Wednesday, July 26, 2017

√ Laporan Pembinaan Housekeeping Department Di Mercure Bali Harvestland Kuta












LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

HOUSE KEEPING DEPARTMENT







SMK PGRI 3 DENPASAR



NAMA : I KD ERIK JUNIARMADI

KLS      : XI AP 4

NO        : 19


 

KATA PENGANTAR
Om Swastiastu.
        Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudahannya dalam pembuatan Laporan Praktek Kerja Indrustri di Mercure Bali Harvestland Kuta, sehingga penulis sanggup menuntaskan dengan tepat pada waktunya yang berjudul “Praktek Kerja Indrustri di Mercure Bali Harvestland Kuta” Selama Bulan Juni 2013 – November 2013. Penulisan laporan  ini bertujuan sebagai syarat kenaikan ke kelas 3. Penulis meyadari akan kekurangan dan keterbatasan kemampuan dalam hal pembuatan laporan ini dengan sempurna, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sanggup memperlihatkan masukan – masukan berkhasiat sebagai wujud menutupi kekurangan dalam pembuatan makalah ini. dalam kesempatan ini penulis ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada yang terhormat :
1.      Bapak Nengah Karji selaku ketua pelaksana prakrin dan Bapak Agung Dharma selaku panitia pelaksana prakrin.
2.      Ibu Ina selaku HRD Mercure Bali Harvestland Kuta yang telah memperlihatkan kesempatan untuk pembinaan di Mercure Bali Harvestland Kuta.
3.      Bapak Nur Chairi dan Bapak Sutrisno selaku Supervisor house keeping dan assistant supervisor, yang telah membimbing dan memperlihatkan masukan di lapangan.
4.      Para Leader Housekeeper, Adhe, Budi, Dodi, Alit, Khairi, Tikno dan para Senior Nengah, Pasek, Sigit’s, Teguh, Kasim, Hasan, Mahariana yang selalu membimbing, mengajari dan membantu pembinaan di lapangan.
5.      Semua teman-teman pembinaan yg akan selalu saya ingat bila tidak hilang ingatan, Risky, Ari, Eka, Adi A, Dessy, Eta, Andriani yg selalu membantu di ketika saya kesusahan dan pihak yang telah membantu hingga terselesainya laporan ini.
Dalam pelaksanaan praktek kerja dan menyusun laporan praktek kerja lapangan (training) masih banyak kekurangan, oleh lantaran itu. Kritik dan saran untuk kemajuan sangat penulis harapkan. Semoga laporan ini sanggup bermanfaat bagi kami dan pembaca pada khususnya.
Om Santih, Santih, Santih, Om.
Denpasar, 25 November 2013

(I KD ERIK JUNIARMADI)
DAFTAR ISI
Kata Pengantar............................................................................................................1
Daftar Isi.................................................................................................................... 2
BAB I PENDAHULUAN
         1.1 Latar belakang.................................................................................................. 3
         1.2 Tujuan Praktek Kerja Lapangan....................................................................... 3
         1.3 Manfaat Praktek Kerja Lapangan.................................................................... 3
    1.4 Waktu dan Tempat Pelaksanaan....................................................................... 4

BAB II GAMBARAN UMUM
     2.1 Sejarah Singkat Mercure Bali Harvestland Kuta............................................. 5
     2.2 Struktur Organisasi.......................................................................................... 5
     2.3 Department yang ada di Mercure Bali Harvestland Kuta............................... 6
     2.4 Hubungan Department House Keeping dan Department Lain....................... 7
     2.5 Lokasi dan Fasilitas Hotel............................................................................... 8
     2.6 Tata Tertib Kerja di Mercure Bali Harvestland Kuta...................................... 9

BAB III PEMBAHASAN
     3.1 Deskripsi Kegiatan Room Attandent............................................................ 12
     3.2 Alat-Alat yang Digunakan............................................................................ 13
     3.3 Cairan Pembersih (Chemical)........................................................................ 13
     3.4 Perlengkapan dan Fasilitas Kamar................................................................. 13
     3.5 Langkah-Langkah Pembersihan Kamar......................................................... 14
BAB IV PENUTUP
      4.1 Kesimpulan dan Saran.................................................................................. 17







BAB I
PENDAHULUAN

1.2 Latar belakang

                 Praktik kerja industri merupakan salah satu mata pelajaran dalam kurikulum yang wajib di ikuti oleh seluruh siswa Sekolah Pariwisata Bali. Praktik kerja industri ini merupakan suatu kegiatan yang dilakukan di luar sekolah untuk menambah pengetahuan siswa perihal dunia industri biar sanggup mempraktekkan seluruh teori yang diperoleh di sekolah di dunia industri.
                 Di dalam bidang pariwisata dan perhotelan, pengetahuan teori dan praktek yang di pelajari di sekolah harus di tunjang dengan praktek yang di lakukan di dunia industri, dalam hal ini dilakukan dalam bentuk praktik kerja industri. Dari pelaksanaan praktik kerja industri ini, siswa sanggup menerapkan teori dan praktek yang sanggup mendukung pelaksanaan di dunia industri serta siswa sanggup membandingkan teori dan praktek yang di sanggup disekolah dengan praktik kerja industri di dunia industri. Sehingga dibutuhkan akan sangat besar pengaruhnya dalam perjuangan peningkatan kemampuan serta profesionalisme kerja guna mempersiapkan diri untuk berhadapan pribadi dalam dunia pariwisata khususnya perhotelan.
1.2 Tujuan Praktek Kerja Lapangan
Adapun tujuan  dari pelaksanaan praktik kerja industri yaitu sebagai berikut :
Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      Sebagai salah satu syarat naik ke kelas 3 dan kelulusan yang harus di tempuh selama mengikuti pelajaran di Sekolah Menengah kejuruan PGRI 3 Denpasar.
Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      Untuk menerapkan teori dan praktek yang sanggup mendukung pelaksanaan di dunia industri.
Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      Mampu menyebarkan dan meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan perilaku kerja yang baik dalam melaksanakan tugas- tugasnya serta mengenal kondisi kerja di lapangan.

1.3 Manfaat Praktek Kerja Lapangan
Adapun manfaat- manfaat yang dibutuhkan dalam pelaksanaan Praktik Kerja Industri yaitu sebagai berikut :
Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      Dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai bidang kiprah yang sedang dijalani.
Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      Dapat menerapkan teori maupun praktek yang di peroleh di sekolah dan menbandingkannya dengan situasi kerja sesungguhnya.
Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      Mendapatkan pengalaman gres di dunia industri perhotelan yang sesungguhnya.
Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      Dapat berguru dalam membina suatu hubungan kerja yang baik.
Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      Meningkatnya kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa Inggris.

1.4 Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan pembinaan ini dimulai pada tanggal 25 juni 2013 hingga dengan tanggal 25 November 2013 dan daerah pelaksanaan On The Job pembinaan yaitu di Hotel Mercure Bali Harvestland Kuta.










BAB II
GAMBARAN UMUM

2.1 Sejarah Singkat Mercure Bali Harvestland Kuta

???

2.2 Struktur Organisasi
???




2.3 Department Yang Ada di Mercure Bali Harvestland kuta
Hotel Mercure Bali Harvestland Kuta dalam pengelolaan usahanya memperlihatkan pelayanan yang terdiri dari beberapa departemen yaitu :
Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      FRONT OFFICE DEPARTEMENT
Fungsi dari Front Office Departemen yaitu menjual kamar dan memperlihatkan jasa menyerupai :
ø  Menyiapkan pelayanan informasi hotel.
ø  Melayani tamu (check in / check out ).
ø  Menyiapkan administrasi.
Front office ini merupakan kantor depan yang secara pribadi bertemu dengan tamu hotel. Disamping itu front office juga merupakan pendukung kemajuan dan kelancaran suatu hotel.
ø  HOUSEKEEPING DEPARTEMENT
Housekeeping yaitu suatu departemen yang tuganya mengatur serta merawat kebersihan, keindahan, kenyamanan serta keamanan di area hotel sehingga sanggup member arti bagi tamu hotel.
ø  ACCOUNTING DEPARTEMENT
Adalah department yang bertanggung jawab atas kerja potongan keuangan. Adapun fungsi dari accounting yaitu pengaturan pemasukan dan pengeluaran keuangan hotel.
ø  MARKETING DEPARTEMENT
Departemant ini bertugas mempromosikan hotel biar lebih dikenal, baik itu kamar, harga kamar, akomodasi maupun sarana lainnya.
ø  ENGINEERING DEPARTEMENT
Department ini yang menangani dekorasi atau menghias serta untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan disekitar hotel yang memerlukan tenaga-tenaga mahir terutama untuk perbaikan listrik dan elektronika.
ø  PERSONALIA DEPARTEMENT
Department ini bergerak di potongan penerimaan calon pegawai gres dan member pembinaan kepada pegawai dalam jangka waktu tertentu.



2.4 Hubungan Department House Keeping dan Department Lain
ø  Hubungan potongan Housekeeping dengan potongan Front Office
ø  Housekeeping dan Front office merupakan room division yang saling terkait dalam proses  penyiapan dan penjualan kamar-kamar.
ø  Housekeeping menyimpan dan membuat  laporan Lost & found dan konfirmasikan pada
Front office.
ø  Housekeeping melaporkan status kamar yang bahu-membahu pada Front office.
ø  Housekeeping menyiapkan kamar-kamar dan konfirmasi pada Front office bahwa kamar
 siap dijual.
ø  Front office mengirimkan laporan kamar-kamar occupied pada Hoousekeeping.
ø  Front office menginformasikan kamar-kamar gres chek-in pada Housekeeping.
ø  Front office menginformasikan kamar-kamar Chek-out maupun daftar akan Chek-out
 pada Housekeeping.
ø  Front office meginformasikan kamar-kamar Change room pada Housekeeping.
ø  Front office membuat laporan perbedaan room status ( room descripancy ) pada Housekeepping
ø  Front office mengimformasikan usul extra dan complain dari tamu  pada Hoousekeeping.

ø  Hubungan potongan Housekeeping dengan potongan Binatu ( laundry )
ø  Hubungan ini mencakup pengambilan dan serah terima Guest laundry,linen-linen,uniform kotor dan higienis dan saling menkofirrmasikan perihal keluhan pencucian.

ø  Hubungan potongan Housekeeping dengan potongan Enggenering
ø  Hubungan ini erat sekali lantaran menyangkut  operasional hotel dalam hal pemeliharaan dan perbaikan peralatan dan akomodasi hotel terutama yang dipakai untuk kepentingan tamu.

Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      Hubungan potongan Housekeeping dengan potongan Puchasing
ø  Hubungan ini dalam hal pembelian peralatan dan perlengkapan yang sesuai dengan operasional Housekeeping.

Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      Hubungan potongan Housekeeping dengan potongan HRD
ø  Berupa urusan kepegawaian menyerupai usul tenaga kerja,pelantikan pegawai, kegiatan training,gaji,tunjangan,cuti pegawai,urusan jaminan social dan lain-lain.

Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      Hubungan potongan Housekeeping dengan potongan Security
ø  Hubungan ini mencakup pelaporan dan pengawasan keamanan dan keselamatan dalam hotel  terutama kamar-kamar dan public area serta barang-barang milik tamu.

Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      Hubungan potongan housekeeping dengan potongan Food and bavarage
ø  Hubungannya berkaitan dengan pelayanan room service,menu dikamar,clear up dan FB product menyiapkan masakan untuk karyawan.


2.4 Lokasi dan Fasilitas Hotel
Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      Alamat dan Lokasi
Alamat : Jln By Pass Ngurah Rai No. 8 Simpang Siur, Kuta 80361
Telp : (62) 361 750 483 Fax : (62) 361 750 482
Website : www.mercurebaliharvestlandkuta.com

Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      Fasilitas Hotel

ø  166 Kamar
Mercure Bali Harvestland Kuta terdiri dari 166 kamar. Untuk mengetahui jenis-jenis kamar di Mercure Bali Harvestland Kuta secara lengkap sebagai berikut.
Lantai
Standar Room
Exsecutive King Room
Exsekutive Twin Room
Junior Suites
Suites Room
President Suites
SPA
Jumlah Kamar
1
42
4
1
2
-
-
2
51
2
53
-
-
2
-
-
-
55
3
53
-
-
2
-
-
-
55
5
-
-
-
-
4
1

5
JUMLAH KAMAR
166



ø   Meetting Rooms
ø   Roots Restaurant
ø   Harvestland Club Lounge
ø   Swimming Pool
ø   Odiseus Spa
ø   Fitness Center
ø   Non-smoking rooms
ø   24 hours Room Service
ø   24 hours Laundry
ø   Free WiFi & Internet Connection
ø   Free Parking
ø   Business Center
ø   Free Shuttle Service to Kuta Beach
ø   Harvestland Ballroom









2.5 Tata Tertib Kerja di Mercure Bali Harvestland Kuta

ø  TATA TERTIB KEHADIRAN
ø  Jadwal/schedule pembinaan diatur oleh masing-masing potongan di deparemen yang bersangkutan.
ø  Traine melaksanakan absent di timekeeping-security office dilakukan dalam kondisi berseragam.
ø  Keterlambatan masuk kerja mencapai 15 (lima belas) menit atau lebih dianggap melanggar tata tertib kecuali telah diberitahukan kepada atasan.
ø  Ketidakhadiran lantaran sakit wajib disertai surat keterangan sakit dari dokter yang berwenang.
ø  Ketidakhadiran lantaran hal-hal diluar sakit dibenarkan dengan pemberitahuan dan izin sebelumnya dari mentor.
ø  Ketidakhadiran 3 hari kerja berturut-turut tanpa keterangan apapun dianggap melalaikan pekerjaan dan sanggup dikenakan hukuman berupa perhentian masa traine.



ø  TATA TERTIB UMUM
ø  Seragam disediakan di hotel termasuk akomodasi pembersihan seragam, namun setiap traine bertanggung jawab terhadap kondisi seragam tersebut.
ø  Traine diwajibkan untuk selalu menjaga kebersihan dan penampilan. Diwajibkan menggunakan tanda pengenal (name tag) selama bertugas. Bagi karyawan laki-laki biar selalu bercukur. Tidak diperkenakan memelihara kumis atau jenggot selama bertugas. Bagi traine perempuan berambut panjang sebaiknya rambut diikat rapi dengan jepit berupa pita warna hitam. Traine perempuan yang bekerja di front office dan FB service departemen diwajibkan menggunakan stocking warna abu-abu gelap.
ø  Traine hanya menggunakan toilet atau kamar mandi di loker karyawan/ti atau mushola.
ø  Segala barang yang keluar dari hotel harus diperiksa pihak security, termasuk tas dan barang-barang bawaan lainnya. Tidak dibenarkan membawa barang milik perusahaan tanpa izin.
ø  Telepon yang masuk untuk traine akan diterima di personalia departemen, kemudian pesan yang disampaikan akan diteruskan pada traine yang bersangkutan.
ø  Traine berhak menerima istirahat 1(satu) kali selama satu jam dalam tiap shift. Waktu istirahat yang dipergunakan untuk makan (di kamar staff) dan shalat bagi yang menjalankan. Kebersihan dan kerapihan kantin serta peralatan makan menjadi tanggung jawab setiap traine, tidak dibenarkan membawa peralatan makan keluar dari kantin.
ø  Waktu beribadah di luar jam istirahat diizinkan dengan persetujuan supervisor yang bertugas.
ø  Traine hanya dibenarkan menggunakan lift khusus karyawan kecuali bila bekerjasama dengan tugas, (misalnya bellboy)
ø  Tidak dibenarkan memasuki kamar tamu tanpa seizing kepala departemen kecuali sedang dalam perjuangan pelayanan.
ø  Tidak diperkenakan mengunyah permen karet selama bertugas.
ø  Bila traine menemukan barang yang hilang atau tertinggal, harus menyerahkan barang temuan tersebut kebagian lost & found di housekeeping departemen atau melaporkan kebagian security tanpa mempertimbangkan jenis barang maupun nilainya.
ø  Dilarang mempunyai dan atau menggunakan obat-obat terlarang, narkotika atau minuman yang mengandung alcohol didalam lingkungan perusahaan. Apalagi bertugas dibawah imbas zat tersebut.
ø  Dilarang membawa atau mempunyai senjata api atau senjata tajam yang tidak dipakai untuk bertugas.
ø  Ketidakjujuran, penggelapan, penipuan, pencurian, barang-barang milik perusahaan atau milik orang lain sangat dihentikan dan sanggup menyebabkan perhentian masa training.
ø  Dilarang mencoret-coret atau melaksanakan perbuatan lain yang sanggup menyebabkan kerusakan bangunan ataupun peralatan perusahaan.
ø  Dilarang mengkonsumsi masakan ataupun minuman yang disediakan untuk tamu atau memperlihatkan masakan atau minuman kepada keluarga atau teman.
ø  Dilarang melaksanakan hal-hal asusila atau hal-hal tidak senonoh dilingkungan hotel.
ø  Dilarang bertingkah laris tidak pada tempatnya contohnya berlari-lari, berteriak-teriak, tertawa keras-keras diarea kerja.
ø  Tidak dibenarkan secara pribadi maupun tidak pribadi meminta ‘’Tip’’ dari para tamu perusahaan.
ø  Tidak dibenarkan mengambarkan perilaku atau sifat tidak terpuji kepada pelanggan, tamu perusahaan atau sahabat kerja.
ø  Tidak dibenarkan tidur ketika bertugas.
ø  Dilarang merokok diarea kerja.
ø  Dilarang memulai atau terlibat perkelahian dengan sesama trine, karyawan lain, atasan maupun kepada departemen.
ø  Dilarang menceritakan belakang layar perusahaan atau mencemarkan nama baik pimpinan perusahaan dan keluarganya yang seharusnya dirahasiakan.



BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Deskripsi Kegiatan Room Attandent
Room attandent yaitu : Orang yang bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan
membuat menjaga kebersihan,merawat fasilitas,menata,merapihkan perlengkapan dalam
guest room serta memperlihatkan pelayanan terhadap kebutuhan tamu menginap sesuai dengan
standar operasional dan mekanisme perusahaan.Tugas dan tanggung jawab sebagai berikut : 
ø  Datang 15 menit sebelum bertugas, menggunakan uniform lengkap dan merapikan 
diri, dan pribadi bolos menggunakan sidik jari.
ø  Menghadiri briefing housekeeping dan melaksanakan serah terima pekerjaan menyerupai :
   - mendapatkan lembaran penugasan (room assignment).
   - mendapatkan dan membaca buku harian roomboy report
   - serah terima kunci kamar
ø  Menerima isyarat dan bimbingan dari atasan terhadap cara kerja yang sistematis
   efektif dan efisien.
ø  Menerima dan melaksanakan kiprah terhadap pekerjaan yang harus dikerjakan dari atasan.
ø  Melakukan preparing dengan baik menyerupai :
   - membersihkan trolly dan menata peralatan kerja dan menata perlengkapan guest room :
     linen room dan guest supliess untuk kelancaran kerja.
ø  Memeriksa seluruh kamar yang menjadi tanggung jawab dan menuliskan status kamar pada room assignment sheet.
ø  Memeriksa dengan teliti atas kamar kamar yang akan dipakai hari ini menurut expected arrival list dari FO.
ø  Melaporkan kerusakan yang terjadi dalam guest room pada atasan atau departemen terkait untuk pribadi diperbaiki (jika ada).
ø  Melaporkan lost and found / barang tamu yang tertinggal pada atasan (jika ada)
   sesuai dengan standar operasional dan mekanisme perusahaan.
ø  Membersihkan guest room dan memperlihatkan pelayanan atas segala kebutuhan tamu yang
   menginap  sesuai dengan standar operasional dan mekanisme perusahaan.
ø  Melaksanakan dan menjalankan mekanisme keselamatan,keamanan,hygenis dan sanitasi
     untuk kepentingan daerah kerja,diri sendiri,rekan kerja dan tamu.
ø  Mendokumentasikan kegiatan dan hasil pekerjaan hari ini, menyerupai :
     - mengisi atau mencatat pada room assigment sheet perihal laporan status kamar dan
       pemakaian serta penggantian linen dan perlangkapan di kamar.
ø  Merapikan trolley dan membersihkan pantry bila kegiatan pembersihan kamar sudah selesai.
ø  Menyerahkan kembali room assigment sheet kepada atasan.




3.2 Alat-Alat Yang Digunakan


ø  Floor broom
ø  Mop
ø  Dushpen
ø  Cady
ø  Toilet bowl brush
ø  Sponge
ø  Ped
ø  Hand brush
ø  Bottle sprayer
ø  Woser
ø  Squis



3.3  Cairan Pembersih
ø  Chips : sebagai pengkilap staainlees stail
ø  Glass Cleaner : sebagai pembersih kaca
ø  MPC : sebagai pembersih toilet bowl dan washbasin
ø  Air freesner : sebagai pengharum ruangan
ø  Sumainok : sebagai pelapis stainless stail

3.4  Perlengkapan dan Fasilitas Kamar


Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      Wardrobe :


ø  2 Kimono/Yukata
ø  10 Hanger
ø  1 Laundry bag
ø  1 Laundry list
ø  1 SDB (Safety deposit box)
ø  2 Pasang Slipper



Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      TV


ø  TV table
-          TV Chanel
-          Remote
-          Room Directory
-          DnD Side



Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      Cofee Table


ø  Mirror
ø  2 High ball
ø  2 Mug
ø  Electrik ketel/jug
ø  Tray
-          2 sweetener
-          2 gula
-          2 kopi
-          2 lipton yellow tea
-          2 decafein
ø  Mini Bar
-          Mini kafe list





Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      Dressing Table


ø  Drower


-          2 Head lether
-          2 Amvelope
ø  Reading lamp
ø  Astray/Asbak (Smoking room)







Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      Bed Side Table
ø  Telephone
ø  Note Pad
ø  Pencil/Pulpen
ø  Plant for The Planet Card


Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      Bathroom


ø  Washbasin
ø  Shower
ø  Toilet Bowl
ø  2 mineral water
ø  2 Bath towel
ø  1 hand towel
ø  1 bath mat
ø  1 tissue roll
ø  1 tissue box
ø  1 soap
ø  2 tooth brush
ø  1 vanity kit
ø  1 shower cap
ø  1 disposal bag/sanitary bag
ø  1 samphoo
ø  1 bath gel
ø  1 body lotion



Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      Langkah-Langkah Pembersihan Kamar
ø  Entering guest room
Mengetuk pintu 3 kali dengan menyebutkan department/identitas/greeting. Jika tidak ada jawaban, buka pintu menggunakan kunci cadangan dan buka secara perlahan.

ø  Chek Electrik City
Masukan keytag ke tempatnya, dan hidupkan semua lampu untuk memastikan tidak ada yg mati atau rusak. Setelah selesai, matikan AC dan semua lampu yg hidup kecuali lampu yang berada di bathroom.

ø  Open Curtain
Buka korden biar cahaya matahari sanggup masuk ke kamar, selain itu juga untuk memastikan tidak ada beling yang pecah

ø  Striping Sampah
Buang semua sampah yang berada di kamar ke Dump Humper, biar mempermudah kita ketika melalukan pembersihan kamar.

ø  Striping Bed
-          Sebelum daerah tidur ditata dengan linen yang bersih, linen yang telah di pakai harus di buka satu persatu dengan baik. Setiap membuka linen dari daerah tidur harus di kibaskan untuk melihat kalau ada barang tamu yang terselip dalam linen.

-          Buka pillow case, dan letakkan pillow itu diatas Sofa yang terdekat dengan daerah tidur.

-          Buka duve cover, lipat inner duve dan letakan di atas sofa


ø  Making Bed
Prosedur making bed yaitu sebagai berikut :
-          Ambil sheet, duve cover, dan pillow case yg sesuai dengan ukuran bed.
-          Tarik bed ke posisi yang baik untuk memudahkan proses making bed.
-          Tebarkan sheet pertama dengan jahitan menghadap ke bawah dan permukaan yang halus berada di atas dengan posisi tepat di atas bed dan juntaian kanan – kiri dan atas bawah harus seimbang. Masukkan sisa sheet di samping bed ke dalam bed dengan sudut antara  45 atau 90°
ø  Tebarkan duve cover di atas sheet tadi, dan masukan inner duve kedalam duve cover dari samping. Kibaskan duve biar tidak ada yang menggelembung dan rapikan pinggirannya
ø  Lipat potongan atas kira-kira selebar 40cm, masukan duve potongan bawah ke bed dan lipat potongan kanan dan kiri dengan sudut antara 45 atau 90o.
ø  Dorong bed ke posisi semula.
ø  Masukan pillow ke dalam pillow case, pasang dengan posisi berdiri dan sedikit dimiringkan.
ø  Pasang pillow decoration di depan pillow.
ø  Terakhir pasang bed runner di potongan bawah.

Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      Cleaning Bathroom
ø  Buang semua sampah yang berada di bathroom ke damp humper.
ø  Ambil cady dan bawa ke bathroom.
ø  Cuci semua gelas kotor (jika ada)di wash basin dan pribadi di keringkan.
ø  Gosok keran dan shower yg terbuat dari stailess stail menggunakan cairan chips dan spon bergairah (scote brite) hingga mengkilap dan bilas menggunakan air.
ø  Gosok washbasin menggunakan MPC dan spon bergairah (scote brite)
ø  Sikat toilet bowl menggunakan cairan MPC dan toilet bowl brush, bila perlu pribadi menggunakan tangan dan spon bergairah (scote brite)
ø  Sikat lantai dan dinding bathroom menggunakan hand brush dan MPC, sesudah selesai bilas menggunakan air.
ø  Semprot permukan beling dengan glass cleaner, ratakan menggunakan woser dan tarik sisa-sisa kotoran menggunakan squis.
ø  Buka drain (saluran pembuangan) tarik sisa-sisa cairan pembersih dan air yg berada di lantai bathroom menggunakan squis ke drain.
ø  Keringkan bathroom menggunakan lap khusus.
ø  Lengkapi semua guest supplies yg berada di bathroom.

Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      Dusting
ø  Damp dusting :
Damp dusting yaitu mengelap menggunakan lap yang lembab, dengan tehnik searah jarum jam dan dari atas ke bawah. Dimulai dari belakang pintu, wardrobe, coffee table dan seterusnya.

ø  Dry dusting :
Dry dusting yaitu mengelap menggunakan lap kering, dengan tehnik dari atas ke bawah. Digunakan untuk mendusting permukaan kaca.

ø  Pada ketika dusting, pribadi merapikan room facilities dan melengkapi room facilities yg kurang.



Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      Sweeping
ø  Sapu dari pojok terjauh dengan pintu masuk, terutama di belakang korden, bawah sofa, kursi, bed side table dan luggage rak.

Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      Moping
ø  Moping/ngepel dilakukan dari pojok terjauh dan dilakukan dengan tehnih menarik kotoran yg tersisa menyerupai debu dan serpihan-serpihan.

Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memperlihatkan jalan dan kemudah √ Laporan Training Housekeeping Department di Mercure Bali Harvestland Kuta      Double Chek
ø  Chek semua kelengkapan kamar, dan jangan hingga meninggalkan alat-alat di kamar. Jika dirasa sudah lengkap tutup pintu dan isi assignment sesuai dengan nomer kamar dan semua yg diganti.





BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan dan Saran
ø  Kesimpulan
ø  Dari Pelaksanaan Praktek Kerja Industri, penulis sanggup menyimpulkan bahwa dengan adanya Praktek Kerja Industri sebagai salah satu kurikulum yang wajib diikuti, penulis sanggup mempraktekkan teori dan praktek yang di sanggup di Sekolah di industri, sehingga penulis sanggup membandingkan dan menambah ilmu yang kurang dari pelaksanaan Praktek Kerja Indsutri tersebut.
ø  Bahwa dalam Praktek Kerja Industri yang dilakukan di industri mempunyai manfaat yang sangat besar bagi penulis sebagai jenjang dalam meniti karier di bidang pariwisata dan perhotelan, alasannya dengan melaksanakan pembinaan di industri, penulis bisa mengetahui segala sesuatu yang ada di hotel dan  apa yang di lakukan di hotel
ø  Selain itu, melalui Praktek Kerja Industri juga membuat penulis menjadi tahu bagaimana cara melayani tamu dengan baik, dan mengetahui standar minimum yang harus diketahui dalam bekerja. Dari Praktek Kerja Industri ini juga penulis mengetahui bagaimana caranya bekerja dengan cepat dan tepat.

ø  Saran

Demi perkembangan dan kemajuan pelaksanan On The Job Training, maka penulis 
memperlihatkan sedikit saran-saran sebagai berikut : 
ø  Ditingkatkan suasana kerja yang kompak dan kekeluargaan.
ø  Melaksanakan On The Job Training dengan penuh semangat dan total, sehingga sesudah selesai nanti benar-benar mendapatkan hasil yang maksimal pula, Mempertahankan serta meningkatkan pelayanan kepada tamu.
ø  Sebagai seorang trainee sebaiknya dipakai sebaik mungkin sebagai daerah bertanya dan berguru banyak hal mengenai dunia industri pehotelan dan paiwisata
ø  Sebaiknya semua trainee selalu disiplin dalam hal mentaati semua hukum yang berlaku di hotel.
ø  Sebaiknya management tidak memaksakan kehendak untuk memanfaatkan tenaga trainee untuk sistem kerja overtime.
ø  Sebaiknya management tidak melarang kewajiban trainee, menyerupai kegiatan gathering ketika tenaga trainee dibutuhkan pada ketika occupancy tinggi.

Sumber http://erickney88.blogspot.com