Friday, December 8, 2017

√ Fungsi Otak Insan (Kanan, Kiri, Depan, Tengah, Belakang, Besar, Kecil)

Fungsi otak bagi manusia – Otak dalah bab tubuh yang penting bagi manusia. Fungsi otak penting sebagai sentra sistem saraf insan serta kebanyakan makhluk hidup lainnya. Pada manusia, bagian-bagian otak di antaranya terdiri dari otak besar, otak kecil, otak depan, otak tengah dan otak belakang. Ada juga istilah otak kanan dan otak kiri untuk membagi bab otak tergantung pada kemampuan individu.


Otak terbentuk dari dua jenis sel yakni glia dan neuron. Fungsi glia pada otak untuk melindungi neuron, sementara fungsi neuron pada otak yaitu membawa informasi yang dikenal sebagai potensi agresi yang berkomunikasi lewat neurotransmiter.


Pada manusia, fungsi otak insan sebagai struktur sentra pengaturan saraf manusia. Otak mengatur dan mengontrol sebagian besar gerakan dan sikap organ tubuh insan termasuk sejumlah fungsi vital tubuh menyerupai pernafasan, pencernaan, keseimbangan tubuh, cairan tubuh, suhu tubuh, detak jantung.


Fungsi otak juga penting dalam hal-hal emosional menyerupai perasaan, pikiran, persepsi, emosi hingga, pengenalan, pembelajaran sampai daya ingat manusia. Kapasitas daya otak juga menghipnotis tingkat kecerdasan dan ketanggapan dari tiap orang.


Lantas apa saja fungsi otak insan secara umum? Umumnya kita mengetahui bahwa otak dipakai untuk berfikir, namun fungsi otak tak hanya itu saja. Otak juga penting dalam sensor kerja motorik anggota tubuh sampai fungsi lain menyerupai daya ingat dan emosi perasaan.


(baca juga bagian-bagian mata)


 Otak dalah bab tubuh yang penting bagi insan √ Fungsi Otak Manusia (Kanan, Kiri, Depan, Tengah, Belakang, Besar, Kecil)


Fungsi Otak Bagi Manusia


Secara umum otak dibagi menjadi beberapa bagian-bagian otak. Pada anatomi otak, bab otak depan yaitu bab atas dari otak. Otak depan bisa dibagi menjadi otak besar dan diensefalon. Selain itu juga ada bab lain menyerupai otak tengah dan otak belakang serta juga otak kecil.


Fungsi Otak Belakang


Otak belakang yaitu bab otak yang berfungsi untuk mengontrol sistem pernafasan. Selain itu fungsi otak belakang lainnya yaitu mengontrol fungsi tubuh vital lain menyerupai detak jantung dan sistem pencernaan. Sebagian besar fungsi otak belakang berputar di sekitar proses tubuh vital dan diatur oleh medulla oblongata.


Otak belakang akan mengatur perluasan dan kontraksi diafragma dan paru-paru, fungsi jantung serta gerak refleks tubuh menyerupai muntah, batuk, menelan dan bersin.


Fungsi Otak Depan


Otak depan yaitu bab otak yang berfungsi untuk mendapatkan dan memproses informasi. Dalam hal ini fungsi otak depan diasosiasikan pada kegiatan berpikir, memahami, mencicipi serta mengendalikan fungsi motorik atau otot pada tubuh manusia.


Otak depan juga berfungsi untuk mengendalikan fungsi otonomi banyak sekali organ tubuh insan dan berperan dalam penggantian informasi dari organ pengindraan.


Fungsi Otak Tengah


Otak tengah yaitu bab terkecil dari otak yang berfungsi sebagai stasiun relai untuk informasi telinga dan penglihatan. Fungsi otak tengah yaitu untuk berbagai fungsi penting menyerupai sistem visual, sistem telinga serta gerakan pada mata.


Otak tengah juga berfungsi dalam mengontrol gerakan tubuh lewat bab nukleus merah dan substantia nigra. Dua bab otak tengah lain menyerupai tectum dan tegmentum juga berfungsi untuk penglihatan, telinga dan gerakan tubuh lain.


Fungsi Otak Besar


Otak besar atau yang dikenal cerebrum yaitu bab dari otak yang berfungsi untuk gerak sadar menyerupai kontraksi otot rangka. Fungsi otak besar juga penting untuk fungsi lain menyerupai belajar, emosi, memori dan persepsi. Korteks pada otak besar yang mempunyai kegunaan untuk fungsi persepsi dan belajar.


Korteks pada bab kiri mempunyai kegunaan untuk mendapatkan informasi dan mengontrol gerak tubuh bab kanan, sebaliknya korteks bab kanan mempunyai kegunaan mengontrol gerak tubuh pada bab kiri.


Fungsi Otak Kecil


Otak kecil atau dikenal sebagai cerebellum yaitu bab otak yang berfungsi untuk mengontrol gerak dan kesetimbangan. Fungsi otak kecil juga untuk membantu berguru dan mengingat kemampuan motorik. Otak kecil juga memonitor perintah motorik dari otak besar.


Otak kecil akan mendapatkan informasi sensorik mengenai posisi dari sendi dan dan panjang dari otot, sama baiknya dengan masukkan dari auditorik dan sistem visual. Jika otak kecil rusak, maka mata akan mengikuti gerak benda tetapi tidak akan berhenti sempurna di mana benda itu berhenti.


Fungsi Otak Kanan dan Kiri


Secara umum bab otak besar dibagi menjadi dua yakni otak kanan dan otak kiri. Tiap sisi otak mempunyai fungsi otak masing-masing yang cukup bertolak belakang. Berikut merupakan pembahasan mengenai bab dan fungsi otak kiri dan otak kanan.


Fungsi Otak Kanan


Otak kanan berfungsi dalam perkembangan emotional quotient (EQ). Fungsi otak kanan juga mencakup kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan dan segala bentuk verbal tubuh, sebut saja menyerupai menyanyi, menari, dan melukis.


Fungsi Otak Kiri


Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang bekerjasama dengan logika, berpikir dan rasio. Fungsi otak kiri juga mencakup kemampuan menulis dan membaca serta merupakan sentra matematika. Bagian otak ini merupakan pengendali intelligence quotient (IQ). Daya ingat otak bab ini juga bersifat jangka pendek.


Demikian rujukan fungsi otak bagi manusia, baik dalam segi pergerakan, berpikir atau fungsi otak lain. Fungsi-fungsi otak juga dibagi pada tiap bagian-bagiannya, mulai dari fungsi otak besar, kecil, depan, tengah dan belakang atau pun fungsi otak kanan dan kiri. Sekian penjelasna fungsi otak secara umum dan penjelasannya kali ini.




Sumber https://www.zonareferensi.com