Friday, June 29, 2018

√ Problem Dan Cara Menjaga Kesehatan Kuku Kaki

>Kesehatan kuku kaki kerap kali dilupakan alasannya letaknya di bawah dan sering tertutup ganjal kaki. Padahal, kebersihan kuku kaki juga perlu di perhatikkan dengan menerapkan tips dalam menjaga kesehatan kuku kaki.


Go Dok Kuku kaki ialah kepingan badan yang paling jarang diperhatikan. Mungkin alasannya letaknya di bawah dan sering tertutup ganjal kaki yang dipakai, membuatnya kerap kali dilupakan.


Padahal, kuku kaki juga perlu diperhatikan kebersihan dan estetikanya ibarat yang selama ini kita lakukan pada kuku jari tangan. Mereka juga perlu dirawat supaya terhindar dari busuk tidak sedap atau bahkan nanah jamur.


Nah, untuk itu sebaiknya Anda mengetahui duduk kasus dan cara menjaga kesehatan kuku kaki yang akan di bahas berikut ini!


Apa saja duduk kasus kuku kaki yang harus diwaspadai?


Bau kaki


Pada banyak kasus, kaki sanggup berbau alasannya bakteri yang bercampur dengan keringat yang diproduksi oleh kaki kita. Kebersihan yang baik akan membantu mengurangi bau.


Jamur kuku


Infeksi jamur sanggup terjadi pada kulit atau kuku yang berada di kawasan paling gelap dan paling lembap. Contoh paling umum ialah kaki atlet yang sering berkembang di sela-sela jari yang lembap. Ia menular dan mengeluarkan busuk tak sedap.


Infeksi jamur atau disebut juga onychomycosis terjadi saat jamur menyelinap ke dalam kuku. Infeksinya sanggup mengubah tampilan kuku secara permanen. Infeksi ini cenderung lebih sering terjadi pada kuku kaki yang jarang terkena cahaya dibandingkan pada kuku jari tangan.


Gejala yang paling sering muncul pada nanah jamur ialah kuku menjadi menebal dan berubah warna dengan percikan hitam, putih, kuning, atau hijau. Jika dibiarkan dan tidak diobati, kulit akan menjadi meradang dan terasa nyeri di dalam atau sekitar kuku kaki.


Kuku kaki menebal


Penebalan kuku kaki ialah duduk kasus umum lain yang dialami seiring bertambahnya usia. Kadang orang-orang keliru dengan tanda-tanda jamur kuku. Namun kalau Anda selalu mengenakan sepatu yang sempit seumur hidup atau terlibat dengan olahraga ibarat tenis atau lari, Anda akan sangat mungkin mengalami penebalan kuku kaki. Terutama pada kuku jempol.


Ini alasannya dari waktu ke waktu, kuku kaki menebal alasannya stress berat dan tekanan terus menerus pada mereka. Sayangnya masih belum ada cara untuk menyembuhkan ini meski penebalan kuku kaki sanggup menciptakan program gunting kuku kaki lebih sulit.


Kuku kaki tumbuh ke dalam


Masalah ini terjadi saat kepingan kuku kaki menusuk kulit sehingga mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa dan terkadang juga infeksi. Kuku kaki tumbuh ke dalam sanggup terjadi alasannya penggunaan sepatu yang sempit atau kesalahan saat memotong kuku.


Secara umum, sepatu yang sempit tidak memperlihatkan ruang yang cukup untuk pertumbuhan kuku. Sementara itu, kuku juga dilarang dipotong terlalu pendek atau terlalu jauh ke sudut.


Kapalan dan Mata Ikan


Kapalan terjadi saat sebuah area mengalami tekanan terus menerus, contohnya, telapak kaki. Sementara mata ikan ibarat dengan kapalan namun lebih terkonsentrasi di area kecil dan mengakibatkan rasa sakit yang berlebih.


Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan kuku kaki?


Agar tidak terjadi duduk kasus kesehatan kuku kaki yang telah disebutkan di atas, sebaiknya Anda selalu menjaga kesehatannya semenjak dini, hal yang sanggup Anda lakukan untuk menjaganya supaya tetap sehat dan higienis ialah sebagai berikut:


1. Jagalah kebersihannya


Tahap paling penting dalam perawatan kesehatan kuku kaki ialah menjaganya supaya selalu bersih, kering, dan nyaman. Jika Anda benar-benar ingin memanjakan kaki, alokasikan dana pada cairan rendaman kaki atau scrub untuk membersihkan dan mengelupas kulit.


Carilah produk dengan pelembap yang baik ibarat minyak tea tree atau lidah buaya untuk bantu menjaga kaki terasa segar dan bersih. Pastikan untuk membersihkan sela-sela jari kaki dan mengeringkan kaki Anda. Lanjutkan dengan pelembap untuk menjaga kuku, jari, dan kaki sehat.


2. Gunakan sepatu atau kaus kaki yang ramah pada jari kaki


Sepatu yang tidak pas akan menciptakan tidak nyaman dalam berjalan dan berolahraga. Ia juga sanggup memengaruhi kesehatan kuku kaki. Tekanan dari sepatu atau kaus kaki yang tidak pas sanggup mengakibatkan kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam dan berujung pada nanah yang menyakitkan.


Khususnya kalau Anda ialah penderita diabetes. Pastikan Anda mengenakan sepatu yang pas dan memberi jari kaki ruang untuk menapak dengan nyaman.


3. Seringlah mengganti sepatu


Mengenakan sepatu yang masih berair sehabis kemarin digunakan berolahraga hanya akan meningkatkan risiko nanah kuku kaki. Jadi, miliki beberapa pasang sepatu ialah pandangan gres yang baik.


Jangan mengenakan sepatu yang sama dua hari berturut-turut. Biarkan udara di dalam sepatu tersirkulasi sehabis pemakaian. Pastikan juga sepatu disimpan di kawasan terbuka supaya sanggup kering seluruhnya.


4. Potong kuku dengan hati-hati


Tips lain untuk perawatan kuku kaki ialah menjaga kuku selalu rapi dan pendek. Ini ialah cara gampang untuk menghindari kuku kaki yang tumbuh ke dalam dan juga mengurangi risiko nanah jamur.


Rutinlah memotong kuku kaki Anda. Jika kuku kaki Anda keras, rapuh, atau sulit dipotong, cobalah potong sehabis mandi saat kuku lebih lembut.


5. Hindari bertelanjang kaki di area publik


Ruang loker, kolam renang umum, pemandian umum, dan area sejenisnya dipenuhi jamur yang menunggu untuk menjangkiti kaki Anda. Pastikan untuk selalu gunakan sandal atau sepatu mandi di lingkungan yang lembap.


Dengan perawatan yang sempurna dan rutin, dijamin banyak sekali masalah kesehatan kuku kaki  di atas sanggup dihindari. Jadi, jangan mengabaikan perawatan dan kesehatan kuku kaki, ya. Ayo mulai dirawat dan dijaga kebersihanya!


 


 Baca juga:



Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, eksklusif dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.



Sumber https://www.go-dok.comm