Monday, July 9, 2018

√ Manfaat Ketan Hitam Bagi Badan Anda

Manfaat ketan hitam dilihat dari kandungan nutrisinya menyerupai zat besi, serat, protein dan antioksidan sangatlah baik untuk menjaga kesehatan Anda. Manfaat yang akan Anda rasakan menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan kulit, melancarkan sistem pencernaan dan mendukung pertumbuhan sel tubuh.


Go Dok Pasti anda sudah tidak absurd lagi dengan ketan hitam. Ya, biji-bijian berwarna ungu renta ini sangat terkenal dipakai sebagai materi kuliner tradisional indonesia, menyerupai bubur ketan hitam, kuliner ringan manis bugis, dan lemang tapai.


Namun tahukah Anda dibalik warnanya yang gelap tersebut tersimpan sederet nutrisi yang baik bagi tubuh? Bahkan ketan hitam dianggap lebih sehat daripada beras putih yang biasa dikonsumsi orang indonesia sehari-hari, lho.


Pada zaman cina kuno, ketan hitam dianggap sebagai kuliner mulia dan hanya disajikan bagi keluarga kerajaan lantaran kandungan nutrisinya dan kemampuannya menyembuhkan penyakit. Ada pula yang menyampaikan jikalau rakyat biasa tertangkap mengonsumsi ketan hitam tanpa izin pada zaman tersebut, nyawa bisa jadi taruhannya! Wah, menarik sekali ya.


Berikut manfaat ketan hitam dilihat dari kandungan nutrisinya!


Zat Besi


Ketan hitam diketahui sebagai biji-bijian yang mengandung tinggi akan zat besi. Zat besi sendiri mempunyai tugas yang sangat penting dalam proses pembentukan sel darah merah.


Selain itu zat besi juga berperan dalam kelancaran sirkulasi oksigen dan proses transmisi saraf tubuh. Zat sejuta manfaat ini sanggup menunjang pertumbuhan sel dan menjaga kesehatan tulang.


Antioksidan


Nah, manfaat  ketan hitam yang satu ini sangat dicintai oleh para wanita. Ketan hitam diketahui sebagai salah satu sumber antioksidan tinggi. Dalam hal ini, ketan hitam lebih disukai daripada blueberry lantaran mengandung antioksidan lebih tinggi dengan harga yang lebih terjangkau.


Antioksidan terbukti secara klinis sanggup menjaga kesehatan kulit dengan menangkal radikal bebas, racun, dan sanggup mengurangi tanda penuaan dini. Itulah sebabnya antioksidan banyak ditemukan di produk-produk kecantikan. Ketan hitam sendiri sangat kaya akan anthocyanin antioxidants, yang bermanfaat melawan kanker, diabetes, obesitas, dan sakit jantung.


Serat


Tidak menyerupai beras putih, ketan hitam dikonsumsi bersama kulit luarnya. Dengan demikian kandungan serat dalam satu sendok ketan hitam masak lebih tinggi daripada beras putih. Anda niscaya tahu kalau serat sangat penting bagi tubuh, bukan?


Manfaat ketan hitam yang mengandung serat ini  tidak hanya melancarkan sistem pencernaan, tapi  juga membantu meredakan level kolesterol, tekanan darah, dan membantu proses penurunan berat badan. Inilah mengapa kuliner kaya serat dan rendah gula menyerupai ketan hitam dan oatmeal terkenal dipakai dalam kegiatan diet.


Bagi Anda yang ingin memulai kegiatan penurunan berat badan, cobalah mengganti konsumsi nasi putih harian dengan ketan hitam, ya.


Protein


Karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi, para vegetarian sering memasukkan ketan hitam dalam sajian sehari-harinya. Protein nabati yang terkandung dalam ketan hitam bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan mendukung pertumbuhan sel tubuh.


Para body builder juga memanfaatkan protein untuk memperbaiki jaringan otot sehabis olahraga intens, lho. Selain itu protein juga bagus untuk kegiatan pembentukan tubuh.


Nah, itulah manfaat ketan hitam bagi tubuh. Hingga sekarang ketan hitam masih sangat gampang didapatkan di pasar-pasar tradisional maupun toko swalayan. Ketan hitam curah maupun kemasan sama sehatnya, meskipun terkadang ada perbedaan kandungan nutrisi antara brand satu dengan yang lainnya.


Anda sanggup mengecek tabel nutrisi yang tertera pada kemasan untuk membandingkan kandungan nutrisi pada beberapa brand sebelum tetapkan untuk membelinya.


 


Baca juga:



Konsultasi dokter sekarang bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.


ZF/PJ/MA



Referensi




Sumber https://www.go-dok.comm