Monday, December 18, 2017

√ Keputihan: Jenis Dan Cara Mencegahnya

Keputihan v@gin@ ialah kondisi di mana perempuan mengeluarkan cairan yang mengandung adonan sekresi dan lendir serviks. Jumlah keputihan yang dihasilkan berbeda diri satu perempuan ke perempuan lain, tetapi biasanya normal. Kehamilan sanggup mengubah hormon atau adanya abuh juga sanggup mensugesti konsistensi dan jumlah keputihan.

Biasanya, keputihan dimulai sehabis seorang pandai balig cukup akal mulai memasuki periode menstruasi pertamanya. Secara alami keputihan mempunyai fungsi untuk menciptakan v@gin@ bersih, memperlihatkan pelumasan selama relasi secual, dan sanggup membantu mencegah infeksi.

Keputihan v@gin@ ialah kondisi di mana perempuan mengeluarkan cairan yang mengandung campura √ Keputihan: Jenis dan Cara Mencegahnya

Keputihan sanggup digolongkan normal dan abnormal. Dalam banyak kasus ini tidak mengakibatkan masalah. Keputihan normal biasanya mempunyai ciri-ciri jernih ataupun tidak berbau. Jumlah yang dihasilkan sanggup berbeda dari setiap waktu alasannya ialah dipengaruhi siklus menstruasi.

Misalnya, cairan keluar lebih banyak dan lebih kental ketika seorang perempuan dalam masa menstruasi. Begitupun dengan jumlah debit sanggup berubah alasannya ialah acara secual.

Jenis Keputihan Berdasarkan Warna

Ada beberapa jenis keputihan menurut konsistensi dan warna. Perubahan warna, jumlah, atau bau keputihan mungkin tanda-tanda akan adanya masalah.

Dalam beberapa kasus, sulit untuk diketahui bagaimana cara membedakan keputihan normal atau tidak. Gejala lain ibarat panas, gatal, dan iritasi sering menjadi indikasi duduk kasus kurang baik. Berikut ini banyak sekali jenis keputihan menurut warna dan kemungkinan penyebabnya.

Putih
Cairan keluar berwarna putih mungkin itu normal, terutama kalau terjadi selama ovulasi atau sempurna sebelum periode menstruasi wanita. Selama tidak ada rasa gatal pada organ vital, bau, dan rasa terbakar yang tidak biasa terjadi mungkin tidak akan ada masalah.

Tetapi dalam kasus lain, keputihan sanggup menjadi tanda adanya abuh kalau kotorannya kental dan terlihat ibarat dengan keju cottage. Infeksi ragi juga sanggup mengakibatkan gatal alasannya ialah adanya pertumbuhan berlebih dari jamur Candida.

Keputihan yang sedikit dan putih disertai bau busuk sanggup jadi sebuah tanda vaginosis bagterial (BV). BV ialah abuh v@gin@ paling umum pada perempuan dengan rentan umur 15 - 44. Gejala lain mungkin termasuk rasa panas ketika buang air kecil.

Kuning
Jika kotoran dikeluarkan berwarna kuning pucat, tidak berbau, dan tidak disertai tanda-tanda lain Anda tidak perlu khawatir.  Namun bila keluarnya warna kuning disertai tanda-tanda aneh sanggup jadi itu tanda-tanda abuh menular secual (IMS) atau abuh bakteri.

Penyebab keputihan berwarna kuning meliputi:
  • Trikomonisasi yang juga sanggup mengakibatkan gatal, nyeri dikala kencing, dan bau tidak sedap.
  • Chlamydia, biasanya tidak memperlihatkan tanda-tanda apa pun.

Jernih
Keluarnya cairan jernih ialah normal. Namun, jumlahnya sanggup bervariasi selama siklus bulanan perempuan dan antarindividu.

Cara Mencegah Keputihan

Dengan melaksanakan pencegahan dini sanggup meminimalkan tingkat terkena keputihan abnormal.
  • Hindari douching yang sanggup menghancurkan basil baik yang membantu mencegah abuh v@gin@.
  • Kenakan pakaian katun. Kain katun tidak mengakibatkan kelembapan yang memicu munculnya basil jahat.
  • Jangan melaksanakan relasi dengan banyak pria.
  • Gunakanlah produk perawatan yang sesuai dengan rekomendasi dokter ahli.

Keputihan normal tidak perlu dikhawatirkan, tetapi adakalanya tenda perubahan sanggup diindikasi sebagai sebuah masalah.

Baca juga: Penyebab Keputihan Pada Wanita

Berbagai jenis abuh sanggup mempunyai tanda-tanda serupa tapi memerlukan perlakuan berbeda. Segeralah tiba ke dokter untuk berkonsultasi bila mengalami hal ini:
  • Keluarnya cairan warna hajau, kuning, atau abu-abu
  • Gatal dan panas berlebih pada organ vital
  • Keluar cairan terlihat ibarat busa
  • Munculnya bau tidak sedap ibarat amis
  • Nyeri di area pinggul

Itu tadi beberapa jenis keputihan beserta cara untuk mencegahnya.

Sumber http://www.ifabrix.com/