Sunday, January 28, 2018

√ Tugas Dan Fungsi Pasar Dalam Perekonomian

Peran dan Fungsi Pasar Dalam Perekonomian √ Peran dan Fungsi Pasar Dalam Perekonomian

  Peran dan Fungsi Pasar Dalam Perekonomian

   Keberadaan pasar memiliki tugas yang sangat penting. Peran pasar dalam perekonomian yaitu sebagai berikut.

   1. Peranan Pasar Bagi Produsen

   Pasar memiliki peranan yang sangat penting bagi produsen yaitu membantu memperlancar penjualan hasil produksi dan sanggup pula dipakai sebagai daerah untuk mempromosikan atau memperkenalkan barang dan jasa hasil produksi. Selain itu produsen juga sanggup memperoleh barang atau jasa yang akan dipakai untuk keperluan proses produksi.

   2. Peranan Pasar Bagi Konsumen

   Pasar memiliki peranan yang sangat penting bagi konsumen, alasannya konsumen gampang untuk memperoleh barang atau jasa yang dibutuhkan. Apabila pasar semakin luas, konsumen akan semakin gampang memperoleh barang atau jasa yang dibutuhkan.

   3. Peranan Pasar Bagi Pembangunan

   Peranan bagi pembangunan yaitu menunjang kelancaran pembangunan yang sedang berlangsung. Upaya dalam meningkatkan pembangunan, pasar berperan membantu menyediakan segala macam barang dan jasa yang bermanfaat bagi pembangunan. Pasar juga sanggup dijadikan sumber pendapatan pemerintah untuk membiayai pembangunan melalui pajak dan retribusi.

   4. Peranan Pasar Bagi Sumber Daya Manusia

   Kegiatan perdagangan di suatu pasar membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit. Semakin luas suatu pasar, semakin besar tenaga kerja yang dibutuhkan. Dengan banyaknya tenaga kerja yang dibutuhkan, berarti pasar turut membantu menguranti pengangguran, memanfaatkan sumber daya manusia, serta membuka lapangan kerja.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------


Secara umum, pasar memiliki tiga fungsi utama yaitu sebagai sarana distribusi, pembentukan harga, dan sebagai daerah promosi.

   1. Pasar Sebagai Sarana Distribusi

   Pasar sebagai sarana distribusi, berfungsi memperlancar proses penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Dengan adanya pasar, produsen sanggup bekerjasama baik secara eksklusif maupun tidak eksklusif untuk memperlihatkan hasil produksinya kepada konsumen. Pasar dikatakan berfungsi baik kalau acara distribusi barang dan jasa dari produsen ke konsumen berjalan lancar. Sebaliknya, pasar dikatakan tidak berfungsi baik kalau acara distribusi seringkali macet.

   2. Pasar Sebagai Pembentuk Harga

   Pasar merupakan daerah pertemuan antara penjual dan pembeli. Di pasar tersebut penjual memperlihatkan barang atau jasa kepada pembeli. Pembeli yang membutuhkan barang atau jasa akan berusaha menawar harga dari barang atau jasa tersebut, sehingga terjadilah tawar - menawar antara kedua belah pihak. Setelah terjadi kesepakatan, terbentuklah harga. Dengan demikian, pasar berfungsi sebagai pembentuk harga. 
 
   Harga yang telah menjadi akad tersebut, tentunya telah diperhitungkan oleh penjual dan pembeli. Penjual tentu telah memperhitungkan keuntungan yang diinginkannya, sedangkan pembeli telah memperhitungkan manfaat barang atau jasa serta keadaan keuangannya

   3. Pasar Sebagai Sarana Promosi

   Pasar sebagai sarana promosi artinya pasar menjadi daerah memperkenalkan dan menginformasikan suatu barang atau jasa ihwal manfaat dan keunggulan pada konsumen. Promosi dilakukan untuk menarik minat pembeli terhadap barang atau jasa yang diperkenalkan. Promosi sanggup dilakukan dengan banyak sekali cara antara lain, memasang spanduk, mengembangkan brosur, bazar dan sebagainya.

   Banyaknya cara promosi yang dilakukan oleh produsen, menciptakan konsumen lebih selektif dalam menentukan barang yang akan dibeli. Biasanya produsen yang memperlihatkan barang dengan harga murah dan kualitasnya elok akan menjadi pilihan konsumen.


Sumber http://falah-kharisma.blogspot.com