Masuk halaman pertama google tentu menjadi hal penting dalam dunia blogging.
Mengapa?
Dalam sebuah penelitian pada tahun 2015, ditemukan bahwa 91,5% pengunjung lebih tertarik dg halaman pertama. Berikut ini prosentasenya:
- Halaman 1; 91,5%
- Halaman 2; 4,8%
- Halaman 3; 1,1%
- Halaman 4; 0,4%
Bisa anda lihat sendiri di atas. Semakin jauh halaman sebuah blog/ website, maka peluang diklik oleh pengunjung akan semakin kecil.
Mari kita perinci lagi…
Jika anda sudah masuk halaman pertama Google, berapa prosentase yang akan anda dapatkan bila berhasil berada pada posisi 1?. Hasil penelitian oleh Chitika pada tahun 2013,
Nah, grafik di atas menunjukkan bahwa posisi pertama google berpeluang diklik oleh pengunjung 33%. Posisi kedua 18%. Dst.
Jadi, alasan mengapa banyak blogger ingin menciptakan blog mereka masuk halaman pertama ialah supaya banyak pengunjung. That’s so important.
Pertanyaannya, bagaimana cara menampilkan blog/ website di halaman pertama google?
Oh iya, sebagai pengingat aja. Supaya hasil yang anda peroleh lebih maksimal, silahkan baca langkah-langkah menulis artikel seo disini. Sudah saya beberkan 20 langkah disertai dengan data terpercaya.
Studi Kasus Masuk Halaman Pertama Google
Supaya tidak mengada-ada, berikut ini saya perlihatkan SS peringkat salah satu blog saya.
Blog yang menjadi studi masalah ialah jasaseobacklink dot com (Blog jasa backlink).
Kenapa kok gak blog lain?
Gini. Jika saya memakai blog lain, maka bisa dikatakan lebih mudah.
Bayangkan saja. Blog saya jasaseobacklink dot com itu blog yang berisi perihal jasa backlink. Jadi, siapa pesaingnya?
Ya niscaya jasa backlink lainnya bukan… Kalau pesaingnya juga jasa backlink, niscaya mereka itu para jago seo.
So, maksud saya memakai blog jasaseobacklink dot com ialah untuk menawarkan bahwa seberat apapun persaingan, bila anda selalu berusaha niscaya bisa masuk halaman pertama.
Kata kunci yang saya sasaran ada 5. Jika anda perhatikan, maka akan terlihat bahwa semua kata kunci yang saya sasaran untuk google.com telah tampil di halaman pertama. Sedangkan untuk google.co.id, 2 kata kunci halaman pertama, 1 kata kunci halaman kedua dan 2 kata kunci halaman ketiga.
Saya rasa itu bukanlah peringkat yang buruk. Melihat pesaing saya ialah para mahir seo.
Berapa waktu yang diperlukan untuk masuk page 1?
Sekitar 2 bulan.
Wuh usang banget…
Iya,.. Sudah dibilangin kok. Pesaingnya itu para mahir seo. Makara harus hati-hati.
Saya sangat berharap, bulan ketiga semua kata kunci bisa masuk page one. Apalagi top 1. Amin.
Menurut saya pribadi, 2 bulan termasuk waktu yang singkat. Melihat tingkat persaingan yang berat ini. Plus, blog ini juga masih baru. Domain saya beli pada final 2015. Namun gres saya meningkatkan secara optimal sekitar 3 bulan-an lalu. Plus, bulan kemarin tidak saya meningkatkan secara optimal sama sekali sebab bulan puasa. Pengennya tidur melulu… Hehehe
Bayangkan lagi. Blog gres melawan blog lama. Blog jasa backlink anabawang vs blog jasa backlink senior. Kurang serem apa coba?… Hahaha lebay
Nah, melalui artikel ini saya ingin berbagi. Apa saja yang harus dilakukan supaya blog anda (baru maupun lama) bisa bersaing dengan blog lain. Sehingga blog anda minimal bisa masuk halaman pertama google.
7 Langkah biar Blog/ Website Masuk Halaman Pertama Google
Langkah-langkah di bawah ini harus anda terapkan secara berurutan biar optimal. Ini bukanlah cara rahasia. Namun, hanya beberapa blogger yang berhasil menerapkannya.
1. Tetapkan domain
Ketika membahas domain, anda akan dihadapkan pada dua dilema. Yaitu, memakai keyword atau menciptakan brend.
#1. Keuntungkan memakai keyword sebagai domain ialah sudah tersisipnya keyword tersebut. Contoh, kursusonline.com, belajarseo.com, bisnisproperti.com, dll.
#2. Sedangkan laba memakai brend ialah anda akan mempunyai merk. Situs anda akan lebih berkelas sebab mempunyai nama unik. Contoh, quora.com, google.com, yahoo.com, dll.
Lalu, mana tipe domain yang lebih baik anda pilih?
Sebenarnya, sekitar sepuluh-an tahun yang lalu, domain yang mengandung keyword sangat populer. Namun, semakin berkembangnya internet maka tipe domain berkeyword ini mulai ditinggalkan.
Mengapa?
Karena apapun kini memerlukan sebuah brand.
Brand mambantu anda terlihat lebih profesional. Brand bisa menimbulkan sebuah website lebih gampang diingat sebab unik. Brand merupakan identitas pribadi. Dst. Masih banyak sekali kelebihan dari branded keywords.
Jadi, saran saya, lebih baik anda membangun branded domain.
Anda bisa membeli domain di Namecheap. Silahkan cek tutorial membeli domain di Cara Mendaftar Domain di Namecheap.
2. Hosting yang tepat
Jika anda menciptakan blog/ website self hosting, maka disamping anda perlu untuk membeli domain, juga harus membeli hosting.
Membeli hosting dihentikan sembarangan. Karena, hosting merupakan gudang penyimpanan semua data dari blog/ wesbite anda. Salah menentukan hosting bisa berakibat fatal.
Bayangkan, bila anda yang sudah mempunyai blog dengan trafik 5000 per hari tiba-tiba website tidak bisa diakses. Wuh bisa ancaman banget tuh. bisa-bisa pengunjung anda kabur semua. Eror ini berasal dari faktor hosting.
Jadi, anda harus bakir dalam menentukan hosting.
Agar anda tidak bingung. Telah saya ringkas 5 penyedia hosting terbaik di dunia. Silahkan cek di 5 Layanan Hosting Terbaik dan Murah.
3. Theme/ template yg friendly
Pernah gak anda melihat theme/ template sebuah blog yang amburadul?
Pasti pernah kan.
Pernah gak anda melihat theme/ template sebuah blog yang lemooooot?
Pasti pernah kan.
Pernah gak anda melihat theme/ template sebuah blog yang buruk banget?
Pasti pernah kan.
Bagaimana perasaan anda ketika melihat blog ibarat itu?
Ya niscaya gak nyaman banget.
Nah, dalam dunia blogging, menentukan theme/ template blog juga harus tepat. Karena ini kuat pada kenyamanan pengunjung. Juga, kecepatan index nantinya.
Jangan pernah berfikir bahwa theme yang baik ialah yang banyak animasinya. Itu salah. Malah, theme ibarat ini bersama-sama tidak baik, sebab menimbulkan loading blog berat.
So, pilihkan theme yang friendly. Maksudnya, theme yang fast response, nyaman dilihat, dll. Pokoknya dekat bangetlah ama manusia. Plus, disukai ama mesin pencari.
Theme yang friendly itu cari dimana?
Gak perlu bingung. Jika anda ingin mencari theme friendly secara gratis, cek aja di theme wordpress. Atau bila anda suka yang berbayar, beli aja di themeforest.
4. Fokus topik
Satu duduk masalah lagi. Sebenarnya yummy mana sih, blog fokus satu topik atau blog gado-gado?
Saya mengutip dari salah satu internet marketer dunia, Harsh Agrawal. “Blog gado-gado itu tidak baik untuk pembaca, seo dan berburu uang”.
Benarkah?
Ya benarlah. Dia tuh senior kita, kok gak percaya.
#1. Makara gini. Mengapa blog gado-gado kok kurang disukai pembaca?. Karena blog anda terlihat tidak profesional.
Saya tanya anda. Mengapa biaya ke dokter gigi lebih mahal daripada biaya ke dokter umum?. Ya sebab dokter gigi itu dokter spesialis. Semakin spesifik sesuatu, maka nilai jualnya akan semkain naik.
Begitu juga dengan blog.
Jika blog anda hanya membahas satu topik, maka pengunjung akan berfikir bahwa anda ialah orang yang mahir dalam satu bidang ini. So, anda terlihat profesional.
Tapi kalau blog anda gado-gado, orang akan susah percaya dengan isi blog anda. Karena tidak ada orang yang mahir dalam semua bidang. Artinya, sangat tidak masuk nalar seorang blogger mahir dalam banyak sekali topik. Blog gado-gado menunjukkan ketidak profesionalan anda sebagai seorang blogger.
#2. Blog gado-gado tidak baik untuk seo. That’s right. Karena Google (Saya spesifikkan ke mesin ini) sangat menyukai blog yang isinya relevant antara konten satu dengan yang lain.
Blog gado-gado?… 100% tidak relevan. Karena terlalu banyak pembahasan.
#3. Blog gado-gado susah utuk berburu uang. Tau kenapa?. Andaikan anda ialah publisher, maka akan ada sedikit sekali Advertiser yang tertarik dengan blog anda. Karena si Advertiser tidak tau iklan apa yang cocok untuk blog gado-gado. Mau pasang iklan bisnis, eh artikelnya nanti muncul makanan.
Jadi, lebih baik anda menciptakan blog yang fokus pada satu topik.
5. Buat artikel yang berkualitas
“Konten ialah raja”. Pepatah ini sangatlah benar.
Sebaik apapun nama domain, hosting, theme blog anda, tanpa konten yang berkualitas maka jadinya NOL.
Artikel yang berkualitas bisa menjawab pertanyaan dari pengunjung. Artikel berkualitas juga sangat berpeluang untuk viral (di promosikan).
Untuk menulis sebuah konten (artikel) yang berkualitas, ada 20 tahapan. Saya sudah menulisnya di Artikel SEO: 20 langkah menulis konten yang disukai Google dan Pengunjung.
6. Promosi konten
Semua telah anda optimasi. Sekarang waktunya untuk melaksanakan promosi.
Anda jangan pernah berpikir bahwa konten anda akan dibanjiri banyak pengunjun tanpa promosi. Itu salah besar.
Promosi sangatlah penting. Dengan promosi, anda akan memperkenalkan pengunjung perihal konten anda, blog anda. Dengan promosi pula anda bisa memperoleh pengunjung gres dan menciptakan mereka menjadi loyal.
Neil Patel menyampaikan bahwa kekuatan sebuah blog bersama-sama ada pada kemampuan dalam promosi. Karena 70% kesuksesan sebuah konten berasal dari promosi itu.
Metode promosi ada dua, gratis dan berbayar.
Untuk yang gratis, anda bisa mempromosikan konten melalui:
- Group (Fb, Yahoo group, dll.)
- Forum (Bersosial, Ads.Id, dll.)
- Social Media (Facebook, twitter, instagram, dll.)
- Dari ekspresi ke ekspresi (Ngomong pribadi ke orang lain)
Sedangkan yang berbayar, anda bisa promosi melalui:
- Facebook Ads
- Google Ads
- Bing Ads
- Twitter Ads
Saya pernah diberi pesan tersirat oleh salah satu blogger terkenal Indonesia. Ia mengatakan, “Menulis konten itu harus berkualitas. Lalu, dalam satu ahad selanjutnya, fokuslah untuk mempromosikan konten tersebut“.
Baca juga, cara saya meningkatkan pengunjung blog sampai 3,5 ali lipat hanya dalam waktu 1 minggu. Klik disini
7. Analisis
Seperti dalam teori manajemen, poin terakhir selalu analisis, peninjauan ulang atau tindakan koreksi.
Ini memang sangat penting.
Anda akan mengetahui apakah konten anda dan promosi anda sudah optimal melalui proses analisa ini. Jika ternyata belum optimal, harus ada tindakan perbaikan.
Tindakan perbaikan bisa berarti mengedit isi konten, mungkin kurang berbobot. Atau lebih meningkatkan acara promosi.
Untuk menganalisa, anda bisa memperhatikan grafik pengunjung, tingkah laris mereka, komentar mereka, dari mana mereka bisa tau konten anda, dll. Ini semua perlu anda ketahui.
Tenang saja, semua ini bisa anda peroleh melalui Google Analytic. Silahkan daftar, kemudian pantau kinerja blog/ website anda.
Itulah ketujuh langkah yang harus anda lakukan supaya konten/ artikel blog yang telah anda buat bisa masuk halaman pertama Google. Terlebih lagi, bisa masuk Top 1 Google.
Tentu, saya yakin anda mempunyai masukan-masukan yang luar biasa. Oleh sebab itu, silahkan tuliskan masukan anda ke dalam kolom komentar biar nanti bisa saya jadikan materi update konten ini.
Sekian artikel perihal “7 Langkah biar Blog/ Website Masuk Halaman Pertama Google [Studi Kasus]“. Semoga bermanfaat. Kalau mau bertanya atau memberi masukkan, pribadi komen aja ya. 100% gratis kok. Hehehe
Sumber aciknadzirah.blogspot.com