Sunday, January 21, 2018

√ Artikel Ilmiah Non Penelitian


Diposkan oleh Ira Irianti.  Jumat, 16 Mei 2014
aciknadzirah.blogspot.com/search?q=artikel-ilmiah-non-penelitian diakses pada tanggal 10 Oktober 2015
PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP TUMBUH KEMBANG ANAK

Abstrak :  Masalah pesatnya perkembangan teknologi Informasi sangat besar lengan berkuasa terhadap banyak sekali aspek, termasuk dalam aspek pendidikan. Pesatnya perkembangan teknologi dipandang sanggup mempengaruhi tumbuh kembang anak. Perkembangan teknologi sanggup besar lengan berkuasa konkret dan negatif. Oleh alasannya itu harus sanggup menganalisa efek dari perkembangan teknologi tersebut, dan sanggup melaksanakan anitisipasi terhadap efek negatif dari perkembangan teknologi tersebut, sehingga efek negatif dari perkembangan teknologi sanggup diminimalisasikan.

Kata Kunci    : Perkembangan Teknologi Informasi, Tumbuh Kembang Anak

Teknologi merupakan suatu proses untuk  meningkatkan nilai tambah produk yang dipakai dan dihasilkan, untuk memudahkan dan meningkatkan digunaan sistem dalam proses tersebut. Kemajuan teknologi merupakan sesuatu yang tidak sanggup dihindari dalam kehidupan ini, lantaran perkembangan  teknologi warta akan berjalan seirama  dengan perkembangan  ilmu pengetahuan
Dengan semakin berkembangnya zaman, banyak penemuan-penemuan yang sangat membantu kita dalam melaksanakan aktivitas. salah satunya teknologi warta yang sering dipakai masyarakat dikarenakan sanggup memperlihatkan informasi-informasi yang dibutuhkan dengan tidak memakan waktu banyak serta tanpa dibatasi oleh batas negara. Namun, dari kelebihan-kelebihan teknologi warta tersebut terdapat kekurangan yang tanpa disadari memperlihatkan efek yang besar terhadap penggunanya
Menurut Bambang Zhulmega (2011 :http://bambang-zhulmega.blogspot.com) Perkembangan teknologi terjadi bila seseorang memakai alat dan akalnya untuk menuntaskan setiap persoalan yang dihadapinya.  Dapat kita simpulkan bahwa kehidupan insan tidak terlepas dari adanya teknologi khususnya teknologi informasi. Selain itu, kemajuan teknologi warta juga merupakan salah satu hal yang sanggup mempengaruhi anak.
Sedangkan Masa-masa tumbuh kembang anak ialah masa penting. Setiap anak mempunyai tahap pertumbuhan dan perkembangan yang memerlukan ketelitian dari orang renta biar mencapai puncak perkembangan yang optimal.. Tumbuh kembang anak ini dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu, faktor genetik dan faktor lingkungan.
Perkembangan anak penting dijadikan perhatian yang khusus bagi orangtua. Sebab, perkembangan anak akan mempengaruhi kehidupan mereka pada masa yang akan datang. Jika perkembangan anak luput dari perhatian orangtua(tanpa kode dan pendampingan orangtua), maka anak akan tumbuh seadanya sesuai dengan yang hadir dan menghampiri mereka.
Disisi lain teknologi warta menyerupai televisi, handphone dan internet menjadi potongan dari kehidupan sehari-hari. Dan banyak sekali kegiatan di sekolahpun mendorong siswanya memanfaatkannya untuk membantu mendapat warta dalam menuntaskan tugas, lantaran mengikuti perkembangan teknologi warta merupakan tuntutan dalam kehidupan baik disekolah maupun masyarakat. Sudah bukan hal yang gres lagi kalau melihat anak sekolah dasar membawa gadget mahal untuk menghabiskan waktu, baik untuk sekedar mendengarkan music, ataupun memainkan games yang tersedia dalam aplikasi gadget tersebut.
Sebagai seorang guru dan orang tua, ada tiga hal penting bagi tumbuh kembang  anak yang harus kita pahami yaitu pergerakan, sentuhan dan kekerabatan individu lain. Hal ini semakin berkurang lantaran acara anak yang terstimulasi terus menerus oleh musik, rangkaian kata, gambar, dan hanya duduk di depan komputer atau televisi. Yang  menyebabkan hilangnya kepekaan terhadap stimulasi alami anak. Oleh lantaran itu, kita perlu mendorong anak–anak untuk bergerak, memberi sentuhan hangat dan mengajak berinteraksi dengan orang lain.
            Dengan aktifitas anak di luar rumah yang semakin berkurang, sehingga anak akan mengalami ketergantungan terhadap teknologi warta tersebut dan kesadaran terhadap lingkunganpun akan semakin hilang. Perkembangan teknologi warta memang tidak sanggup di cegah atau pun di hindari. Peralihan zaman sudah sewajarnya mengalami perkembangan, tetapi memberi keleluasaan fasilitas mengakses teknologi warta juga sanggup besar lengan berkuasa negatif bagi tumbuh kembang  mereka.
Dari uraian diatas sanggup kita simpulkan, bahwa perkembangan teknologi sangat besar lengan berkuasa terhadap tumbuh kembang anak. Hal tersebut sanggup kita golongkan menjadi 2 golongan, yaitu efek konkret dan efek negatif
1.      Pengaruh konkret
            Adapun efek konkret perkembangan teknologi terhadap tumbuh kembang anak, antara lain:
a.       Anak-anak sanggup memakai perangkat lunak pendidikan menyerupai program-program pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya. Tambahan pula, sekarang perangkat pendidikan ini sekarang juga dilengkapi dengan unsur hiburan (entertaiment) yang sesuai dengan materi pembelajaran anak, sehingga anak semakin suka dan tertarik.
b.      Membuat anak semakin tertarik untuk belajar.
c.        Materi pelajaran sanggup disampaikan interaktif dan menarik
d.      Dapat menjadi solusi bagi para orangtua yang mempunyai anak yang merasa gampang bosan untuk belajar.
e.       Dapat menambah wawasan.
f.       Memudahkan bawah umur untuk mendapat banyak ilmu pelengkap lewat internet.
2.      Pengaruh negatif perkembangan teknologi terhadap tumbuh kembang anak
            Adapun efek negatif perkembangan teknologi terhadap tumbuh kembang anak, antara lain:
a.       Anak-anak sanggup ketergantungan terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi.
b.      Anak-anak akan cenderung mengerjakan kiprah sendiri dengan dukungan internet dari pada berguru berkelompok yang disitu banyak sekali hikmah-hikmah yang terkandung dalam nilai kebersamaan.
c.       Dapat terpengaruh kedalam pergaulan yang tidak baik lantaran kurang control dari teman ataupun dari orang tua.
d.      Salah satu dampak negatif televisi ialah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).
e.       Anak-anak sanggup saja secara tidak sengaja mengakses situs-situs p0rn*grafi
f.       Mengurangi sifat sosial insan lantaran cenderung lebih suka bekerjasama lewat internet daripada bertemu secara eksklusif (face to face).
g.      Kemungkinan besar tanpa sepengetahuan orangtua, anak ‘mengkonsumsi’ games yang menonjolkan unsur-unsur menyerupai kekerasan dan agresivitas. Banyak pakar pendidikan beropini bahwa games berbau kekerasan dan aksi ini akan menjadi pemicu munculnya perilaku-perilaku garang dan sadistis pada diri anak

Untuk menghadapi persoalan kasus yang di jelaskan dalam persoalan ini, kiprah orang renta sangatlah penting. Karena disini peranan dari kedua orang renta sangatlah penting. Kedua orang renta dibutuhkan sanggup membimbing dan mengawasi anak-anaknya dalam memakai Teknologi. Sehingga bawah umur sanggup mengerti hal apa saja yang termasuk hal yang baik dan hal yang kurang baik. Dan disini juga terdapat beberapa cara untuk mencegah dampak-dampak negatifnya.
a.       Orangtualah yang seharusnya mengenalkan internet pada anak, bukan orang lain. Mengenalkan internet berarti pula mengenalkan keuntungannya dan tujuan penggunaan internet. Karena itu, orangtua terlebih dahulu harus ‘melek’ media dan tidak gaptek.
b.      Gunakan software yang dirancang khusus untuk melindungi ‘kesehatan’ anak. Misalnya saja acara nany chip atau parents lock yang sanggup memproteksi anak dengan mengunci segala jalan masuk yang berbau sec dan kekerasan.
c.       Letakkan komputer di ruang publik rumah, menyerupai perpustakaan, ruang keluarga, dan bukan di dalam kamar anak. Meletakkan komputer di dalam kamar anak, akan mempersulit orangtua dalam hal pengawasan. Anak sanggup leluasa mengakses situs p0rn* atau memakai games yang berbau kekerasaan dan sadistis di dalam kamar terkunci. Bila komputer berada di ruang keluarga, keleluasaannya untuk melanggar hukum pun akan terbatas lantaran ada anggota keluarga yang kemudian lalang.
d.      Tanamkanlah nilai kebersamaan terhadap sesama, lantaran kebersamaan akan mewujudkan kekerabatan serta emosi yang sangat bersahabat pada anak.



KESIMPULAN
Dari paparan diatas, sanggup kita simpulkan bahwa Perkembangan teknologi  bukanlah suatu hal yang sanggup kita hindari. Karena dengan adanya perkembangan teknologi  hidup kita akan terasa lebih mudah. Kita sanggup mengirim pesan dengan mudah, mengirim dan mencari warta dengan cepat dan mudah.
Namun dibalik semua fasilitas tersebut kita harus memerhatikan efek konkret dan negatif dari Teknologi. Agar kita sanggup mengetahui batasan-batasan apa saja yang yang boleh dilakukan dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat. Oleh alasannya itu kita harus memerhatikan, mengawasi dan membimbing bawah umur yang memakai Teknologi, sebagai pencegahan terhadap efek negatif dari perkembangan teknologi.


DAFTAR RUJUKAN
Gerungan, WA . 2004 . “ Psikologi Sosial” . Bandung: PT Refika Aditama.
F.J.Monks.AMP.Knoers, Hadinoto,Siti Rahayu . 2006. “ Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya “. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
Ramly,Amir Tengku & Trisyuliati,Erlin. 2006 . “Pumping Student Memompa Prestasi menjadi Sang Bintang” . Jakarta : Kawan Pustaka.
Naqiyah,Najlatul .2013 . “ Konselling Komunitas Mengatasi Tindak Kekerasan Terhadap Anak & Perempuan”. Malang : Bayumedia Publishing.
Zhulmega,Bambang.2011. ”http://bambang-zhulmega.blogspot.com/p/perkembangan-teknologi-danpengaruhnya.html”. diakses tanggal 8 Nopember 2013
http://andikaboderingan.blogspot.com/. Diakses tanggal 8 Nopember
http://nandokejari.blogspot.com/. Diakses tanggal 8 Nopember 2013
http://does.google.com/document/d/17. Diakses tanggal 8 Nopember 2013


Sumber http://dikaayurahma.blogspot.com