Sunday, December 3, 2017

√ Nama-Nama Hari Dalam Bahasa Inggris Dan Cara Bacanya [+Contoh Kalimat]

Nama-nama hari dalam bahasa Inggris – Terdapat 7 hari yang ada dalam 1 minggu. Apa saja nama-nama hari? Kita mungkin tahu bahwa nama-nama hari dalam bahasa Indonesia yaitu Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat dan Sabtu. Namun apakah kau hafal nama-nama hari dalam bahasa Inggris?


Dalam 1 ahad terdapat 7 hari, mulai dari Minggu hingga Sabtu (bisa juga dimulai dari Senin hingga Minggu). Hari merupakan waktu yang diharapkan oleh Bumi untuk berotasi yaitu proses berputar pada porosnya. Satu hari berlangsung selama 24 jam.


Ada 2 jenis-jenis hari yakni weekdays (hari kerja) dan weekend (akhir pekan). Hari weekdays terdiri dari hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan Jumat dimana kerja dan sekolah masuk. Sementara hari weekend terdiri dari Sabtu dan Minggu dimana umumnya daerah kerja dan sekolah libur (meski kadang ada yang masih masuk di hari Sabtu).


Bahasa Inggris dari nama-nama hari termasuk sangat dasar alasannya banyak orang yang sudah tahu dan hafal. Pelajaran ini sudah diajarkan semenjak tingkat SD atau bahkan TK. Meski begitu masih banyak yang belum hafal, entah alasannya memang belum tahu atau kadang tertukar antara bahasa Inggris satu hari dengan hari yang lain.


Dalam artikel ini akan lebih dijelaskan nama-nama hari dalam bahasa Inggris, termasuk ejaannya, cara membacanya serta rujukan kalimat. Pelajaran ini tidak hanya untuk bawah umur yang gres berguru bahasa Inggris saja, namun sanggup bagi orang lain yang mungkin masih belum hafal.


(baca juga nama-nama bulan dalam bahasa Inggris)


nama hari dalam bahasa Indonesia yaitu Minggu √ Nama-Nama Hari dalam Bahasa Inggris dan Cara Bacanya [+Contoh Kalimat]


Nama-Nama Hari dalam Bahasa Inggris






















































NoNama HariBahasa InggrisPengucapan
1MingguSunday/ˈsʌndeɪ/
2SeninMonday/ˈmʌndeɪ/
3SelasaTuesday/ˈtjuːzdeɪ/
4RabuWednesday/ˈwɛnzdeɪ/
5KamisThursday/ˈthərzdē/
6JumatFriday/ˈfrʌɪdeɪ/
7SabtuSaturday/ˈsatədeɪ/


Berikut pembahasan satu per satu mengenai nama-nama hari dlm bahasa Inggris beserta cara membaca, penjelasan, akronim dan rujukan kalimatnya dalam percakapan sehari-hari.


1. Minggu = Sunday


Bahasa Inggris hari Minggu yaitu Sunday. Sunday biasa disingkat SUN. Minggu yaitu hari libur kerja dan sekolah serta termasuk dalam weekend (akhir pekan). Cara pengucapan Sunday yaitu /ˈsʌndeɪ/. Kata ‘sun’ diucapkan menyerupai pada kata ‘santan’, sementara kata ‘day’ diucapkan menyerupai pada kata ‘gede’.


Contoh kalimat : Vina went to Surabaya last Sunday.


2. Senin = Monday


Bahasa Inggris hari Senin yaitu Monday. Monday biasa disingkat MON. Senin yaitu hari pertama masuk kerja atau sekolah serta termasuk dalam weekdays (hari kerja). Cara pengucapan Monday yaitu /ˈmʌndeɪ/. Kata ‘mon’ diucapkan menyerupai pada kata ‘teman’, sementara kata ‘day’ diucapkan menyerupai pada kata ‘gede’.


Contoh kalimat : He has a Biology class every Monday.


3. Selasa = Tuesday


Bahasa Inggris hari Selasa yaitu Tuesday. Tuesday biasa disingkat TUE. Selasa yaitu hari aktif kerja dan sekolah serta termasuk dalam weekdays (hari kerja). Cara pengucapan Tuesday yaitu /ˈtjuːzdeɪ/. Kata ‘tues’ diucapkan menyerupai pada kata ‘tyus’, sementara kata ‘day’ diucapkan menyerupai pada kata ‘gede’.


Contoh kalimat : Every Tuesday, I visit my grandmother’s house.


4. Rabu = Wednesday


Bahasa Inggris hari Rabu yaitu Wednesday. Wednesday biasa disingkat WED. Rabu yaitu hari aktif kerja dan sekolah serta termasuk dalam weekdays (hari kerja). Cara pengucapan Wednesday yaitu /ˈwɛnzdeɪ/. Kata ‘wednes’ diucapkan dalam 1 suku kata menyerupai pada kata ‘wens’, sementara kata ‘day’ diucapkan menyerupai pada kata ‘gede’.


Contoh kalimat : Fida will go to Jakarta next Wednesday.


5. Kamis = Thursday


Bahasa Inggris hari Kamis yaitu Thursday. Thursday biasa disingkat THU. Kamis yaitu hari aktif kerja dan sekolah serta termasuk dalam weekdays (hari kerja). Cara pengucapan Thursday yaitu /ˈthərzdē/. Kata ‘thurs’ diucapkan menyerupai pada kata ‘thers’ dimana hurus r diucapkan samar-samar, sementara kata ‘day’ diucapkan menyerupai pada kata ‘gede’.


Contoh kalimat : This Thursday, Joko must finish his homework.


6. Jumat = Friday


Bahasa Inggris hari Jumat yaitu Friday. Friday biasa disingkat FRI. Jumat yaitu hari aktif dalam weekdays (hari kerja) yang letaknya berdekatan dengan weekend di keesokan harinya. Cara pengucapan Friday yaitu /ˈfrʌɪdeɪ/. Kata ‘fri’ diucapkan menyerupai pada kata ‘frae’ dimana hurus r diucapkan samar-samar, sementara kata ‘day’ diucapkan menyerupai pada kata ‘gede’.


Contoh kalimat : Putri always go shopping on Friday.


7. Sabtu = Saturday


Bahasa Inggris hari Sabtu yaitu Saturday. Saturday biasa disingkat SAT. Sabtu termasuk dalam weekend (akhir pekan). Cara pengucapan Saturday yaitu /ˈsatədeɪ/. Kata ‘sa’ diucapkan biasa, kata ‘tur’ diucapkan menyerupai kata ‘ter’ dimana hurus r diucapkan samar-samar, sementara kata ‘day’ diucapkan menyerupai pada kata ‘gede’.


Contoh kalimat : Aris and his friends go to the mall every Saturday night.


Nah demikian referensi nama-nama hari dalam bahasa Inggris lengkap beserta klarifikasi cara pengucapannya serta penggunaannya dalam rujukan kalimat. Tidak sulit menghafal bahasa Inggris nama-nama hari kalau terus diingat dan dipakai dalam percakapan.




Sumber https://www.zonareferensi.com