Wednesday, June 27, 2018

√ [Jawaban] Bagaimana Menjaga Janji Persatuan

Sebenarnya, bagaimana menjaga janji persatuan? Seluruh warga negara wajib tahu bahwa menjaga janji persatuan merupakan salah satu keharusan bagi setiap warga negara. Bangsa Indonesia yang terdiri dari bermacam-macam suku, agama, dan budaya sangat penting untuk menjaga persatuan supaya tidak terjadi konflik yang sanggup mengganggu kehidupan berbangsa dan bernegara. Malah, seharusnya kemajemukan tersebut menjadi kekayaan tersendiri bagi bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh bangsa lainnya.

 Seluruh warga negara wajib tahu bahwa menjaga janji persatuan merupakan salah satu keh √ [Jawaban] Bagaimana Menjaga Komitmen Persatuan

Oleh lantaran itu, seluruh komponen bangsa harus sanggup berkomitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan demi keutuhan bangsa. Persatuan akan membuat kehidupan yang rukun dan tentram, jauh dari perpecahan. Pembangunan pun akan semakin lancar dikala persatuan dan kesatuan sanggup terwujud. Sebab, pemerintah akan fokus menuntaskan pembangunan tanpa terganggu dengan konflik horisontal di masyarakat.

Kita sebagai warga negara sebaiknya memahami dengan baik bagaimana cara menjaga janji persatuan tersebut supaya sanggup diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita sebisa mungkin menjauhkan diri dari segala tindakan yang sanggup memecah belah persatuan bangsa. Hal ini sanggup kita mulai dari lingkungan terdekat dulu, mulai dari keluarga, tetangga, dan masyarakat luas.

Persatuan sanggup terwujud bila masyarakat mempunyai kesadaran akan perbedaan-perbedaan di dalam kehidupan bermasyarakat. Perbedaan tersebut tidak sanggup dinafikan lantaran ibarat itulah keadaan bangsa Indonesia yang terdiri dari banyak suku, agama, dan budaya. Jauh-jauh hari para pendiri bangsa telah menyadari hal tersebut, itulah sebabnya mengapa sehingga mereka memasukkan Persatuan Indonesia sebagai salah satu sila dalam pancasila.

Nah, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan bagaimana menjaga janji persatuan. Semoga sesudah membaca uraian ini, kita sanggup menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Bagaimana Menjaga Komitmen Persatuan

Menjaga komitmen persatuan dan kesatuan bangsa sanggup dilakukan dengan cara:

1. Menghargai perbedaan

Komitmen persatuan sanggup dijaga dengan cara menghargai perbedaan. Setiap warga negara Indonesia harus menyadari bahwa kita hidup dalam kemajemukan suku, bahasa, agama, dan budaya. Maka dari itu, keragaman sudah niscaya ada. Tugas kita yaitu menyadari hal tersebut dan tidak menjadikan sebagai masalah.

2. Saling menghormati sesama warga negara

Menjaga janji persatuan juga sanggup dilakukan dengan cara saling hormat-menghormati sesama warga negara. Kita dihentikan merendahkan orang lain lantaran kita semua yaitu warga negara Indonesia. Apabila perilaku ini sanggup kita tumbuhkan dalam kehidupan sehari-hari, maka kerukunan akan tercipta, sehingga persatuan sanggup terjaga.

3. Menjaga sopan santun

Sopan santun yaitu salah satu ciri masyarakat Indonesia semenjak dahulu kala. Sikap ini sanggup tumbuh suburkan untuk menjaga janji persatuan bangsa. Kita harus sopan terhadap orang lain, tanpa memandang suku, agama, dan budayanya.

4. Mencintai produk dalam negeri

Komitmen persatuan juga sanggup kita jaga dengan cara menyayangi produk dalam negeri sebagai hasil dari masyarakat kita sendiri. Dengan memakai produk dalam negeri, itu sama artinya dengan kita memajukan ekonomi nasional sehingga kemiskinan sanggup ditekan sekecil mungkin. Sebab, kemiskinan sanggup menjadi salah satu sumber konflik.

5. Menjauhi isu hoax

Untuk menjaga janji persatuan sanggup kita lakukan dengan cara menjauhi isu hoax yang sanggup mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa. Akhir-akhir ini, di media umum sangat banyak isu palsu yang disebarkan orang tak bertanggung jawab menjadikan keresahan di masyarakat. Tugas kita yaitu menjauhi isu palsu tersebut dan jangan ikut menyebarkannya.

6. Menyebarkan paham persatuan

Menjaga janji persatuan sanggup dilakukan dengan cara berbagi paham persatuan ke seluruh warga negara Indonesia. Mari kita mengajak masyarakat lainnya untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa demi ketentraman bersama.

Demikianlah klarifikasi ihwal Bagaimana Menjaga Komitmen Persatuan. Bagikan bahan ini supaya orang lain juga sanggup membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Sumber http://www.ilmusiana.com