Thursday, December 7, 2017

√ Apa Itu Artikel?

Jika Anda yakni seorang blogger niscaya tidak akan absurd lagi wacana apa itu artikel lantaran menulis artikel sudah niscaya menjadi rutinitas setiap hari. Sebuah blog walaupun mempunyai tampilan yang menarik tetap saja harus didukung dengan artikel berkualitas juga. Tanpa adanya artikel yang berbobot maka kemungkinan blog tersebut akan tersingkir dari mesin telusur.

Banyak sekali kalangan blogger yang gres mulai untuk membangun sebuah blog langsung menggebu-gebu dalam pembuatan artikelnya, tanpa memikirkan pemahaman wacana apa yang ia tulis, dan apakah pembahasan yang ia berikan itu yang dicari oleh para visitor blog. Untuk itu kali ini kita akan membahas dan mencoba memahami apa sih artikel itu dan bagaimana ciri-cirinya.

 Jika Anda yakni seorang blogger niscaya tidak akan absurd lagi wacana apa itu artikel seba √ Apa itu Artikel?

Pengertian Artikel

Ada beberapa pengertian artikel yang aku dapatkan dari beberapa sumber ibarat di bawah ini yang telah aku ringkas dalam bahasa sendiri.

Wikipedia
Artikel yakni sebuah karangan bersifat faktual di mana disajikan secara lengkap dan mempunyai panjang tertentu yang diterbitkan dalam media tertentu ibarat halnya koran, majalah, buletin, dan media lainnya. Adapun tujuan dari dibuatnya sebuah artikel yaitu untuk memberikan gagasan atau pandangan gres yang sesuai fakta sehingga bisa mendidik, menghibur, serta meyakinkan pembaca.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
 Artikel yakni karya tulis yang lengkap ibarat laporan, esai, koran, majalah berita, surat kabar, dan lainnya.

Ensiklopedia Pers Indonesia
Jika kita melihat di EPI kurang lebih artikel didefinisikan sebuah karangan yang mempunyai bentuk prosa dan terdapat di media masa untuk membahas sebuah pokok permasalahan secara lugas.

Selain itu tadi ada pendapat para hebat yang aku dapatkan mengenai pengertian artikel. Berikut ini pengertian artikel berdasarkan para pakar.

Al Aqli
Menurut pendapat Al Aqli, artikel ialah sebuah goresan pena atau karya yang ditulis oleh seorang yang menguasai disiplin ilmu yang mana dalam tiap pembahasannya telah melalui kajian dan diselesaikan dengan tuntas, jelas, serta lugas biar para pembaca sanggup mengambil inti atau pesan yang disampaikan oleh si penulis.

Sumandria
Haris Sumandria beropini bahwa artikel ialah karya tulis bebas yang di dalamnya berisi opini atau pendapat seseorang yang membahas secara tuntas mengenai permasalahan bersifat kontroversial dan konkret serta bertujuan untuk membangun pengaruh, keyakinan, pemberitahuan, dan hiburan bagi pembaca.

Rillan E Wolsey
Berdasarkan pendapat E. Wolsey artikel sanggup disimpulkan sebagai karangan tertulis yang mempunyai panjang tidak menentu. Adapun tujuan penulisan tersebut yakni untuk memberikan sebuah fakta maupun gagasan guna menunjukkan keyakinan, hiburan, bahkan pendidikan bagi pembacanya.

Ciri-Ciri Artikel

Dalam sebuah karya tulis berbentuk artikel mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
  1. Isi yang mempunyai sumber dari sebuah realita serta didukung oleh bukti maupun fakta yang cukup valid.
  2. Artikel tidak mempunyai sifat ibarat mitos yang kebenarannya tidak sanggup dipertanggung jawabkan secara nyata.
  3. Bersifat orisinil dari karya si penulis itu sendiri.
  4. Gagasan yang dibentuk bertujuan memenuhi kebutuhan para pembaca dan khalayak luas.
  5. Disajikan secara faktual sesuai dengan data yang dimiliki oleh penulis.
  6. Artikel sanggup berbentuk sebuah laporan, biografi, pendapat, hasil riset, informasi terbaru, pengalaman, dan lain-lain.

Jenis-Jenis Artikel Secara Umum

Artikel sanggup terbagi menjadi beberapa jenis. Menurut pengetahuan kami sanggup dikelompokkan menjadi 4 jenis.

Deskripsi
Deskripsi yakni sebuah artikel atau karya tulis yang di dalam pokok pembahasannya menceritakan atau menunjukkan wawasan suatu hal untuk menciptakan pembaca seperti sanggup merasakan, melihat, mendengar, akan hal tersebut.

Narasi
Narasi sanggup juga disebut dengan cerita. Jadi, artikel jenis ini akan menceritakan suatu insiden maupun insiden yang di dalamnya terdapat kronologi, tempat, tokoh, bahkan konflik yang terjadi. Narasi sanggup berbentuk biografi maupun hanya suatu insiden yang menimpa seseorang.

Argumentasi
Argumentasi yakni sebuah karangan yang bertujuan menunjukkan sebuah kebenaran berdasarkan pemikirannya dan disertai dengan bukti-bukti dalam bentuk data yang sanggup mendukung pendapatnya tersebut. Dalam sebuah argumentasi terdapat unsur utama, yaitu fakta, opini, alasan, dan data pendukung. Penulis terkadang juga menginginkan respon dari para pembaca.

Persuasi
Persuasi mempunyai sifat untuk membujuk, menyuruh, dan mengajak para pembaca untuk melaksanakan suatu hal tertentu. Penulis bertujuan untuk menciptakan pembaca artikelnya melaksanakan suatu tindakan sesuai dengan yang disampaikan dalam artikelnya.

Baca juga: Konotasi dan Denotasi

Bagaimana artikel yang baik?

Artikel yang baik yakni artikel yang memenuhi kebutuhan pembaca, misalkan para pembaca menginginkan informasi yang berkaitan dengan ulasan suatu produk maka artikel yang sanggup dikatakan baik yakni pembahasan produk tersebut secara detail mulai dari harga, spesifik, kelebihan, kelemahan, dan perbandingan dengan produk lain yang sejenis. Selain itu unsur data yang valid juga termasuk dalam penunjang sebuah artikel sanggup dikatakan memenuhi kebutuhan pembacanya.


Sumber http://www.ifabrix.com/