Thursday, January 11, 2018

√ Makalah Teknik Dan Sistematiiak Penulisan Makalah Yang Baik Dan Benar Untuk Mahasiswa


TEKNIK DAN SISTEMATIKA PENULISAN MAKALAH YANG BAIK DAN BENAR UNTUK MAHASISWA
MAKALAH
Untuk memenuhi kiprah mata kuliah bahasa Indonesia




Dosen Pembimbing :
Khumaidi Abdillah M. Pd.


Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-FATTAH
SIMAN SEKARAN LAMONGAN
DESEMBER 2015
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.  Segala puji bagi Allah yang telah memperlihatkan kami limpahan rahmat sehingga  kami bisa menuntaskan makalah wacana “TEKNIK DAN SISTEMATIKA PENULISAN MAKALAH YANG BAIK DAN BENAR UNTUK MAHASISWA” ini untuk memenuhi kiprah mata kuliah Bahasa Indonesia dengan baik.
Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun kita dari jalan yang gelap gulita menuju jalan yang terang benderang yakni agama islam.
Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada:
1.      Bapak Drs.H. Malik Zuhri,S.Pd. MMPd. Selaku ketua STIT AL-FATTAH
2.      Bapak Khumaidi Abdillah M. Pd. selaku dosen mata kuliah Bahasa Indonesia
3.      Orang bau tanah kami yang telah membantu baik secara moril maupun materi
4.      Teman-teman satu kelompok yang  telah bekerja sama dalam penyusunan makalah ini.
Makalah ini disusun dengan tujuan pertama memahami dan mendalami wacana pedoman dan teknik penulisan makalah yang baik dan benar.  Kedua memenuhi kiprah diskusi dan pembuatan makalah secara kelompok. Adapun manfaat makalah ini yaitu sebagai wahana pembelajaran mata kuliah bahasa Indonesia semoga sanggup dipelajari oleh seluruh mahasiswa/mahasiswi khususnya jurusan Pendidikan Guru Madrasah  Ibtidaiyah.
Kami menyadari  bahwa makalah yang kami susun ini masih jauh dari sempurna, lantaran itulah kritik dan saran yang membangun dari dosen dan teman-teman sangat kami harapkan.
            Siman, 29 November 2015

Penulis



DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL .......................................................................................................  i
KATA PENGANTAR .....................................................................................................  ii
DAFTAR ISI ...................................................................................................................  iii
BAB I PENDAHULUAN
                 1.1  Latar Belakang...................................................................................................... 1
                 1.2  Rumusan Masalah................................................................................................. 2
                 1.3  Tujuan.................................................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
                 2.1  Pengertian Makalah............................................................................................... 3
                 2.2  Karakteristik Sebuah Makalah.............................................................................. 3
                 2.3  Kerangka Makalah................................................................................................ 4
                 2.4  Teknik Penulisan Makalah..................................................................................... 4
                 2.5  Sistematika penulisan Makalah............................................................................. 5
BAB III PENUTUP
                 3.1  Kesimpulan............................................................................................................ 8
                 3.2  Saran .....................................................................................................................  8
DAFTAR PUSTAKA ......................................................................................................  9



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Sebagai potongan dari implementasi terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi, Mahasiswa, selain diwajibkan mengikuti proses pendidikan dan dedikasi terhadap masyarakat, juga dituntut untuk melaksanakan penelitian.
Pembuatan makalah merupakan suatu hal yang tidak ajaib lagi dikalangan mahasiswa yang sedang menempuh kuliah. Pada dasarnya memang banyak kiprah kuliah yang menjadi beban bagi mahasiswa dan tidak menutup kemungkinan tugas-tugas yang selalu muncul pada setiap mata kuliah yaitu menciptakan makalah.  Kegiatan “Membuat Makalah” merupakan salah satu dari beberapa bentuk ekspresi mahasiswa dalam upaya melestarikan tradisi intelektual akademik. Sayangnya, tidak sedikit dari kita yang mengeluh jikalau “Membuat Makalah” itu sulit, ribet, banyak aturan, dan masih banyak alasan lain yang bergotong-royong bisa kita carikan solusinya.
Makalah merupakan salah satu jenis dari karya ilmiah atau karangan ilmiah. Artinya, sebagai karangan ilmiah, makalah mempunyai sifat obyektif, berdasarkan fakta, sistematis, dan logis. Oleh lantaran itu penulisan makalah harus sesuai aturan-aturan yang berlaku dan harus memenuhi ketentuan-ketentuan dalam penyusunan sebuah makalah.
Banyaknya aturan-aturan yang ada dalam pembuatan makalah, kadang menciptakan seorang mahasiswa merasa kesulitan dalam pembuatan makalah. Ada juga yang menciptakan makalah hanya sebagai unsur keterlibatan saja, yang artinya menciptakan makalah hanya asal-asalan saja yang penting mengumpulkan karya tulis. Hal tersebut sangat tidak patut dilakukan oleh mahasiswa sebagai kaum terpelajar. Oleh lantaran itu, hal menyerupai itu harus segera diminimalisir semoga tidak menjadi kebiasaan seorang mahasiswa.
Dalam pembuatan makalah, biasanya setiap forum pendidikan memakai metode tertentu, dengan kata lain syarat dan ketentuan dalam pembuatan makalah tidak sama persis antara satu forum dengan yang lainnya, walaupun mungkin ada kemiripan. Namun secara garis besar pembuatan makalah itu sama, jadi tidak perlu merasa galau akan kerangka dan teknik penulisan makalah, lantaran secara garis besar kerangka penulisan makalah itu sama, sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku ketika ini.
1.2  Rumusan Masalah
Dalam makalah ini, penulis merumuskan duduk kasus sebagai berikut:
1.         Bagaimana pengertian makalah?
2.         Bagaimana karakteristik sebuah makalah?
3.         Bagaimana kerangka penulisan sebuah makalah?
4.         Bagaimana teknik penulisan sebuah makalah?
5.         Bagaimana sistematika penulisan sebuah makalah?
1.3  Tujuan
1.         Untuk mengetahui dan memahami pengertian dari makalah.
2.         Untuk memahami karakteristik sebuah makalah.
3.         Untuk memahami kerangka, teknik serta sistematika penulisan sebuah makalah.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Pengertian Makalah
Menurut KBBI makalah yaitu goresan pena resmi wacana suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan;  karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan kiprah sekolah atau perguruan tinggi
Menurut Anwar Hasnun sebagaimana dikutip oleh Didik Komaidi, Makalah merupakan karya ilmiah, tetapi lebih khusus bila dibandingkan dengan karya tulis lainnya. Makalah lebih memfokuskan pada karya tulis yang dibacakan di muka umum menyerupai dalam bentuk diskusi kelas, diskusi kelompok, seminar, atau lokakarya. Meskipun sama-sama karya tulis ilmiah, jikalau dilihat dari tujuan pembuatannya, terdapat perbedaan yang fundamental antara makalah, skripsi, tesis, maupun disertasi. Skripsi merupakan karya tulis yang dibentuk sebagai syarat untuk mendapat gelar Strata 1, sebagaimana tesis untuk S2 dan disertasi untuk S3. Sedangkan persamaannya ialah sama-sama hasil pikiran, hasil pengamatan, tinjauan dalam bidang tertentu, yang disusun berdasarkan metode tertentu berdasarkan pengamatan, secara sistematis dan terarah.
Jadi makalah merupakan laporan tertulis yang di terbitkan untuk memperlihatkan citra dari hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah kelompok dengan akhlak atau kaidah keilmuan yang telah ditetapkan dalam penyusunan sebuah makalah.
2.2  Karakteritik sebuah makalah
Makalah mahasiswa yang di maksudkan dalam hal ini mempunyai karakteristik sebagai berikut:
1.         Diangkat dari suatu kajian literatur atau laporan pelaksanaan acara lapangan.
2.         Ruang lingkup makalah berkisar pada cakupan permasalahan dalam suatu mata kuliah.
3.         Memperlihatkan kemampuan mahasiswa wacana permasalahan teoritis yang di kaji atau kemampuan mahasiswa dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip atau teori yang  berhubungan dengan perkuliahan.
4.         Memperlihatkan kemampuan para mahasiswa dalam memahami isi dari sumber-sumber yang di gunakan.
5.         Menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam merangkai aneka macam sumber informasi sebagai satu kesatuan sintesis yang utuh.
2.3  Kerangka Makalah
Secara garis besar makalah terdiri atas tiga bagian,yaitu potongan awal, potongan inti,dan potongan akhir. Isi ke tiga potongan tersebut di paparkan sebagai berikut:
1.         Bagian awal terdiri dari:
Halaman sampul
Kata pengantar
Daftar isi
Daftar tabel dan gambar (jika ada).
2.         Bagian inti terdiri dari:
Bab I Pendahuluan (latar belakang,rumusan duduk kasus dan tujuan  penulisan).
Bab II Pembahasan
Bab III Penutup (kesimpulan dan saran)
3.         Bagian selesai terdiri dari:
Daftar pustaka
Lampiran (jika ada)
2.4  Teknik penulisan makalah
Secara umum, sebuah makalah harus bersifat:
1.           Logis, artinya keterangan , uraian, pandangan, dan pendapat sanggup dikaji, dibuktikan, dan diterima rasio atau logika sehat.
2.           Obyektif, artinya mengemukakan keterangan dan klarifikasi apa adanya, tidak memihak, tidak berlebihan, dan sejenisnya.
3.           Sistematis, yakni apa yang disampaikan, disusun atau ditulis secara runtut dan berkesinambungan, ada kaitan antara awal hingga akhir.
4.           Jelas, maksudnya keterangan, pendapat, dan pandangan yang dikemukakan jelas, dan tidak membingungkan, lugas, tidak bertele-tele.
5.           Kebenarannya sanggup diuji. Artinya, penyataan, pandangan serta keterangan yang dipaparkan sanggup diuji, berdasarkan kenyataan yang sesungguhnya.
Adapun teknik / langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam penulisan makalah yaitu sebagai berikut:
            1.      Menentukan dan menganalisa topik makalah.
            2.      Menyusun pola pikir, meliputi
a.       Pokok duduk kasus dalam makalah
b.      Menentukan tujuan dan ruang lingkup
            3.      Mengumpulkan bahan-bahan materi (Referensi)
            4.      Menulis / menyusun makalah
a.       Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
b.      Susunan kalimat yang gampang dipahami
c.       Rangkaian uraian yang berkaitan
            5.      Mengoreksi dan menyunting
            6.      Merefisi
Tahapan-tahapan proses pembuatan makalah di atas, hanya sebagai contoh dan tidak bersifat tetap, sehingga bisa saja kita mengambil langkah lain yang berdasarkan kita lebih efektif.
2.5  Sistematika penulisan makalah
Untuk mendukung terhadap penyusunan makalah yang baik, sederhana dan gampang namun tidak melupakan ketentuan-ketentuan yang berlaku, maka makalah sanggup diubahsuaikan dengan sistematika sebagai berikut:
1.                  Halaman sampul (Cover)
Kerangka utama pada sampul makalah umumnya berisi:
-          Judul makalah ( menggambarkan isi goresan pena )
-          Tujuan pembuatan sebuah makalah
-          Nama penulis
-          Logo forum / Institusi
-          Nama lembaga/ Universitas, beserta alamat
-          Tahun akademik
2.                  Kata pengantar
Kata pengantar berisi citra umum pelaksanaan kiprah dan hasil yang dicapai.
Dalam kata pengantar diuraikan alasan dan tujuan (secara singkat), ucapan terima kasih kepada pembimbing dan pihak yang telah membantu pelaksanaan penelitian serta tempat, tanggal, bulan, tahun penyusunan laporan.
3.                  Daftar isi
Daftar yang menggambarkan keseluruhan isi pokok laporan dengan mencantumkan secara terperinci urutan potongan dan sub potongan beserta halaman daerah potongan atau subbab tersebut berada, dan mencantumkan seluruh lampiran yang ada dengan nomor halaman masing-masing dimulai dari kata pengantar s.d. lampiran-lampiran.
4.                  Bab I Pendahuluan
a.       Latar belakang
Latar belakang berisi deskripsi wacana fenomena/informasi yang bekerjasama dengan topik (latar belakang empiris) dan hasil telaah pustaka yang relevan dengan penelitian (latar belakang teoritis)
b.      Rumusan duduk kasus / Ruang lingkup
Masalah dirumuskan dalam bentuk kalimat Tanya yang mencakup klarifikasi istilah dan kadalaman ilmu/area pembahasan.
c.       Tujuan
Tujuan mencakup antara lain hal-hal di bawah ini.
-          usaha pokok yang akan dilakukan
-          tujuan yang ingin dicapai (umum dan khusus atau tujuan ilmiah dan praktis)
-          ungkapan wacana rencana hasil yang akan diperoleh

5.                  Bab II Pembahasan
Pembahasan makalah merupakan hasil reaksi penulis makalah terhadap tinjauan teoretis yang disusunnya dan merupakan karya penulis makalah bukan hasil menyontek dari sumber lain.
Pembahasan sebuah makalah sanggup berupa analisis, uraian, deskripsi, atau aplikasi atas kajian teoretis sebelumnya atau sanggup berupa derma dan sangkalan terhadap kajian sebelumnya.
6.                  Bab III Penutup
a.       Kesimpulan
Memuat penafsiran atau pemaknaan secara menyeluruh terhadap isi. kesimpulan bukanlah rangkuman, melainkan berupa tanggapan yang fundamental atas duduk kasus yang diajukan pada potongan sebelumnya. Kesimpulan juga harus sejalan dengan duduk kasus dan tujuan makalah yang ditetapkan.
Teknik penulisan kesimpulan sanggup dilakukan melalui dua bentuk yakni (1) bentuk butir demi butir dan (2) bentuk esai padat.
b.      Saran
Saran merupakan bentuk tindak lanjut dari penulis makalah atas temuan yang telah dibahas sebelumnya dan harus selalu bekerjasama dengan isi makalah. Saran sanggup ditujukan bagi para pembuat kebijakan, pengguna makalah, atau kepada penulis makalah selanjutnya.
7.                  Daftar pustaka / daftar referensi
Daftar yang memuat bermacam-macam sumber informasi (buku, jurnal, majalah, surat kabar, makalah sebelumnya, skripsi, tesis) yang dipakai sebagai pustaka contoh dalam menciptakan makalah.
Daftar pustaka ditulis secara berurutan dan alfabetis (tanpa nomor).
Sumber tertulis/ tercetak yang membutuhkan daerah lebih satu baris, ditulis dengan jarak antarbaris satu spasi, sedangkan jarak antara sumber-sumber tertulis yang saling berurutan yaitu dua spasi.


BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Dari duduk kasus yang di bahas di atas sanggup di ambil kesimpulan bahwa pembuatan makalah harus sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku lantaran makalah merupakan suatu karya tulis ilmiah. Oleh lantaran itu pembuatan kerangka makalah harus di perhatikan dengan secama mulai dai pembuatan judul hingga dengan daftar pustaka.
Makalah yang manis harus memenuhi semua sifat-sifat dari penulisan karya tulis ilmiah menyerupai mempunyai sifat obyektif, tidak memihak, berdasarkan fakta, sistematis, dan logis.
3.2  Saran
Dalam menciptakan makalah yang baik seorang penulis harus memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku yang memenuhi dari sifat-sifat sebuah karya tulis ilmiah berupa makalah menyerupai yang di sebutkan di atas.
Untuk menciptakan makalah yang baik, penulis selain harus memperhatikan kerangka makalah yang harus benar, tetapi juga penulis harus memperhatikan apa yang akan di tuliskan dalam makalahnya semoga makalah tersebut sanggup bermanfaat bagi penulis dan pembacanya.


DAFTAR PUSTAKA
Kusmayadi,Ismail. 2007. Think Smart Bahasa Indonesia. Bandung : Grafindo Media Pratama.

Muffaidah Alfi. 2012. Kerangka Pembuatan Makalah (aciknadzirah.blogspot.com/search?q=kerangka-pembuatan-makalah. Diakses pada tanggal 29 november 2015)
Rino Doni. 2013. Teknik Penulisan Makalah (aciknadzirah.blogspot.com/search?q=kerangka-pembuatan-makalah. Diakses pada tanggal 25 November 2015 )
Saefudin Ahmad. 2010. Teknik Penulisan Makalah (https://teraskita.wordpress.com/2010/10/27/teknik-pembuatan-makalah/. diakses pada tanggal 25 November 2015)




Sumber http://dikaayurahma.blogspot.com