Monday, August 20, 2018

√ Panduan Mengenai Posisi Tidur Ibu Hamil 5 Bulan

Posisi tidur ibu hamil 5 bulan akan berbeda pada ketika kehamilan di trimester pertama. Pada usia kehamilan ini, badan akan sering lebih cepat capek dan pegal-pegal di bab tertentu sehingga posisi tidur pun perlu pembiasaan semoga frekuensi terjadinya hal-hal tersebut sanggup diminimalisir. 


Go DokPosisi tidur ibu hamil 5 bulan memang berbeda dengan posisi pada ketika kehamilan di trimester pertama. Hal tersebut diakibatkan oleh kandungan yang semakin membesar dan berisiko.


Pada usia kehamilan ini, badan akan sering lebih cepat capek dan pegal-pegal di bab tertentu sehingga posisi tidur pun perlu pembiasaan semoga frekuensi terjadinya hal-hal tersebut sanggup diminimalisir.


Penyesuaian ini diperuntukan bukan hanya untuk kenyamanan diri sendiri tetapi juga keamanan untuk sang jabang bayi yang ada di dalam kandungan. Tidak semua ibu hamil mengetahui posisi tidur yang harus dilakukan.


Berikut ialah posisi tidur ibu hamil 5 bulan  yang sanggup dilakukan dan yang harus dihindari


1. Menghadap ke arah kiri atau kanan


Posisi tidur ibu hamil 5 bulan pertama dengan menghadap ke salah satu sisi (kanan atau kiri). Pasalnya, posisi miring dengan menghadap ke salah satu arah akan menciptakan ibu hamil nyaman dan janin pun dalam keadaan kondusif yang maksimal.


Menghadap ke arah kiri ternyata lebih dianjurkan untuk posisi tidur ibu hamil 5 bulan alasannya ialah vena cava inferior tidak akan tertekan. Vena cava inferior adalah terusan yang akan mengedarkan oksigen, darah, dan nutrisi yang dikonsumsi ibu kepada bayi. Sehingga, jikalau vena cava inferior bekerja tanpa ada gangguan, penyaluran oksigen, darah, dan nutrisi pun akan dilakukan secara prima.


Selain itu, posisi menghadap ke arah kiri sanggup membantu ginjal membuang zat-zat yang tidak berkhasiat yang akan menganggu badan dan perkembangan janin selama masa kehamilan dan fungsi serta kesehatan ginjal pun sanggup terjaga dengan optimal.


Walaupun posisi tidur mengarah ke kiri sangat dianjurkan, bukan berarti posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang menghadap ke kanan tidak baik. Menghadap ke arah kanan sanggup dilakukan secara  bergantian semoga badan pun tidak cepat kaku dan pegal. Tidur dengan posisi miring sanggup menciptakan ibu dan bayi istirahat dengan nyaman.


2. Bersandar dengan menggunakan bantal


Tidur bersandar dengan memakai bantal memang sanggup memperlihatkan kenyamanan bagi tubuh. Bukan hanya untuk posisi tidur ibu hamil 5 bulan saja, tetapi untuk ibu dengan usia kehamilan yang semakin tua.


Bagi ibu hamil posisi ini akan sangat berkhasiat tidak hanya pada ketika tidur tetapi juga ketika bersantai. Cukup dengan menumpuk beberapa bantal. Jumlah bantal sanggup diubahsuaikan dengan tingkat kenyamanan. Bersandar merupakan posisi alternatif bagi ibu hamil yang tidak terbiasa tidur dengan posisi miring.


3. Meninggikan posisi kedua kaki


Posisi tidur ibu hamil 5 bulan selanjutnya coba dengan meninggikan posisi kedua kakli. Jika posisi bersandar dilakukan dengan cara menumpuk bantal untuk bab atas tubuh, sebaliknya, posisi meninggikan kedua kaki sanggup dilakukan dengan cara menumpuk bantal untuk bab kaki.


Hal ini sangat membantu bukan hanya untuk kenyamanan saja tetapi juga membantu mengalirkan darah ke jantung dan menghindari pembengkakan di bab kaki. Semakin besarnya kehamilan, semakin berat pula berat bab badan atas yang harus ditopang oleh kaki.


Maka dari itu,  selama kehamilan apapun posisi tidur yang dilakukan, tidak ada salahnya untuk mengkombinasikan dengan posisi meninggikan kedua kaki ini. Lebih dari itu, posisi ini juga sanggup memperlancar anutan darah ke otak sehingga semasa kehamilan ibu tidak akan gampang mengalami pusing atau sakit kepala yang diakibatkan oleh terganggunya anutan darah ke otak.


Selain posisi ibu hamil 5 bulan, ada beberapa hal lain yang sanggup ikut membantu kelancaran tidur seorang ibu hamil pada masa kehamilannya. Yang pertama ialah waktu tidur yang dihentikan kurang dari 7 jam dan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang sanggup mengakibatkan insomnia atau insomnia. Makanan pun tidak kalah penting untuk diperhatikan alasannya ialah akan mensugesti perkembangan janin.


Kesehatan selama masa kehamilan dan kelancaran pada ketika melahirkan merupakan kombinasi dari nutrisi yang dikonsumsi dan konsistensi dalam menerapkan panduan posisi ibu hamil 5 bulan yang benar.


Semoga bermanfaat!


 


Baca juga:



Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.



Sumber https://www.go-dok.comm