defrag hard disk  √ Cara Defrag Hard Disk - Windows 7, 8, 10

Apakah kau tahu apa itu defrag hard disk ? Apabila tahu tapi tidak bisa melakukannya atau mungkin belum tahu sama sekali, maka saya sangat menyarankan untuk membaca artikel cara defrag hardisk ini alasannya hal ini sangat penting, dalam artian akan menawarkan dampak kasatmata terhadap kinerja laptop atau komputer.


Apa Manfaat Melakukan Defrag Hard Disk ?


Hard Disk dalam komputer atau laptop sangatlah berperan, alasannya semua data akan tersimpan disana. Maka melaksanakan perawatan menyerupai memeriksa kesehatan hardisk itu sangat dibutuhkan semoga performa tidak menurun.

Aktivitas di komputer atau laptop menyerupai menginstall atau uninstall aplikasi, membuka beberapa file, memindahkan atau menghapus file terkadang menciptakan penyimpanan di dalam hard disk berantakan. 

Sama halnya dikala murid simpulan membaca atau meminjam buku dari perpustakaan, niscaya beberapa buku ada yang tersimpan tidak di kawasan asalnya. Dan itu menjadi kiprah bagi petugas perpustakaan untuk membereskan kembali buku - buku tersebut untuk mempermudah menemukannya lagi.

Begitu juga di dalam hardisk, semua file yang kau buka tidak selama akan tersimpan di kawasan semula bahkan begitu juga dikala membuka aplikasi. Ketika beberapa file aplikasi terpisah, otomatis sistem akan mencari file tersebut sebelum membukanya dan itulah yang menjadikan performa menurun bahkan hardisk bisa rusak.

Selengkapnya : Ciri - Ciri Hard Disk Rusak

Nah dengan mendefrag hardisk, maka problem file terpisah menyerupai itu bisa teratasi. Karena tujuan utama dari fitur Defragment yaitu menyusun, memisahkan, menyimpan kembali file ke kawasan semulanya.


Cara Defrag Hard Disk di Laptop atau Komputer (PC)


Sebenarnya sangat gampang untuk melaksanakan defrag hard disk, apalagi di Windows 10. Karena fitur bisa dengan gampang ditemukan. Akan tetapi meskipun kau memakai Windows 7 atau Windows 8 juga masih bisa memakai fitur Defragment.

Kebanyakan orang menyarankan untuk pribadi masuk ke fitur defrag tersebut. Padahal alangkah baiknya ada beberapa tahapan awa sebelum melaksanakan defrag pada hardisk, dalam artian tahapan awal ini semoga hasil lebih maksimal lagi, diantaranya :
  1. Hapus semua file yang ada di Recycle Bin
  2. Lakukan Disk Cleanup (aplikasi bawaan Windows) semoga semua file sampah di hapus dengan baik.
  3. Hapus semua cache browser yang sering kau gunakan
  4. Matikan internet (disconnect) untuk menghindari auto update aplikasi dikala defrag berjalan
Sekali lagi beberapa langkah diatas memang tidak wajib dilakukan. Namun untuk mendapat hasil yang maksimal saya sangat menyarankan langkah tersebut. Adapun berikut cara defrag hardisk yang harus kau ketahui :
  • Pertama masuk ke Start dengan menekan tombol icon Windows di keyboard
  • Selanjutnya pada pencarian ketik "Disk Defragment" dan buka aplikasi tersebut
  • Setelah itu klik partisi yang ingin di defrag. Sebelumnya lebih baik klik Analyze terlebih dahulu, dimana untuk mengetahui apakah hard disk harus di defrag atau tidak perlu. Apabila hasil analisa "Need Optimisation", silahkan klik Optimize untuk mulai mendefrag (lihat gambar dibawah ini)
Apakah kau tahu apa itu defrag hard disk  √ Cara Defrag Hard Disk - Windows 7, 8, 10
  • Tunggu hingga proses benar - benar simpulan dan memang membutuhkan waktu usang apabila tingkat fragment sudah tinggi
Bagaimana gampang bukan ? Memang sangat gampang alasannya Windows sendiri sudah menyiapkan aplikasi untuk hal tersebut dan jangan sepelekan cara sederhana tersebut, alasannya bisa kuat terhadap kinerja laptop atau komputer.

Melakukan Defrag Otomatis Secara Teratur

Sebagai insan niscaya mempunyai rasa malas atau bosan menunggu lamanya proses defrag pada hardisk. Memang susah apabila sudah muncul rasa menyerupai itu, akan tetapi ada solusi lain yaitu dengan menjadwalkan proses defrag. Dengan begitu sistem akan mendefrag penyimpanan secara otomatis dan teratur.
  • Pertama masuk ke Disk Defragment lagi
  • Selanjutnya klik Change settings pada Scheduled optimization (lihat gambar dibawah ini)
Apakah kau tahu apa itu defrag hard disk  √ Cara Defrag Hard Disk - Windows 7, 8, 10

  • Kemudian pada Frequency pilih sesuai keinginan, apakah setiap hari, ahad atau bulan sekali melaksanakan defrag otomatis ini
  • Setelah itu klik Choose dan pilih partisi yang ingin di defrag secara otomatis sesuai dengan aktivitas yang sudah kau tentukan
Dengan beberapa langkah diatas kau sudah berhasil menjadwalkan sistem untuk mendefrag hardisk secara otomatis.

Beberapa Hal Tambahan Mengenai Defrag Penyimpanan

  • Defrag hardisk hanya bisa dilakukan terhadap penyimpanan berjenis HDD (Hard Disk Drive) dan tidak berlaku untuk SSD (Solid State Drive).
  • Rentan waktu terbaik untuk mendefrag yaitu sekitar 1 - 2 bulan sekali. Jangan hingga melakukannya setiah hari alasannya akan berdampak jelek juga.
  • Mendefrag hardisk bukan solusi untuk mengatasi beberapa problem menyerupai blue screen, laptop mati mendadak, dll. Akan tetapi hal ini membantu untuk meningkatkan kembali performa
Makara itulah cara defrag pada hardisk yang harus kau ketahui alasannya bisa meningkatkan kinerja pada laptop atau komputer. Terima kasih sudah membaca hingga sini, alasannya ada banyak beberapa hal perhiasan yang masih bersangkutan dengan topik utama.

Sumber http://www.siddiqrn.net/