Sunday, June 25, 2017

√ Pengertian Animasi

Pengertian Animasi dalam dunia perfilman, secara bahasa animasi berasal dari bahasa latin yang berarti hidup, bergerak dan berjalan.Tetapi ada yang menyampaikan bahwa animasi berasal dari bahasa kata dasar to animte yang berarti menggerakkan benda-benda mati atau object yang mati menjadi hidup menyerupai konkret dan juga di berikan effect menyerupai senang, emosi dan lain sebagainya. Animasi memang lagi ngetren-ngetrennya di televisi sehingga kebanyakan orang seneng ketika melihat film animasi kartun. Jika Teman-teman ingin menjadi seorang animator yang handal maka Teman-teman wajib menguasai 12 dasar Pengertian Animasi 3d , apa saja 12 dasar animasi itu? Marilah kita bahas satu per satu, di antaranya adalah:

Prinsip Dasar yang Harus di Kuasai

Tetapi ada yang menyampaikan bahwa animasi berasal dari bahasa kata dasar  √ Pengertian Animasi
1. Pose to pose (Gerakan)
Maksud dari pose to pose yaitu gerakan dari suatu daerah ke daerah yang lain. Sehingga animasi akan terlihat benar-benar hidup ketika di lihat. Membuat pose to pose ini bukanlah kasus yang gampang untuk di lakukan oleh seorang yang gres berguru atau mendalami dunia animasi, seseorang yang sudah sanggup menggerakan animasi pose to pose di sebut juga dengan seorang animator yang sudah master. Animasi itu ada dua dimensi dan tiga dimensi, di mana dua di mensi hanya terlihat satu segi saja, dan tiga dimensi sanggup di lihat di banyak sekali sudut pandang. Tentu tinggkat kesulitannya ketika menggerakkan pose to pose sangat sulit yang tiga dimensi. Mengapa sulit yang tiga dimensi tidak dua dimensi? Kaprikornus begini, Untuk menggerakkan animasi yang tiga dimensi kita harus memilih posisinya dengan tepat dan sesuai dengan kamera yang ada. Misalkan kita mau menciptakan animasi tiga dimensi orang berjalan atau lari, maka kita harus menciptakan pose to posenya terlebih dahulu, lalu sesudah menciptakan pose to pose kita buat ekspresi wajahnya dan terakhir mengatur keadaan kamera. Itulah pola simple pose to pose.

2. Timing (Waktu)
Timing yaitu waktu di mana animasi akan muncul pada ketika waktu yang tepat. Pada tahap timming ini seorang animator benar-benar mengatur atau memperhatikan gerak postur baik badan, wajah, tangan dan kaki harus berbeda dengan animasi lainnya. Misalkan seoran animator ingin menciptakan animasi orang berjalan, maka seorang animator harus mengatur cara jalannya supaya animasi tersebut sanggup berjalan pelan. Sedangkan bila ingin menciptakan animasi seseorang berlari maka seorang animator harus sanggup menciptakan animasi tersebut berlari selayaknya orang lari. Sehingga akan terlihat menyerupai nyata.

3. Secondary Action (Gerakan ke Dua)
Secondary Action atau sanggup di sebut dengan Gerakan ke Dua, sebelum saya jelaskan mungkin ada yang tahu itu apa sih Secondary Action? Kalau belum tahu maka akan saya jelaskan ihwal secondary action ini. Seconday Action intinya menggerakkan animasi, namun seconday action ini berbeda dengan pose to pose ya Teman-teman. Kalau pose to pose bergerak dari satu daerah ke daerah yang berbeda, tetapi kalau secondary action bergerak namun sudah rumit lagi tingkatnya di bandingkan dengan pose to pose. Contoh gerakan secondary action, misalkan seseorang animator menciptakan animasi orang yang lagi mengendarai motor, tetapi di samping itu juga sedang bermain hp. Nah itu yaitu pola simple dari gerakan seconday action.

4. Ease In Ease Out (Akselerasi)
Ease In dan Ease Out atau juga sanggup di sebut dengan Akselerasi, jadi Ease In dan Ease Out memilik perbedaan. Jika Ease In hanya awalannya yang cepat dan Ease Out Akhirannya cepat. Contoh simple Ease In, seseorang yang menciptakan animasi sedang melempar batu, pada awalannya watu tersebut ketika di lempar cepat dan ketika mau mengenai sasarannya watu tersebut jadi lambat pergerakannya. Ease Out berarti kebalikannya dengan Ease In.

5. Anticipation (Antisipasi)
Anticipation yaitu pergerakan animasi ancang-ancang, masksud dari ancang-ancang yaitu ketika animasi seseorang yang ingin lari harus ada persiapan dahulu, menyerupai tangan di tarik terlebih dahulu dan kaki di angkat, itulah anticipation. Contohnya saja film kartun Tom and Jerry pada huruf Tom sering sekari memakai gerakan Anticipation yaitu melaksanakan persiapan terlebih dahulu sebulum mengejar si Jerry. 

6. Follow Through and Overlapping Action
Follow Through and Overlapping Action juga di sebut sebagai gerakkan yang berlebihan. Mengapa di sebut gerakkan yang berlebiha? Kaprikornus menyerupai ini, ketika kita menonton film kartun Naruto ataupun Tom and Jerry sering sekali kita melihat gerakkan yang berlebihan. Ketika si Naruto berlari ataupun si Tom berlari maka di belakangnya akan ada bayangan yang tertinggal ketika huruf tersebut lari, nah itulah yang di sebut Follow Through and Overlapping Action. Kalau masih galau gini aja deh, Teman-teman pernahkan berlari dan tiba-tiba berhenti? Kalau sudah pernah berarti mengerti ihwal gerakan Follow Through adn Overlapping, ketika Teman-teman berlari dan lalu berhenti akan terasa tubuh kedepan dan baju Teman-teman bergerak-gerak. 

7. Arc (Gerakkan Melengkung)
Arc yaitu gerakkan melengkung, ketika kita menciptakan animasi orang yang sedang melempar watu maka watu tersebut akan jatuh lagi ke tanah. Perlu di perhatikan watu tersebut bekerjsama mengalami gerakkan Arc yaitu Gerakkan Melengkung, teknik ini sering di gunakan oleh para animator-animator alasannya yaitu teknik ini sangat penting dalam menciptakan animasi.

8. Squash and Stretch (Elastisitas)
Squash and Stretch atau Elastis yaitu animasi yang bergerak memilik kelenturan sendiri, mempunyai gerakkan khusus sendiri. Contoh animasi orang menari ballet maka si animasi ballet tersebut sudah otomatis mempunyai ciri khas squash and strecth. Contoh lain juga sanggup di ambil dari kelinci, pernahkan kalian menonton film kartun yang tokoh utamanya si kelinci? kalau pernah menonton niscaya sudah tahu squash and stretch, kalau dalam animasi kelinci tingkat kelenturannya berada di kedua telinganya yang sangat luntur. Perhatikan ketika kelinci berlari maka ke dua telinganya akan secara otomatis bergerak kemana-mana dan lentur.

9. Appeal 
Appeal yaitu ke unikan tersendiri dari animasi tersebut. Misalkan keunikan dari cara berbicaranya, tingkahlakunya dan lain sebagainnya. Inti dari Appeal yaitu membedakan antara satu animasi dengan animasi yang lainnya agar, itulah yang di namakan appeal mempunyai ciri khas tersendiri.

10. Penjiwaan Karakter
Penjiwaan Karakter ini sangat sulit sekali ketika menciptakan animasi, alasannya yaitu seseorang animator harus tahu betul ciri khas dari huruf animasi tersebut, ketika suasana lagi berduka maka seseorang animator harus sanggup mengekspresikan animasi huruf tersebut bersedih semoga sanggup sesuai dengan latar suasananya. Dalam tahap penjiwaan ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam mebuatnya agara sanggup menghasilkan animasi dengan penjiwaan yang tepat dan baik tentunya sesuai dengan latar belakang suasana.

11. Stagging
Stagging yaitu menempatkan atau merekam animasi memakai camera dari banyak sekali segi manapun supaya keseluruhan dari huruf tersebut sanggup terekam semuannya. Dalam animasi tiga dimensi ini sangat di butuhkan sekali prinsip stagging guna untuk menghasilkan atau output yang sangat baik dan bagus. Misalkan kita mau menciptakan animasi seseorang barjalan ataupun berkelahi, maka kita harus menciptakan banyak kamera dari segi atas, bawah, samping, depan dan belakang supaya ketika animasi tabrak sanggup terekan sepenuhnya. Itulah prinsip Stagging.

12. Exaggeration
Exaggeration dalam animasi yaitu melebih-lebihkan huruf tersebut sehingga huruf yang tadinya biasa-biasa saja menjadi sangat luar biasa. Misalkan animasi Tom and Jerry, ketika Tom mau memakan si Jerry sering sekali kita melihat konsep Exaggeration yaitu melebih-lebihkan, menyerupai ekspresi di buka lebar-lebar, memakan besi, ekornya patah dan lain-lain. Itulah yang di namakan Exaggeration gerakan yang berlebih-lebihan.

Sekian dulu postingan saya kali ini mengenai pengertian Animasi dasar yang harus di kuasai oleh Animator, dasar-dasar Animasi ini memang sangat wajib di kuasai bagi seseorang yang khususnya akan menjadi seorang Animator yang handal. Dengan cara menguasai semua teknik di atas maka akan gampang bagi para orang-orang untuk sanggup menjadi seorang animator.

Sumber http://vfxanimasi.blogspot.com