Pengertian administrasi – Apa itu administrasi? Kita tentu sering mendengar istilah administrasi, bekerjasama dengan istilah perkantoran, usaha, dan pemerintahan. Arti manajemen memang sanggup didefinisikan sebagai acara untuk memutuskan tujuan dan cara-cara penyelenggaraan pelatihan dalam forum atau organisasi tertentu pada banyak sekali bidang, termasuk perkantoran, kepegawaian dan pemerintahan.
Dalam ilmu administrasi, tentu mempunyai fungsi dan tujuan yang penting dalam sebuah perjuangan atau acara tertentu. Fungsi manajemen antara lain dipakai sebagai fungsi perencanaan, fungsi penyusunan, fungsi kordinasi, fungsi laporan, fungsi penyusunan anggaran, fungsi penempatan, fungsi pengarahan, dan sebagainya.
Adapun unsur-unsur manajemen meliputi organisasi, manajemen, komunikasi, kepegawaian, keuangan, perbekalan, tata usaha, dan korelasi publik. Hal-hal tersebut menjadi unsur penting dalam ilmu manajemen yang terdapat dalam banyak sekali bidang, baik pemerintahan, ekonomi, pendidikan, dan lain-lain.
Ciri-ciri manajemen antara lain adanya kelompok insan dua orang atau lebih, serta terdapat kerja sama, proses atau usaha, bimbingan dan kepengawasan, serta tujuan yang ingin dicapai. Ilmu manajemen sangat penting guna menciptakan perencaan dan meningkatkan produktivitas di banyak sekali lingkungan kerja.
(baca juga pengertian kewirausahaan)
Pengertian Administrasi
Di bawah ini akan dijelaskan pengertian administrasi, baik berdasarkan KBBI, berdasarkan pendapat dari para ahli, atau definisinya secara umum.
Arti Administrasi Menurut KBBI
Pengertian manajemen berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yakni perjuangan dan acara yang meliputi penetapan tujuan serta penetapan cara-cara penyelenggaraan pelatihan organisasi. Administrasi juga sanggup diartikan sebagai perjuangan dan acara yang berkaitan dengan penyelenggaraan kebijakan untuk mencapai tujuan atau acara yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan tata usaha.
Definisi Administrasi Secara Umum
Pengertian manajemen secara umum adalah usaha atau acara yang berkenaan dengan penyelenggaraan budi untuk mencapai tujuan. Yang termasuk dalam acara manajemen antara lain yakni acara mencatat, menyurat, pembukuan ringan, mengetik, menciptakan agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan di banyak sekali bidang.
Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli
Berikut merupakan beberapa pengertian dan definisi manajemen berdasarkan pendapat dari para jago dan pakar, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
Menurut George R. Terry
Pengertian manajemen berdasarkan George R. Terry merupakan sebuah acara perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakannya semoga mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Menurut Arthur Grager
Definisi manajemen berdasarkan Arthur Grager yakni fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat suatu organisasi.
Menurut Ulbert
Arti manajemen merupakan penyusunan dan pencatatan data atau isu secara sistematis, baik internal maupun eksternal sebagai upaya untuk menyediakan keterangan serta memudahkan untuk mendapatkannya kembali, baik itu sebagian ataupun seluruhnya. Jika diringkas, manajemen disebut juga dengan istilah tata usaha.
Menurut Sondang P. Siagian
Pengertian manajemen secara umum yakni segala bentuk dari proses kerjasama antara dua individu atau lebih atas dasar rasionalitas terpilih untuk mencapai tujuan yang ditentukan sebelumnya.
Menurut Willam Lefffingwell dan Edwin Robinson
Pengertian manajemen yakni suatu bab dari ilmu manajemen yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan dan di mana pekerjaan tersebut harus dilakukan.
Menurut Munawardi Reksohadiprowiro
Administrasi dalam arti sempit diartikan sebagai pemerintahan, termasuk tiap pengaturan secara sistematis serta penentuan fakta dan ditulis dengan tujuan memperoleh pandangan yang komprehensif dan keterkaitan antara fakta dengan fakta lain.
Menurut Leonard D. White (1958)
Pengertian manajemen berdasarkan Leonard D. White merupakan proses yang umum di semua upaya kelompok, baik di perusahaan publik atau pun swasta.
Menurut Wiliaw H. Newman (1963)
Definisi manajemen berdasarkan Newman yakni kepemimpinan dan pengawasan kelompok perjuangan individu untuk mencapai tujuan bersama.
Menurut W.H. Evans
Arti manajemen merupakan fungsi yang berkaitan dengan manajemen dan arah semua tahap operasi perusahaan dalam materi pengolahan informasi, komunikasi, dan memori organisasi.
Menurut FX Soedjadi (1989)
Definisi manajemen secara singkat diartikan sebagai sebuah acara mekanisme dalam perjuangan perkantoran, di antaranya yaitu mencatat, mengetik, menggandakan, dan sebagainya.
Menurut Soewarno Handayaningrat
Administrasi diartikan sebagai sebuah acara perkantoran yang meliputi catatan, korespondensi, pembukuan ringan, ketik-mengetik, sehingga jadwal teknis dan administratif.
Menurut John M. Pfiffer dan Robert V
Pengertian manajemen di bidang kenegaraan yakni proses yang berkaitan dengan pelaksanaan kebijakan-kebijakan pemerintah, keterampilan bimbingan dan teknik-teknik yang tidak terbatas jumlahnya, menunjukkan arah dan tujuan untuk mencoba sejumlah orang.
Menurut Simon (1958)
Pengertian manajemen berdasarkan Simon (1958) diartikan sebagai sebuah acara kelompok yang mengadakan kerjasama untuk menuntaskan kiprah bersama-sama.
Menurut The Liang Gie
Definisi manajemen secara luas diartikan sebagai serangkaian acara yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu kemitraan untuk mencapai tujuan tertentu.
Menurut Wijana
Menurut Wijana, pengertian manajemen di bidang pemerintahan merupakan kumpulan seluruh organ-organ negara baik yang rendah atau tinggi, yang bertugas menyelenggarakan pelaksanaan pemerintahan serta kepolisian.
Menurut Ordway Tead (1953)
Administrasi didefinisikan sebagai perjuangan yang luas yang meliputi semua bidang untuk memimpin. mengusahakan, mengatur acara kerjasama insan yang dtujukan pada tujuan dan maksud tertentu.
Nah demikian rujukan pengertian manajemen berdasarkan para jago serta arti dan definisi manajemen secara umum. Semoga sanggup menjadi perhiasan rujukan dan menambah wawasan pengetahuan.
Sumber https://www.zonareferensi.com
Bagikan :
Facebook
Tweet
Whatsapp